Follow Us @literasi_smkn23jkt

Jumat, 13 Mei 2016

Teks Eksplanasi 'Hujan Asam'

Hujan Asam

Disusun Oleh: Shelma Sabrina



Pernyataan Umum


Hujan asam adalah hujan yang mempunyai kadar keasaman (pH) yang rendah pada setiap tetes airnya. Keadaan keasaman hujan yang normal pada umumnya mempunyai pH 5,6 sehingga dapat diartikan bahwa jika hujan yang memiliki pH kurang dari 5,6 berarti adalah hujan asam.


Urutan Sebab Akibat


          Proses terjadinya hujan asam diawali dengan asap-asap yang salah satunya yang dikeluarkan industri atau pabrik karena asap tersebut mengandung gas So (sulfur oksida) dan N (nitrogen), dan gas yang dihasilkan kendaraan bermotor. Gas-gas tersebut akan bereaksi dengan uap air yang ada di udara.


Hasil dari reaksi tersebut menghasilkan asam sulfat, asam nitrin dan juga nitrat lalu secara besamaan akan berkondensasi membentuk awan. Lalu saat terjadi hujan maka air yang turun akan terasa asam dan sangat berbahaya bagi makhluk hidup yang ada di bumi.


Hujan asam menyebabkan gangguan pernapasan pada manusia; korosi pada bangunan-bangunan; tumbuhan kering, layu dan mati; merusak ekosistem perairan, dan merusak sarana prasarana (infrastruktur) dibumi.


          Cara untuk mencegah dan menanggulangi hujan asam yaitu :

  • Gunakanlah energi secara bijak jangan terlalu berlebihan, jangan terlalu sering menggunakan bahan bakar fosil.
  • Pakailah kendaraan bermotor seperlunya, kalau bisa usahakan pakai kendaraan umum saat berpergian.
  • Jangan menebang pohon atau hutan sembarangan, dan tanamlah pohon atau reboisasi.
  • Usahakan untuk memakai peralatan yang ramah lingkungan.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar