Follow Us @literasi_smkn23jkt

Minggu, 15 Mei 2016

Teks Eksplanasi Kompleks “Gempa Bumi”

Teks Eksplanasi Kompleks “Gempa Bumi”
Di Susun Oleh : Narulika Setyaningrum

v  Pernyataan Umum
Gempa Bumi adalah salah satu bencana alam yang terjadi karena adanya getaran atau goncangan yang terjadi karena pergerakan lapisan batu bumi yang berasal dari dasar atau bawah permukaan bumi. Gempa bumi de bedakan menjadi dua  yaitu, Gempa Bumi Tektonis dan Gempa Bumi Vulkanis.

v  Urutan Sebab Akibat
Gempa terjadi karena adanya retakan dalam kerak bumi atau patahan. Patahan yang terjadi karena batuan yang ada di dalam gunung rapuh dan pecah akibat tekanan yang besar dari pergerakan lempeng bumi. Tekanan yang meningkat akan menyebabkan terjadinya pergerakan yang sifatnya mendadak. Hal ini lah yang menyebabkan batuan tergelincir di sepanjan patahan yang ada. Gempa Tektonis terjadi karena adanya lapisan kerak bumi yang menjadi gentin atau lunak sehingga mengalami pergerakan. Sedangkan, Gempa Vulkanis terjadi karena adanya letusan gunung berapi yang masih aktif dan letusannya sangat dasyat.

Dampak gempa bumi tektonik yang berkekuatan besar dapat menyebabkan runtuhnya bangunan-bangunan yang di lalui oleh retakan dan dapat pula menyebabkan korban jiwa. Namun, gempa yang berasal dari vulkanis gunung berapi dapat menyebabkan terjadinya tsunami. Tsunami yang besar dapat menyebabkan banyaknya korban jiwa.
-          Upaya Sebelum Terjadinya Gempa
1.       Belajar pertolongan pertama.
2.       Susun rencana untuk menentukan tempat bertemu bagi keluarga Anda setelah gempa bumi terjadi.
3.       Pelajari jalan keluar darurat yang harus di ambil ketika gempa terjadi di sekolah, lingkungnan rumah maupun di tempat kerja.
-          Upaya Sesudah Terjadinya Gempa
1.       Periksa diri anda dan orang lain, apakah ada yang terluka. Berikan pertolongan pertama bagi siapa saja yang memerlukannya.
2.       Jangan masuk ke dalam bangunan yang runtuh atau rusak.
3.       Jauhi pantai, tsunami bisa timbul setelah tanah berhenti bergetar.
4.       Waspada terhadap gempa susulan.

Sumber  : 
- http://www. Bahasaindonesiaku.net/2016/01/contoh-teks-eksplanasi-tentang-gempa-bumi.html
-   http://denyhendrawansaputra.blogspot.co.id/2015/02/teks-eksplanasi-gempa-bumi.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar