Follow Us @literasi_smkn23jkt

Minggu, 23 November 2014

Manuel Neuer : Bocah Kerempeng yang Kini Jadi Kiper Kelas Dunia

Oleh : Leon Chalvine Ong

Terlahir dengan nama Manuel Neuer Peter (pengucapan Jerman: n [maːnu̯ɛl nɔʏ.ɐ]; lahir 27 Maret 1986) adalah seorang pemain sepak bola Jerman yang bermain sebagai penjaga gawang Bayern Munich dan tim nasional Jerman. Dia telah digambarkan sebagai "penyapu-penjaga" [4] karena gaya bermain yang unik dan dikenal karena reflek yang cepat, tembakan-menghentikan kemampuan yang sangat baik, perintah daerahnya dan distribusi akurat bola.Nasib orang tak ada yang tahu. Tak begitu dianggap pada masa lalu, bisa saja seseorang menjelma sebagai sosok yang sangat dibutuhkan dan disanjung di masa mendatang.
 

Hal itu yang dirasakan Manuel Neuer. Menengok masa lalunya, tak ada yang mengira kiper Jerman tersebut bisa sehebat sekarang. Ya, dia dulunya hanyalah seorang bocah kerempeng yang nyaris disisihkan dari tim.Pada usia 14 tahun, Neuer bergabung dengan Schalke 04. Namun, pelatih kiper Lothar Matuschak mengaku tidak percaya dengan kemampuannya mengawal gawang. "Saya bahkan tak percaya Neuer adalah penjaga gawang. Dia sangat kecil dan suaranya tinggi. Secara fisik, dia sangat jauh dari profil kiper," kata Matuschak.

Neuer menandatangani istilah profesional pada tahun 2005 setelah maju melalui setiap kelompok usia di klub kota kelahirannya. Dia membuat debut Bundesliga dengan Schalke ketika ia datang untuk menggantikan cedera Frank Rost pada pertandingan hari kedua dari musim 2006-07. 20 tahun akhirnya memenangkan posisi awal ketika Rost secara mengejutkan turun untuk pertandingan krisis melawan Bayern Munich. Dia tidak mengecewakan dan berhasil mengamankan hasil imbang 2-2 melawan juara bertahan. Meskipun usianya masih muda, ia secara luas diperkirakan akan menjadi pengganti potensial untuk mantan idolanya Jens Lehmann di masa depan untuk tim nasional Jerman.

Pada tanggal 5 Maret 2008, di babak sistem gugur pertama Liga Champions melawan FC Porto, ia hampir seorang diri menyelamatkan gawang Schalke dalam permainan dan dia memaksa permainan ke adu penalti. Dia kemudian menyelamatkan penalti dari Bruno Alves dan Lisandro Lopez untuk membantu Schalke maju ke perempat final. Untuk heroik, ia terpilih untuk 2007-08 UEFA Klub Kiper of the Year; ia adalah yang termuda serta satu-satunya kiper Bundesliga dalam daftar. Dia adalah salah satu dari kiper dari tiga pemain Bundesliga untuk bermain setiap menit di musim 2007-08.Pada musim 2008-09, Schalke selesai kedelapan dalam tabel liga dan terjawab di tempat Liga Europa. Namun,dia menunjukkan performa baiknya pada 2009 U-21 Kejuaraan Eropa dan memicu minat dari Bayern Munich, dengan ketua Bayern Karl-Heinz Rummenigge menyatakan minat dalam penandatanganan kiper muda. Manajer baru Schalke Felix Magath, bagaimanapun, bersikeras bahwa Neuer "akan bermain untuk Schalke musim depan". Pada bulan November, ia adalah satu-satunya kiper Jerman di daftar lima kiper dinominasikan untuk Tim UEFA of the Year.

Untuk musim 2010-11, Neuer diangkat menjadi kapten dan memimpin tim untuk penampilan semifinal Liga Champions pertama.Ia juga memenangkan DFB Pokal di akhir musim dengan klub Schalke.pada 20 April 2011, ia mengumumkan bahwa ia tidak akan memperpanjang kontraknya dengan Schalke, yang ditetapkan untuk berakhir pada akhir musim 2011-12.ia menerima kritik oleh Schalke-fans, yang kecewa dengan dia berangkat ke klub rival.Pada 1 Juni 2011, Schalke menegaskan bahwa Neuer akan pindah ke Bayern Munich pada bulan Juli 2011.Neuer menandatangani kontrak lima tahun yang akan berlangsung hingga Juni 2016. Langkah itu senilai € 22million, membuat Neuer menjadi kiper termahal kedua sepanjang masa, hanya di belakang Gianluigi Buffon. 

