Follow Us @literasi_smkn23jkt

Sabtu, 21 Maret 2020

JANGAN HIDUP BAGAI SEEKOR UBUR-UBUR LEMBUR


Disusun oleh Andy Septiawan

Judul Buku               : Ubur-Ubur Lembur
Pengarang               : Raditya Dika
Penerbit                   : Gagas Media
Tahun Terbit             : 2018
Tempat Terbit           : Jakarta
Dimensi Buku          : 13x20mm
Harga Buku             : Rp66.000,-
Halaman Buku         : 232 halaman

Ubur-ubur lembur adalah buku komedi Raditya Dika. Bercerita tentang pengalamannya belajar hidup dari apa yang dia cintai. Sambil juga menemukan hal remeh untuk ditertawakan di sepanjang perjalanan. Seluruh bab di dalamnya diangkat dari kisah nyata. Setiap tema atau cerita yang disampaikan bermacam-macam seperti cerita ketika Radit sedang sedih, patah hati, menggembirakan, menjengkelkan, menanggapi teman yang sedang putus cinta, sampai ketika Raditya Dika menjadi seekor Ubur-Ubur Lembur. Buku yang satu ini memang memiliki genre “komedi”. Tapi sang penulis, Raditya Dika, tidak lupa untuk memberikan atau menyelipkan amanat atau pesan hikmah dari cerita-cerita atau tema yang terdapat di buku “Ubur-Ubur Lembur”.

Radit selalu dihadapi dengan masalah-masalah yang terjadi pada hidupnya, khususnya permasalahan cinta. Pada bab pertama Dua Orang Yang Berubah pada buku ini, Radit memiliki teman yang sedang mengalami keretakan dalam hubungan cinta, Adri, dengan pacarnya, Sally. Radit berusaha sebagaimana dia menjadi pakar cinta dari hubungan temannya, sedangkan Radit pun tidak pernah merasakan yang namanya cinta saat itu. Tapi temannya, Adri, memohon agar Radit membantunya. Dengan apa adanya, Radit membantu Adri untuk mengatasi masalah tersebut. Ternyata, adanya perubahan dalam diri mereka masing-masing, sikap dan sifat pada diri mereka berbeda dengan yang biasanya. Itulah yang menjadi faktor keretakan mereka yang pada akhirnya mereka kembali bersama seperti dulu kala.

Saat membaca buku ini, seakan kita sedang menyaksikan karya-karya Raditya Dika yang lainnya. Seperti Filmnya, Stand Up Comedy nya, dan segala macam video yang ada di Channel Youtube nya. Bagi yang ingin membaca buku ini, jaminan tertawa terbahak-bahak pasti ada. Apalagi yang seumuran dengan Raditya Dika, karena yang diceritakan bukan hanya kisah saat Raditya Dika sudah menikah dan mempunyai anak. Tapi juga saat ia masih sekolah. Seperti pada bab kelima Raja Di Sekolah yang dimana Raditya menyukai seseorang perempuan yang ternyata disukai pula oleh sahabat sebangkunya saat SD, Dion. Mereka sangat dekat yang pada akhirnya mereka bertengkar perihal seseorang wanita yang sama-sama mereka sukai. Yang Raditya Dika tidak tahu bahwa Raja, murid yang ditakuti satu sekolahan karena suka membully dengan teknik taekwondo nya. Juga menyukai wanita yang Radit dan Dion suka. Radit pun tidak bisa berbuat apa-apa demi menyelamatkan dirinya dari serangan maut si Raja.

“Ubur – Ubur Lembur” mungkin menjadi teka-teki bagi para pembaca buku Raditya Dika. Banyak yang tidak paham akan arti dari judul buku ini yang belum pernah membacanya atau sekadar mengetahui dari media social. Nah, dibuku ini lah kita dapat mengetahui maksud dari judul buku ini. Ubur – Ubur Lembur itu seperti melihat orang yang bekerja kantoran tapi tidak sesuai dengan minat mereka. “Gue nggak mau jadi ubur-ubur lembur; gue mau punya tulang belakang. Gue mau bisa berjalan di antara dua kaki. Gue percaya kalau kita hidup dari apa yang kita cintai, maka kita akan mencintai hidup kita” halaman 226.

Buku ini saya bilang sangat menarik dan seru untuk dibaca. Dari tampilan cover, kita sudah ditampakkan gambar seekor ubur-ubur yang sedang memegang gelas. Dan font judul buku ini juga sedap untuk dilihat. Bahasanya sangat mudah untuk dipahami, khususnya bagi remaja masa kini. Harga relative murah.

Beberapa kelemahan juga terdapat pada buku ini. Kertas yang digunakan mudah sobek atau lecek. Bahasanya terlalu gaul dan terdapat beberapa kata kasar yang kemungkinan besar tidak diperuntukkan dibaca oleh anak-anak dibawah umur 17 tahun. Masih terdapat beberapa kata yang typo, sehingga akan lebih sempurna jika lebih teliti lagi akan kata-kata yang terdapat pada buku ini.  

1 komentar:

  1. mari gabung bersama kami di Aj0QQ*c0M
    BONUS CASHBACK 0.3% setiap senin
    BONUS REFERAL 20% seumur hidup.

    BalasHapus