Follow Us @literasi_smkn23jkt

Sabtu, 28 Mei 2016

TEKS ULASAN “KENANGAN CINTA DI MASA SMA”



MARMUT MERAH JAMBU
DISUSUN OLEH SRI WULAN




JUDUL                       : MARMUT MERAH JAMBU
JENIS FILM               : KOMEDI, ROMANTIS
TAHUN                      : 2014
PRODUSER               : CHAND PARWEZ SERVIA
SUTRADARA           : RADITYA DIKA
PEMAIN                    :
ü  RADITYA DIKA
ü  CHRISTOFER NELWAN
ü  JULIAN LIBERTY
ü  SONYA PANDAWARMA   
ü  FRANDA, DINI ANJANI
ü  MOHAMMED KAMGA
ü  DEWI IRAWAN
ü  BUCEK
ü  AXEL MATTHEW THOMAS
ü  TIO PAKUSADEWO
DURASI                     : 95 MENIT

STRUKTUR

ORIENTASI 1
Film Marmut Merah Jambu Adalah film keempat karya Raditya Dika yang di ambil dari bukunya sendiri yang berjudul Marmut Merah Jambu. Namun dalam film yang mengembalikan kenangan cinta di masa SMA ini hanya di ambil 3 bab dari buku tersebut. Yaitu bagian orang yang jatuh cinta diam-diam, pertemuan pertama dengan Ina mangkusumo, dan misteri surat kaleng ketua OSIS. Film yang berdurasi 95 menit ini berganre komedi dan romantik juga berkisah tentang dika yang menceritakan kisah cinta pertamanya ketika masih SMA, dengan perempuan bernama Ina Mangunkusumo. Selain itu disakan juga saat Dika dan teman-temannya yaitu Bertus dan Cindy, yang membentuk grup detektif utnuk memecahkan masalah teman-temannya.

TAFSIRAN 1
Film ini di mulai dengan kedatangan dika ke ruma Ina seorang gadis yang merupakan cinta pertamanya sewaktu SMA. Di saat itu juga Dika membawa 1000 origami burung bangau di tangan kanannya dan undangan pernikahan Ina di tangan kirinya. Awal kedatangan Dika tidak di terima dengan baik oleh Ayah Ina yang mencurigai kedatangan dika hanya untuk kasus cinta lama yang belum selesai dan berfikir bahwa Dika ingin menggagal kan Pernikahan Ina. Namun Ayah ina memberi Dika kesempatan untuk menceritakan maksud kedatangannya.

TAFSIRAN 2
Dika pun mulai bercerita tentang masa SMA mereka. Pada Saat itu Dika adalah sosok yang pemalu namun dika juga ingin mempunyai seorang pacar dan ingin terkenal di sekolah, lalu dia mencoba berbagai cara dan melakukan berbagai macam hal konyol bersama bertus namun selalu gagal dan membuat Dika merasa putus asa. Hingga akhirnya dika Bertemu dengan Ina di UKS sekolah yang membuatnya jatuh cinta pada pandangan pertama kepada Ina. Dari situ ia kembali optimis untuk menjadi terkenal dan mendapatkan Ina meskipun dia tidak berani untuk mengungkapkan perasaanya. Karena Ina adalah siswi yang populer di sekolahnya dan juga bekerja sebagai penyiar radio.

TAFSIRAN 3
Untuk menarik perhatian Ina, Dika mencoba untuk terkenal dengan cara bergabung di Eskul (Ekstrakulikuler) yang ada di sekolahnya dari mulai, karate, silat, PMR, dan bahasa asing. Namum tidak ada satu pun yang menurut Dika cocok untuk dirinya akhirnya Dika dan Bertus memutuskan untuk membuat Eskul sendiri meskipun tidak resmi tapi dia terus mencobanya. Dika dan Bertus membut Grup detektif  awalnya beranggotakan hanya Dika dan Bertus. Kemudian mereka berdua bertemu dengan Cindy akhirnya mereka memasukan Cindy Karena Cindy di anggap pintar dan mampu memecahkan masalah. Mereka bertiga akhirnya membuat grup dektektif yang di juluki 3 sekawan.

TAFSIRAN 4
Grup 3 sekawan banyak menyelesaikan kasus-kasus di sekolahnya, dari misteri hilangnya bola basket hingga misteri surat ancaman ketua OSIS. Satu-satunya misteri yang tak terpecahkan adalah tulisan di sudut  tembok sekolah bergambar marmut berwarna merah jambu. Kemudia gara-gara kasus ini juga hubungan persahabatan Dika, Bertus dan Cindy menjadi renggang. Kini semakin dekat peluang Dika untuk jadian Dengan Ina. Namun, sebelum Dika bisa jadian dengan Ina dika harus memilih antara persahabatannya dengan Bertus dan Cindy. Akhirnya Dika lebih memilih persahabatannya dengan Bertus Dan Cindy, Dika pun dibujuk oleh mereka berdua untuk menyatakan perasaanya kepada Ina Tepat Di acara ulang tahun Ina. Dika yang awalnya menolak akhirnya menyutujuinya dan mengutarakan perasaanya di depan semua teman-teman indan dan orang tuanya. Walaupun tidak jadian dengan Ina setidaknya Dika pernah mengungkapkannya.

TAFSIRAN 5
Dika kembali tersadar bahwa ia sedang bercerita dengan Ayah Ina hingga Selesai. Lalu, Dika juga kembali mengingat tentang kasus di masalalunya yang belum selesai. Yaitu tulisan di sudut tembok sekolah yang bergambar marmut berwarna merah jambu. Seiring itu pula Dika Bertanya-tanya dalam benaknya “Benarkah Cinta Pertama tidak akan kemana-mana”. Sepulang dari rumah Ina Dika kembali menghubungi Bertus. Dika meminta untuk bertemu dengan bertus di sekolah untuk melihat kembali tulisan di sudut tembok sekolah, kemudian Dika berfikir bahwa harus memcahakan kasus tersebut dan  Dika Harus bertemu dengan Cindy. Keesokan harisnya Dika bertemu dengan Cindy Di acara pernikahan Ina, Akhirnya Dika berhasil memecahakan kasus tersebut. Ternyata yang membuat tulisan di sudut tembok sekolah adalah Cindy. Itu adalah ungkapan perasaan Cindy kepada Dika namun saat itu dika tidak mampu memecahkan masalah tersebut. Dan akhirnya Cindy lebih memilih memendamnya hingga dika tau dengan sendirinya.

EVALUASI
Film ini sangat unik karena Sutradaranya yaitu Raditya Dika juga ikut bermain dalam film Marmut merah Jambu ini. Film ini berganre komedi dan romantika tetapi yang lebih menonjol adalah komedinya. Kurangnya film ini adalah  akhir dari cerita Cindy dan Dika yang belum Jelas tapi film ini sudah banyak menarik minat danperhatian masyarakat untuk menonton film ini karena perpaduan antara komedi dan romantika yang di kemas dengan apik. Itulah khas film-film yang dibuat Raditya Dika.


RANGKUMAN
Dari Film Marmut Merah Jambu yang kita Ulas. Kita bisa mengatakan bahwa film tersebut tidak cocok untuk di tonton anak-anak berusia di bawah 13 tahun karena film ini berisi tentang kisah SMA yang mencari pacar dan ingin menjadi populer mungkin belum bisa di pahami anak-anak. Film ini sangat cocok untuk para remaja dimana ada kisah persahabatan, dari film ini kita juga bisa belajar bahwa jika kita menyukai seseorang kita tak perlu menjadi popoler atau apapun itu yang perlu kita lakukan hanyalah menjadi diri sendiri dan menyatakan perasaan tersebut. Dan dari film tersebut [ula kita dapat ilmu untuk lebih peka dan menganalisa tentang persaan seseroang terhadap kita. Dan lebih utamakan lah persahabatan di bandingkan pacar atau orang yang kalian suka.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar