Follow Us @literasi_smkn23jkt

Jumat, 13 Mei 2016

Pemanasan Global



 Disusun oleh : Istito'ah

(Pengertian Pemanasan Global)
Pemanasan global adalah adanya proses peningkatan suhu rata-rata atmosfer, laut, dan daratan bumi. Suhu rata-rata global pada permukaan bumi telah meningkat 0.74°C ± 0.18°C  (1.33 ± 0.32°F) selama seratus tahun terakhir.
(Penyebab Pemanasan Global)
Pemanasan global sudah lama dianalisis oleh para klimatologi (Ilmuwan yang mempelajari iklim) sejak tahun 1800-an yang menyimpulkan bahwa pemanasan global terjadi karena ulah manusia. Aktivitas manusia saat ini mendukung terjadinya pemanasan global dan mengakibatkan meningkatnya efek rumah kaca.
Aktivitas lain yang dapat menimbulkan pemanasan global adalah pembakaran bahan bakar fosil (Batubara, Minyak dan gas alam) dan pembukaan lahan termasuk didalamnya kerusakan hutan.
Sebagian para klimatologi menyatakan bahwa tidak semua pemanasan global terjadi akibat aktivitas manusia, tetapi ada proses alami yang mengakibatkan pemanasan global yaitu meningkatnya energi yang dipancarkan oleh matahari.
(Proses Pemanasan Global)
Pemanasan global terjadi melalui beberapa proses yaitu proses dimulai dari cahaya matahari yang menyinari bumi, sebagian panas diserap oleh bumi dan sebagian lagi dikembalikan ke angkasa (Atmosfer). Sinar matahari yang dikembalikan ke angkasa terperangkap oleh gas-gas yang diatmosfer seperti gas karbon dioksida, peristiwa tersebut dinamakan efek rumah kaca.
Radiasi sinar matahari menyebalkan lapisan ozon semakin menipis dan ini membuat sinar matahari semakin panas. Efek rumah kaca juga menyebabkan sinar matahari yang kembali ke angkasa dipantulkan ke bumi, hal ini yang menyebabkan bumi semakin lama semakin panas.
(Dampak Pemanasan Global)
Dampak pemanasan global antara lain; gunung-gunung es akan mencair, curah hujan akan meningkatkan dan badai akan sering terjadi, air tanah cepat menguap yang akan menyebabkan kekeringan, dan cuaca menjadi sulit diprediksi dan lebih ekstrem.
(Upaya Pemanasan Global)
Upaya yang dapat dilakukan untuk mengurangi pemanasan global yaitu mengubah perilaku pribadi, misalnya; hemat listrik, menanam pohon dan mengurangi penggunaan mobil. Adapun upaya lain yang dapat dilakukan untuk mencegah pemanasan global secara kolektif yaitu menggunakan energi alternatif, melestarikan hutan, memperbaiki kualitas kendaraan dengan uji emisi dan mengurangi karbon.

Sumber :
  1. Http://vinnyvionita.wordpress.com/tag/artikel-pemanasan-global/
  2. Http://qulbudinanugrah.blogspot.com/2015/01/contoh-teks-eksplanasi-pemanasan-global.html  
  3. Http://ipemanasanglobal.blogspot.com/2014/08/proses-terjadinya-global-warming-serta.html
  4. Http://www.artikelsiana.com/2015/03/pengertian-pemanasan-global-penyebab-dampak-akibat.html  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar