Follow Us @literasi_smkn23jkt

Minggu, 15 Mei 2016

TEKS EKSPLANASI KOMPLEKS " GLETSER

GLETSER
Disusun Oleh Susanto
Pernyataan umum:
          Gletser atau glasier atau glesyer adalah sebuah bongkahan es yang besar yang terbentuk di atas permukaan tanah yang merupakan akumulasi endapan salju yang membatu selama kurun waktu yang lama.saat ini es abadi menutupi sekitar 10% daratan yang ada di bumi.

Urutan sebab-akibat
         Gletser terjadi di mulai pada lereng pegunungan yang berbentuk cekungan yang disebut dengan sirka(cirque). gletser terbentuk ketika salju segera turun,setelah mengendap udara yang terperangkap di antara serpihan salju terdorong keluar sehingga terjadi keping salju padat yang disebut dengan Firn. saat salju semakin banyak turun di puncak pegunungan ,firn akan terpadatkan menjadi es gletser. bebatuan (till) yang jatuh dari puncak gunung pun akan terbawa oleh gletser ini, di ujungnya gletser mencair dan membentuk aliran sungai yang mengalir ke bawah pegunungan. karena gletser berisi dari berbagai macam zat seperti bebatuan,salju,dan sedimen,sehingga saat gletser meluncur ke bawah akan merubah kontur dari pegunungan.

          Gletser dibagi menjadi dua tipe utama ,yaitu gletser gunung dan gletser benua. 
Gletser gunung adalah gletser yang terdapat pada gunung-gunung di dunia.
Gletser benua dikenal juga sebagai lembaran es atau tutupan es. hanya terdapat dua lembaran es besar di dunia. salah satunya ada di benua antartika dan sebagian besar lainnya ada di tanah hijau (green land). di perkirakan sekitar 90% gletser di dunia berada di kedua wilayah itu. dan 10% nya terdapat di pegunungan-pegunungan.

Manfaat dari Gletser
1. Adanya gletser menyebabkan terbentuknya danau-danau glasial seperti di lereng pegunungan Alpen  dan di Amerika utara
2. Adanya gletser menyebabkan terbentuknya pantai fyord sebagai hasil erosi glasial. seperti di norwegia pantai fyord digunakan untuk tempat berlindung perahu dan  kapal pada waktu badai dan merupakan tempat penangkapan ikan yang aman.
3. Sebagai tempat penelitian ahli glasiologi
4. Daerah padang salju merupakan tempat berolahraga musim dingin, seperti ski
5. Sebagai sumber air
6. sebagai tempat lahirnya kebudayaan yang khas ,misalnya budaya eskimo dengan rumah iglo,dan alat transportasi slide yang ditarik anjing. dan masih banyak lagi manfaat dari gletser bagi dunia.

Sumber: 
http://sainsmini.blogspot.co.id/2014/11/pengertian-dan-penjelasan-gletser.html
http://galihps.blogspot.co.id/2013/12/apa-itu-gletser-gletser-atau-glasier.html
http://sdindablog.blogspot.co.id/2012/12/proses-terjadinya-gletser.html
http://betelm.blogspot.co.id/2013/09/gletser-fenomena-alam-yang-indah.html



Tidak ada komentar:

Posting Komentar