Follow Us @literasi_smkn23jkt

Rabu, 11 Maret 2020

Solidaritas dan Percintaan di Masa Remaja




Disusun oleh: Julia Putri Amanda


Judul buku    : Galaksi
Pengarang    : Poppi Pertiwi
Penerbit         : Coconut Books
Tahun terbit  : 2018
Tempat terbit : Depok, Jawa barat
Tebal              : 492 halaman

Novel “Galaksi” merupakan buku pertama yang ditulis Poppi Pertiwi yang diterbitkan pada agustus 2018. Kisah di buku ini menceritakan tentang masa putih abu-abu, persahabatan, keluarga, dan cinta. Novel ini menceritakan solidaritas yang kuat dari sebuah geng yang bernama Ravispa. Ravispa juga memiliki slogan yaitu " Solidaritas Tanpa Batas''

Galaksi Aldebaran Ketua geng Ravispa, geng yang paling gagah dan pemberani tempat berkumpulnya murid-murid nakal dan tukang berontak di SMA Ganesha. Geng Ravispa sering berselisih paham dengan Avegar, geng yang berasal dari SMA Kencana.
Kejora Ayodhya salah satu anggota paskibra memiliki sifat pemberani dan ramah terhadap orang lain, dan tidak menyangka akan menjadi kekasih ketua geng Ravispa yaitu Galaksi.
Suatu ketika Galaksi bertemu dengan salah satu anggota paskibra yang bernama Kejora Ayodhya, hadirnya Kejora di hidup galaksi berubah menjadi penuh warna. Awal pertemuan yang tidak mengenakan tetapi bisa membuat mereka saling penasaran dan menjadi dekat, kedekatan mereka berdua membuat teman-teman tidak menyangka hal itu.
Sampai akhirnya hubungan mereka tidak terjalin lagi karena Galaksi merasa telah dikhianati Kejora, Kejora selalu meminta maaf ke Galaksi namun Galaksi enggan menanggapinya, merasa lelah dengan sikap Galaksi dan berusaha menjauh dari Galaksi. Teman-teman Galaksi menyarankan untuk memaafkan dan menerima kembali Kejora.
Galaksi juga merasa jenuh mendapat kabar bahwa kesehatan ayahnya menurun, Walaupun ia sangat kecewa terhadap kedua orang tuanya dikarenakan ayahnya suka selingkuh yang disebabkan rasa kecewa pada ibunya, ibunya selalu membela dan memperhatikan Nova kakaknya Galaksi. hingga akhirnya Ayahnya pun meninggal dunia dikarenakan serangan jantung dan ibunya juga meninggal dunia bunuh diri karena merasa kecewa terhadap dirinya sendiri. Galaksi merasa sangat hancur dan terpukul karena hal itu, Untungnya ada Ravispa  yang sudah dianggap keluarga bagi Galaksi, Ravispa yang menguatkan dan merasa nyaman bagi Galaksi.
Galaksi merasa senang berada di Ravispa, Ravispa merupakan geng yang memiliki nilai solidaritas sangat kuat dan tidak lupa juga dengan Kejora yang membuat hidupnya menjadi berwarna. Bagi Galaksi ini merupakan masa putih abu-abu yang tak akan pernah terlupa.

Keunggulan novel ini terdapat cover yang menarik dan cerita yang bagus dan menarik pembaca penasaran dengan apa yang terjadi, alur cerita pun banyak disukai oleh remaja pada masa sekarang, cerita ini pun akan di angkat ke film layar lebar.

Kekurangan novel ini terdapat unsur perkelahian atau tawuran antar geng sekolah yang merupakan perilaku tidak baik dicontoh, dan ada beberapa penulisan kata yang salah.

Novel ini cocok dibaca untuk kalangan remaja, karena terdapat beberapa kisah yang berkesan masa-masa SMA  yang tidak akan terulang. Di dalam novel ini juga mengajarkan menjadi pribadi yang lebih baik dalam mengontrol emosi. Dan mengajarkan arti sebuah keberadaan, persahabatan, keluarga, dan cinta.

1 komentar:

  1. Dating for everyone is here: ❤❤❤ Link 1 ❤❤❤


    Direct sexchat: ❤❤❤ Link 2 ❤❤❤

    Vu.

    BalasHapus