Follow Us @literasi_smkn23jkt

Minggu, 15 Mei 2016

Badai Pasir


Badai Pasir
Disusun Oleh : Septi Mira Suryana


Pernyataan Umum
            Badai pasir adalah fenomena alam yang terjadi ditempat yang kering atau daerah gurun pasir. Badai pasir biasanya disebabkan oleh angin yang kencang dan menerpa pasir dipermukaan gurun, sehingga pasir dan material lainnya berterbangan dengan jumlah yang banyak dan dapat menurunkan jarak pandang. Di dunia terdapat empat daerah rawan badai pasir, masing masing terletak di Asia Tengah, Amerika Utara, Afrika Tengah dan Australia. Orang Timur Tengah sering menyebut Badai pasir dengan Haboob, di daerah gurun seperti Arab sudah umum atau sering mengalami badai pasir, biasanya badai ini datang beberapa kali dalam setahun.

Urutan Sebab Akibat
            Sebelum terjadinya badai pasir biasanya keadaan kecepatan angin disekitar gurun naik dan tekanan udara sekitar turun. Ada dua penyebab terjadinya badai pasir yaitu  arus udara yang kuat dan sumber pasir yang kering dan terbuka. Arus udara adalah salah satu faktor penyebab terjadinya badai pasir yang paling sering terjadi dan lebih sulit ditanggulangi. Akan tetapi jika badai pasir disebabkan oleh faktor lain mungkin masih dapat ditanggulang.
            Badai pasir disebabkan oleh angin yang kencang yang meniup  tanah halus atau pasir. Badai pasir akan semakin banyak terjadi karena hawa panas diatas gurun yang menyebabkan atmosfir tanah menjadi tidak stabil. Ketidak stabilan udara ini bercampur dengan udara di tengah troposphir yang bergerak kebawah, dan membuat angin kencang dipermukaan.
            Akibat dari Badai pasir ini tidak lain menyebabkan terganggungnya penerbangan, infeksi pernapasan dan terganggunya jarak pandang. Pencegahan dan penanggulangan badai pasir adalah masalah yang amat rumit. Dalam pencegahan, langkah biologis diutamakan dan dibarengi langkah rekayasa, misalnya memperbaiki kondisi permukaan tanah untuk pencegahan penggurunan tanah, membenahi tanah tandus, dalam rangka mengurangi frekuensi dan intensitas terjadinya badai pasir dan debu, dan tanah yang sudah mengalami degradasi hendaknya dibenahi dengan menanam semak belukar. Upaya tersebut harus diterapkan secara terpadu dan serempak guna mewujudkan perkembangan yang terkoordinasi.
            Setelah terjadinya badai pasir ada beberapa hal yang harus diperhatikan seperti selalu menggunakan pakaian yang dapat melindungi diri terutama masker dan kacamata, kemudian bersihkan rumah dari debu-debu pasir dan terus pantau informasi keadaan sekitar.


Sumber
 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar