Follow Us @literasi_smkn23jkt

Selasa, 17 Maret 2020

Hidup Tak Seindah Ekspektasi

Disusun oleh: Alfat Rizky Santosa



Hidup Tak Seindah Ekspektasi
Judul Buku : Tentang Kamu
Pengarang : Tere Liye
Penerbit : Republika
Tahun Terbit : 2016 (cetakan pertama)
Tempat Terbit : Jakarta
Tebal : 524 halaman

Novel ini bertema perjuangan hidup dari masa kelam ke masa yang  indah, sehingga membawa pembacanya ke situasi yang sebenernya. Dalam novel ini ditemukan berbagai macam misteri seputar perjalanan hidupnya.  Pada novel ini diceritakan seorang pengacara yang sangat pintar, jenius dan  sosok pekerja keras yang bernama Zaman Zulkarnaen Dalam novel ini pun diceritakan tentang seseorang yang menyangkut atas kasus yang dihadapi oleh Zaman yang bernama Sri Ningsih seorang pekerja keras, cerdas, penyabar yang berasal dari Sumbawa, yang tidak mempunyai Ibu dan Ayah dan mempunyai masa kelam tanpa menunjukkan kesedihannya.

Dikisahkan Zaman merupakan seorang pemuda yang sangat jenius lulusan Universitas Oxford dan menjadi seorang pengacara di salah satu Firma Hukum terkenal di London yang bernama Thompson & Co, lalu ia dipercayakan Sir Thompson pimpinan firma, untuk menyelesaikan sebuah  kasus pembagian harta warisan 19 triliun dari saham yang dimiliki Sri Ningsih yang telah meninggal di Paris. Dalam menyelesaikan kasus ini tidaklah semudah membalikkan  telapak tangan, Zaman diharuskan menelusuri kehidupan Sri Ningsih dari kecil hingga sampai ia meninggal di Paris, dengan memulai pergi ke pulau Bungin tempat Sri Ningsih dilahirkan dan bertemu dengan teman Sri yang  bernama Ode, ia bercerita tentang Ayah nya meninggal karena tenggelam, Ibu nya meninggal karena melahirkan Sri dan Ibu tiri nya yang meninggal karena kebakaran.

Sri Ningsih menjadi yatim piatu, kemudian mulai bekerja menjadi seorang guru, pedagang kaki lima, rental mobil, pekerja pabrik, sampai ia mempunyai pabrik sendiri, namun pada akhirnya ia menjual pabrik tersebut dengan 1% saham Internasional, dan pergi ke London. Kemudian Zaman melanjutkan penelusuran dengan pergi ke sebuah panti asuhan di Paris tempat Sri Ningsih meninggal lalu bertemu dengan salah satu perawat bernama Aime, ia bercerita tentang Sri selama di London, dimana Sri pernah menjadi seorang supir bus, hingga pada akhirnya ia bertemu seorang laki-laki asal Turki kemudian mereka menikah dan berkeluarga ketika Sri mengandung anak pertama namun meninggal, anak kedua pun meninggal hingga suami Sri Ningsih meninggal dan Sri kembali sendirian, dan memilih untuk hidup di Panti Jompo, sebelum meninggal Sri menulis surat wasiat.

Novel ini memiliki keunggulan dimana gaya bahasa mudah dipahami, membawakan suasana yang sebenernya terjadi, alur cerita yang menarik mengingatkan kita akan masa dahulu, mengajarkan kita untuk kerja keras dan sabar dalam menghadapi suatu masalah. Hanya saja dalam novel ini 
judulnya tidak sesuai dengan isinya.

Terlepas dari kelemahan nya, novel ini memiliki manfaat dan pembelajaran kehidupan bahwa kita harus kuat dalam menghadapi semua masalah, dan kerja keras dalam menggapai sesuatu yang kita inginkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar