Follow Us @literasi_smkn23jkt

Sabtu, 21 Maret 2020

Kesetiaan dan Pengorbanan pada Kisah Geez & Ann

Disusun oleh Aristya Dwi Anggraeni

Judul Novel               : Geez & Ann #1
Pengarang                : Rintik Sedu
Penerbit                    : Gagas Media
Tahun Terbit              : 2017 (cetakan pertama)
Tempat terbit             : Jakata Selatan
Tebal                         : viii + 256 Halaman

Novel Geez & Ann 1 Merupakan Novel bergenre romance yang diangkat dari salah satu situs buku daring terkenal masa kini, yaitu wattpad. Novel ini adalah karya pertama dari Nadhifa Allya tsana yang menamai dirinya Rintik Sedu.

            Di dalam novel ini dikisahkan seorang anak perempuan yang duduk di bangku SMP, dia adalah Keana Amanda. Perempuan itu belum pernah mengenal apa itu cinta. Hingga pada saat acara pensi sekolah yang diadakan setahun sekali dan hanya dihadiri murid dan alumni sekolahnya, keana dipertemukan dengan salah satu alumni sekolahnya, ia bernama Gazza Chayadi. Pertemuan mereka berawal pada saat mereka tidak sengaja bertemu dan berdiri bersama di barisan belakang ketika menonton pensi, kemudian meminum es teh bersama di kedai mas gus. Gazza yang ingin dipanggil Geez, dan Keana yang ingin dipanggil Ann oleh Geez tentunya. Geez adalah orang yang pintar dan juga tampan, tetapi Geez bukanlah lelaki yang mudah bergaul dan cenderung lebih cuek dengan keadaan sekitar. Kemudian pertemuan itu berlanjut di metromini dan kedai es krim hingga pada akhirnya pertemuan itu berujung pada sebuah rasa.

       Geez merupakan lelaki yang misterius dan penuh kejutan, sampai Ann harus menunggu tahun depan saat acara pensi sekolah terakhir hanya untuk sang dewa kejutan. Geez mengejutkan Ann karena kedatangannya kembali dihadapannya secara tiba-tiba. Di pertemuan tersebut Geez memberitahukan kepada Ann bahwa ia akan menjutkan Kuliah di Berlin, dan menjanjikan kepada Ann bahwa Geez akan kembali untuk Ann, secepatnya. Ann sangat hancur paada awalnya setelah mendengar hal itu, lalu mencoba untuk ikhlas setelah Geez menjanjikan bahwa ia akan terus memberi tahu kabarnya disana lewat e-mail untuk Ann setiap harinya. Janji itu telah Geez tepati, bahwa Ann tidak pernah terlewat sehari pun tanpa e-mail  dari Geez. Ann juga memberitahu kepada Geez bahwa ia akan melanjutkan kuliahnya di Yogyakarta, karena ia ingin mencari suasana baru di kota istimewa tersebut, dan akan tinggal bersama Eyang. Bertahun-tahun Ann menunggu Geez kembali dari berlin kian membuatnya rindu pada Geez, meskipun di beberapa tahun pertama Geez masih menyempatkan diri untuk pulang dan bertemu dengan Ann.  Namun, semakin lama  Ann merasa lelah dan ingin melupakan Geez, Ann merasa ingin merelakannya, karena ia merasa seperti orang bodoh karena menunggu Geez yang tak kunjung kembali kepelukannya justru ia membuang Ann dengan tau dari Pak Amir bahwa ia sudah pindah dan menetap di Berlin tanpa sepengetahuannya.

           Disaat seperti itu Ann dipertemukan oleh seorang barista bertato dengan kisah hidup yang bisa dibilang tak terlalu baik, ia bernama Bayu. Akhirnya Ann memutuskan untuk menjalin hubungan dengan Bayu. Hingga 5 tahun berlalu Ann sudah lulus kuliah kedokteran, bahkan ia sudah mulai bekerja di sebuah rumah sakit, selama itu pun ia masih berpacaran dengan Bayu, meskipun sebenarnya Ibu Ann tidak setuju anaknya memiliki pacar bertato seperti Bayu. Sebenarnya Ann juga menyadari bahwa walaupun ia telah berhubungan dengan Bayu, tetapi ia blum bisa melupakan Geez. Menurut Ann, Geez seperti berkas penting yang sebenarnya disimpan baik-baik dihati dan tidak benar benar dibuang. Ann sadar bahwa sejauh apapun ia melupakan Geez bila pada akhirnya, Geez akan tetap ada dipikirannya. Hingga pada suatu waktu Ann memberanikan diri untuk memriksa ke dokter spesialis penyakit dalam karena timbulnya gejla gejala aneh dalam tubhnya, dan ternyata ia mengidap penyakit gagal ginjal. Sebelumnya Ann menolak untuk melakukan pengobatan lebih lanjut, tetapi ia berjanji kepada dokter akan melakukan pengobatan  jika dokternya tidak memberitahu tentang penyakitnya kepada siapapun. Kemudian Ann menulis sesuatu, seperti ungkapan dari perasaannya kepada Geez yang tidak bisa dikatakan. Dalam kertas tersebut Ann juga menulis bahwa ia akan terus menyimpan perasaannya kepada seorang laki-laki yang menyamar sebagai ksatria hijau, juga dewa kejutan untuknya, yaitu Gazza Chayadi dan tidak akan bisa menyayangi orang lain seperti itu. Entah sampai kapan.

           Cerita ini dikemas rapi oleh penulis, membuat pembaca nyaman dalam membacanya dan terus penasaran akan bab selanjutnya. Di tengah novel juga terdapat hiburan seperti ilustrasi pecakapan lewat media sosial seperti e-mail. Kata-kata indah yang dipilih penulis membuat pembaca tidak mudah bosan untuk membacanya.

1 komentar:

  1. Dating for everyone is here: ❤❤❤ Link 1 ❤❤❤


    Direct sexchat: ❤❤❤ Link 2 ❤❤❤

    Fy.

    BalasHapus