Follow Us @literasi_smkn23jkt

Jumat, 13 Mei 2016

Teks Eksplanasi 'Segitiga Bermuda'

Misteri Segitiga Bermuda
Disusun Oleh: Sabrina Khadijah
Pernyataan Umum
          Segitiga Bermuda adalah wilayah di Samudera Atlantik seluas 1,5 juta mil atau 4 juta km, yang membentuk garis segitiga antara bermuda, wilayah teritorial Britania Raya sebagai titik disebelah utara Puerto Rico, teritorial Amerika Serikat sebagai titik disebelah selatan dan Miami, negara bagian Florida, Amerika Serikat sebagai titik disebelah barat.
Urutan Sebab-akibat
          Sejarah awal ditemukannya Segitiga Bermuda yaitu dengan berbagai peristiwa hilangnya kapal terbang pada tahun 1951 oleh dan didokumentasikan oleh E.V.W Jones dalam majalah Associated Press. Jones menulis artikel mengenai peristiwa kehilangan misterius yang menimpa kapal tebang dan kapal laut di area tersebut dan menyebutnya ‘Segitiga Setan’. Hal tersebut diungkit kembali oleh Fate Magazine dengan artikel yang dibuat George tahun 1964. Istilah ‘Segitiga Bermuda yang mematikan’ dikemukakan oleh Viccent Geddis setelah itu diganti menjadi ‘Segitiga Bermuda’.
          Penyebab terjadinya Segitiga Bermuda ini atau peristiwa lenyapnya pesawat terbang di perairan dikarenakan adanya gas methana diwilayah perairan tersebut . teori ini dipublikasikan untuk ertama kali tahun 1981 oleh Badan Penyelidik Badan Geologi Amerika. Menurut Bill Dillon dari U.S Geological Survey, daerah Segitiga bermuda ini terdapat tambang methana, tamabng ini terbentuk jika gas methana menumpuk dibawah dasar laut yang tidak dapat ditembusnya. Gas ini dapat muncul secara tiba-tiba dari dasar laut yang retak. Penyebab lain yaitu adanya gempa laut dan gelombang besar dasar laut dan menyebabkan hilangnya keseimbangan pesawat atau kapal serta tidak adanya kemampuan untuk mengawasi awak kapal.
          Upaya Segitiga Bermuda ini belum dicanangkan oleh pemerintah atau badan lain, karena masih berbentuk misteri, diharapkan untuk para pelaut atau yang melintas wilayah darat atau udara untuk menjauhi atau menghindari jalur tersebut.
https://id.wikipedia.org/wiki/segitiga bermuda



1 komentar: