Follow Us @literasi_smkn23jkt

Kamis, 26 Mei 2016

TEKS ULASAN FILM 5 CM



TEKS ULASAN “FILM 5 CM”
“Persahabatan dengan cinta dan kasih sayang dalam perjuangan
untuk mendapatkan impian”

DISUSUN OLEH :
TRI IRYANI




Sutradara      : Rizal Mantovani
Penulis          : Donny Dhirgantoro
Produksi        : Ram Soraya
Tahun            : 2012
Pemain          : 1. Genta (Fedi Nuril)
  2. Arial (Denny Sumargo)
  3. Zafran ( Herjunot Ali)
  4. Riani (Raline Shah)
  5. Ian (Igor Saykoji)
  6. Adinda (Pevita Pearch)


Orientasi 1 :
5 cm adalah film drama Indonesia yang diliris pada 12 Desember 2012. Film ini merupakan film yang diadaptasi dari senuah novel dengan judul yang sama dari salah satu karya novelis muda Indonesia bernama Donny Dhirgantoro. Film yang disutradarai oleh Rizal Mantovani ini diperankan oleh Fedi Nuril sebagai Genta, Denny Sumargo sebagai Arial, Raline Shah sebagai Riani, Igor Saykoji sebagai Ian, Herjunot Ali sebagai Zafran, dan Pevita Pearch sebagai Adinda.

Orientasi 2 :
            Film ini secara garis besar bercerita mengenai persahabatan, nasionalisme dan menceritakan banyak sekali nilai-nilai kehidupan yang menggugah para generasi muda untuk selalu berfikir ke depan dan memiliki ide-ide cemerlang. Film ini juga tak lupa menampilkan sudut-sudut keindahan Negeri kita tercinta, Indonesia, yaitu diantaranya pesona puncak Mahameru, Danau Ranu Kumbolo, Tanjakan Cinta dan lain sebagainya.

Tafsiran 1 :
            Genta, Arial, Zafran, Riani, Ian adalah lima remaja yang telah menjalin persahabatan. Mereka memiliki karakter yang berbeda-beda. Zafran yang puitis, sedikit ‘gila’, apa adanya, idealis, agak narsis, dan memiliki banyak bakat untuk menjadi orang terkenal. Riani yang selalu meminta kuah mie temannya, cerdas, cerewet, dan mempunyai ambisi untuk cita-citanya. Genta, pria yang tidak senang mementingkan dirinya sendiri sehingga memiliki jiwa pemimpin dan mampu membuat orang lain nyaman disekitarnya. Arial, pria termacho diantara pemain lainnya, hobi berolahraga, paling taat aturan, namun paling canggung kenalan dengan orang baru. Ian, dia memiliki badan yang paling tambun dibandingkan teman-temannya, penggemar indomie dan bola, paling telat wisuda. Ada pula Dinda yang merupakan adik dari Arial, seorang mahasiswi cantik yang sebenarnya dicintai Zafran.

Tafsiran 2 :
            Kelima tokoh utama ini berada dalam lingkar persahabatan selama kurang lebih  10 tahun. Hingga suatu saat mereka diliputi kebosanan dan akhirnya mereka memutuskan berpisah untuk sementara dan berjanji tidak saling berhubungan dan berkomunikasi satu dengan yang lainnya selama 3 bulan. Namun setelah 3 bulan berpisah, banyak kerinduan yang mereka rasakan. Dalam perpisahan singkat itu, mereka “sesuatu” yang merubah mereka untuk menjalani hidup lebih baik. Akhirnya mereka memutuskan kembali untuk bertemu dan merayakan kembali pertemuan mereka dengan mendaki puncak tertinggi di pulau  jawa yaitu Gunung Semeru. Perjalanan mereka ke puncak semeru untuk mengibarkan Bendera Merah Putih dipuncak tersebut tepat pada tanggal 17 Agustus. Sebuah perjalanan yang membuat kelima pemuda ini semakin mencintai Indonesia. Banyak arah melintang dalam perjalanan mereka menuju puncak. 

Tafsiran 3 :
            Judul film ini unik dan sederhana tetapi memiliki cerita yang sangat menakjubkan. Dalam film ini dengan cerdas, merekatkan karakter kuat pada masing-masing tokoh. Hal ini yang membuat 5 cm unggul dari film lain. Jika secara umum pada permulaan film kita dibiarkan menebak seperti apa karakter para tokoh, maka di dalam film 5 cm, kita tidak dibiarkan menebak sebab karakter tokoh sudah terbaca kuat dihalaman awal. Film ini tidak mengajarkan hal yang negative untuk para remaja. Banyak sisi positif dari film ini, mulai dari pameran yang mendukung, jalan cerita yang menyenangkan, adegan yang mengharuka, lokasi syuting yang indah, dan pelajaran hidup yang banyak. Music dalam film 5 cm sangat bagus sekali dan tepat pada alur ceritanya.

Tafsiran 4 :
            Pada film ini, disaat menampilkan Mahameru dan sekitarnya kurang diekspos secara luas, hanya sebagian yang kita liat. Ada kecerobohan disalah satu adegan di stasiun kereta, saat ian mengejar kereta yang sudah bergerak maju, dia mengejar pintu masuk yang sudah ditunggu teman-temannya, tetapi dibelakang ada pintu masuk yang terbuka. Seharusnya bila ingin terlihat lebih baik, ian bisa langsung lewat pintu masuk yang dibelakangnya. Tetapi mungkin demi keselamatan ian tidak ingin mengambil resiko bila terjadi kecelakaan karena tidak ada yang menarik ian masuk, karena badan ian gemuk, jadi sulit dikendalikan.

Tafsiran 5 :
            Terdapat beberapa perbedaan antara novel dan film 5 cm, dari segi peristiwa kecil dalam novel sangat detail disebutkan jalan cerita tetapi pada film ada beberapa bagian yang dikurangi seperti contoh dalam ending cerita dalam novel sangat detail ketika Genta dan Citra menikah dan pernikahan Dinda dan Deniek tidak ditayangkan, tetapi itu semua tidak merubah cerita inti yaitu persahabatan akan tetapi kekecewaan pembaca yang menonton film tersebut jadi kurang menikmati karena mungkin bagian yang dihalangkan tersebut bisa jadi bagian favorit pembaca.

Evaluasi 1 :
            Film 5 cm adalah sebuah film yang diadaptasi dari Novel 5 cm karya Donny Dhirgantoro. Film ini disutradarai oleh Rizal Mantovani. Tidak hanya Novelnya yang mendapat sambutan hangat dari masyarakat. Filmnya juga sukses meraih 500 ribu penonton selama lima hari pemutarannya, sejak diliris pada 12 Desember 2012 (cinema 21). Film dengan jalan cerita yang dapat menghipnotis para penontonnya, ini sangat baik ditonton oleh para generasi muda.

Rangkuman :
            Dari film ini, kita bisa memahami lebih dalam kalimat yang mereka ucapkan, yaitu biarkan keyakinan kita, 5 cm mengambang di depan kening kita. Selalulah bermimpi dan menjadikan mimpi itu sebagai hal yang akan nyata terjadi dalam kehidupan kita. Jangan pernah menyerah, saat kita gagal yakinkan pada diri kita bahwa masih jauh perjalanan yang harus kita tempuh untuk menjadi yang lebih baik dan tidak gagal untuk yang kedua kalinya.

 Taruh puncak itu di depan kita, dan jangan lepaskan !
Yang kita perlukan adalah kaki yang berjalan lebih jauh
dan tangan yang berbuat lebih banyak
Leher yang akan lebih sering melihat ke atas
Mata yang akan menatap lebih lama dari biasanya
Lapisan tekad yang seribu kali lebih keras dari baja
Hati yang akan bekerja lebih keras
Serta mulut yang akan selalu berdoa
Dan setiap kali impian dan cita-cita muncul, letakkan di depan kening kita,
Jangan menempel, biarkan menggantung 5 cm di depan kening,
Supaya tidak terlepas dari mata kita
Dan yang bisa dilakukan seorang manusia terhadap mimpi dan keyakinannya adalah
Ia hanya tinggal mempercayainya.


SUMBER :



           



Tidak ada komentar:

Posting Komentar