Follow Us @literasi_smkn23jkt

Jumat, 13 Mei 2016

Teks Eksplanasi 'Gerhana Matahari'

Gerhana Matahari

Disusun oleh: Johanes

 

Pernyataan Umum:

    Gerhana matahari adalah suatu fenomena alam dimana posisi matahari, bulan, dan bumi sejajar pada satu garis lurus. gerhana matahari akhir-akhir ini baru terjadi tanggal 9 Maret 2016 di Indonesia. Gerhana Matahari tergolong menjadi 4, yaitu gerhana matahari total, gerhana matahari sebagian, gerhana matahari cincin dan gerhana matahari hibrida.

Urutan Sebab-Akibat:
  
    Gerhana matahari total disebabkan oleh bulan yang menutupi cahaya matahari tertutup secara menyeluruh yang menyebabkan daerah yang mengalami fenomena ini menjadi gelap total. Sedangkan gerhana matahari sebagian adalah gerhana matahari dimana bulan hanya menutupi sebagian dari cahaya matahari. Gerhana matahari cincin terjadi jika piringan bulan lebih kecil daripada ukuran piringan matahari. Kemudian gerhana matahari hibrida adalah gerhana matahari cincin yang bertransisi ke gerhana matahari total. Daerah yang terkena gerhana matahari total disebut umbra, dan daerah yang terkena matahari sebagian disebut penumbra.

    Gerhana matahari adalah fenomena alam yang cukup langka, prosesnya yang mengharuskan bulan diapit oleh matahari dan bumi dalam satu garis lurus sangatlah panjang, sedangkan fenomena ini berlangsung dengan sangat cepat. Oleh karena itu, banyak turis asing maupun domestik yang datang ke Indonesia, hanya untuk menyaksikan gerhana matahari total yang terjadi pada tanggal 9 Maret 2016 itu.

    Walaupun fenomena alam ini patut untuk ditonton, tetapi penonton diharuskan untuk memakai kacamata anti ultraviolet, karena cahaya matahari dari gerhana matahari sebagian tetaplah sama, sedangkan retina mata kita membesar dikarenakan terjadinya gelap. Disaat gerhana matahari total berlangsung, barulah penonton boleh untuk melihatnya dengan mata telanjang.
Sumber : 
1. http://www.pakmono.com/2015/05/pengertian-gerhana-matahari-dan-proses-terjadinya-gerhana-matahari.html
2. http://www.bbc.com/indonesia/berita_indonesia/2016/03/160308_indonesia_gerhana_bisnis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar