Follow Us @literasi_smkn23jkt

Sabtu, 21 Maret 2020

PERBEDAAN UNTUK BERJUANG

Disusun oleh Rafli Ramadhan
Judul buku                : Bulan Terbelah di Langit Amerika
Nama pengarang      : Hanum Salsabiela Rais dan Rangga Almahendra
Penerbit                    : PT. Gramedia Pustaka Utama
Tahun terbit               : September, 2014
Tebal halaman          : 344
Harga buku               : Rp. 75.000,-

Buku ini menceritakan perjalanan Hanum dan Rangga di Amerika untuk menyelesaikan tugas masing-masing. Hanum yang medapat tugas meliput sebuah peristiwa dan Rangga yang mendapat tugas untuk mempresentasikan papernya agar studinya cepat selesai.

            Perjalanan Hanum dan Rangga berlanjut dari Wina ke Amerika, dengan tujuan sebenarnya adalah untuk tugas. Hanum ditugaskan oleh Gertrud Robinson, bosnya di harian Heute ist Wunderbar untuk menulis artikel dengan tema “Would the world be better without Islam?” (Akankah dunia lebih baik tanpa Islam?). Sebuah topik yang sebenarnya sangat mengusik keyakinannya. Pada awalnya ia menolak tawaran Gertrud. Namun ia tidak bisa membiarkan artikel untuk topik tersebut digarap oleh Jacob, teman sesama wartawannya. Karena Jacob jelas akan menjawab ‘Ya’ dan mencari segala informasi dan data untuk ‘mengiyakan’ jawaban artikelnya. Akhirnya ia menerima tawaran Gertrud untuk menulis artikel tersebut. Karena dengan begitu, artikel tersebut memiliki kesempatan untuk menjawab ‘tidak’. Artikel tersebut juga terkait dengan peringatan delapan tahun peristiwa 11 September. Sebuah tragedi kemanusiaan.

Secara kebetulan di waktu yang sama Rangga diberi kesempatan oleh Profesor Reinhard untuk menghadiri Konferensi di Wasington DC, sekaligus memburu Phillipus Brown demi memintanya mengisi kelas Etika Bisnis di Kampusnya. Dengan segala kebetulan tersebut, Rangga pun dengan cermat merencanakan perjalanan enam harinya bersama Hanum, agar mereka bisa menyelipkan agenda jalan-jalan mereka. Namun Tuhan berkehendak lain. Semua agenda yang telah ia rencanakan gagal. Bahkan mereka harus berpisah untuk melaksanakan tugas mereka masing-masing. Tidak seperti yang direncakan. Namun pecahan-pecahan peristiwa 11 September 2001 yang belum tuntas, justru terangkai jelas ketika mereka bertemu. Bisa jadi perpisahan mereka adalah untuk mengumpulkan puzle-puzle tragedi 11 September yang belum terangkai jelas, sehingga akan jelas ketika mereka bertemu nanti.

Hanum dan Rangga secara jelas, menggambarkan bagaimana Muslim di belahan dunia lain berusaha mempertahankan eksistensinya. Dengan permasalahan berbeda, bahkan lebih kompleks, mereka mampu bertahan di tengah mayoritas yang menghujat mereka. Jauh dari Muslim Indonesia yang notabene menduduki mayoritas. Sehingga secara tidak langsung Hanum dan Rangga berusaha mengajak para muslim Indonesia untuk menjadi agen muslim yang rahmatan lil alamin, dengan pemahaman-pemahaman yang berusaha mereka bagikan melalui buku ini.

Sampul Novel ini menarik dengan gambar bulan terbelah dan warnanya yang bagus juga simbo-simbol negara Amerika yang tepat dengan isi yang ada dalam cerita. Novel ini juga memuat banya sejarah Islam yang dikemas dengan cara yang menarok sehingga pembaca tidak merasa bosan saat membaca. Di dalam novel ini juga terdapat peta tempat-tempat yang di bahas dalam cerita. Sehingga membuat pembaca tahu dimana letak tempat itu tanpa harus mencari. Sayangnya ukuran huruf dalam Novel ini menurut saya terlalu kecil sehingga sebelum membaca orang akan merasa bosan. Buku ini sangat dianjurkan bagi mereka yang sedang mencari motivasi spiritual. Meski setiap orang memiliki keyakinan yang berbeda, namun tujuan spiritual mereka sama.



1 komentar:

  1. Dating for everyone is here: ❤❤❤ Link 1 ❤❤❤


    Direct sexchat: ❤❤❤ Link 2 ❤❤❤

    qB..

    BalasHapus