Setelah permusuhan fans Bayern terhadap Neuer (beberapa fans tidak senang tentang Bayern membeli kiper Schalke), diskusi meja bundar antara Bayern Munich dan kelompok perwakilan pendukung 'berlangsung pada tanggal 2 Juli 2011. Antara lain, diputuskan bahwa Manuel Neuer akan "dianggap sebagai anggota penuh tim FC Bayern Munich, yang harus diperlakukan dengan hormat. Selain itu, permusuhan terhadap dia harus berhenti".Tepat di minggu pertama di Bayern, setelah bermain imbang 0-0 dengan Hoffenheim, Neuer memecahkan rekor Bayern Munich untuk paling kompetitif seprai bersih berturut-turut, setelah pergi lebih dari 1000 menit tanpa kebobolan. Ia memperbaiki rekor sebelumnya dipegang oleh Oliver Kahn.

 Pada 25 April 2012, Neuer menyelamatkan tendangan penalti dari kedua Cristiano Ronaldo dan Kaka dan membantu Bayern melalui semifinal Liga Champions melawan Real Madrid. Setelah pertandingan, Neuer telah mengungkapkan bahwa ia mempelajari cara Ronaldo mengambil
eksekusi penalti nya. Pelatih kiper bayern, Toni Tapalovic, menunjukkan di laptop-nya sebelum pertandingan bagaimana Ronaldo biasanya memakan waktu hukuman nya. Neuer belajar bahwa Ronaldo lebih memilih untuk mengirim bola rendah ke kiri.dan Neuer membawa Bayern lolos ke Final Liga Champions UEFA 2012.

Dia melanjutkan ke Final Liga Champions UEFA 2012 melawan Chelsea dan juga pergi ke adu penalti. Dia mengambil dan mencetak gol penalti ketiga untuk Bayern dan juga menyelamatkan penalti pertama yang diambil oleh Juan Mata, tetapi semua sisanya diberi skor dan Munich kehilangan trofi 4-3 melalui adu penalti di stadion rumah mereka, Allianz Arena.
Dalam Babak gugur Liga Champions UEFA 2012-13, Neuer membukukan empat clean sheet berturut-turut dibandingkan
kiper kedua club Juventus FC dan FC Barcelona. Dalam Final Liga Champions UEFA 2013, Neuer membukukan delapan menghemat perjalanan ke lima gelar Liga Champions Bayern. Permainan ini menampilkan permainan yang bagus dari kedua penjaga, dan Neuer akan berakhir memenangkan duel melawan Romawi Weidenfeller memiliki hanya kebobolan sekali.
Untuk Piala Super UEFA 2013, pada 30 Agustus 2013, ia menyelamatkan terakhir dan menentukan hukuman yang melihat FC Bayern Munich memenangkan pertandingan melawan Chelsea, mengambil beberapa balas dendam atas kehilangan Final Liga Champions UEFA 2012 itu. Neuer diumumkan sebagai kiper terbaik pada tanggal 7 Januari 2014.Pada tanggal 2 Mei 2014, Neuer memperpanjang kontrak saat ini sampai musim panas 2019. 

Menjelang Piala Dunia 2010, Neuer dipanggil pada tanggal 19 Mei 2009 untuk skuad Jerman senior tur Asia.Dia melakukan debut tur ini dalam pertandingan melawan Uni Emirat Arab pada tanggal 2 Juni.Ia bermain di November persahabatan melawan Pantai Gading yang berakhir 2-2. Meskipun ia mengambil tanggung jawab untuk gol pertama kebobolan, manajer Joachim Loew menolak untuk menyalahkan dia dan sebaliknya memuji dia untuk melakukan yang terbaik.

Kematian kiper Robert Enke pada bulan November 2009 membuat neuer ditinggikan sebagai kiper pilihan kedua di bawah René Adler. Namun, Adler mengalami cedera tulang rusuk yang serius yang membuatnya absen dari Piala Dunia. Neuer menjadi kiper pilihan pertama Jerman menjelang Tim Wiese dan Hans-Jörg Butt untuk turnamen mendatang.Neuer terpilih sebagai kiper nomor satu Jerman untuk Piala Dunia di Afrika Selatan.Selama fase grup, ia hanya kebobolan satu gol pun, jarak dekat ditembak oleh Milan Jovanović dalam pertandingan melawan Serbia. Neuer membantu untuk gol pembuka Miroslav Klose melawan Inggris, menang 4-1. Ia bermain di semua Piala Dunia Jerman pertandingan selain pertandingan tempat ketiga melawan Uruguay, ketika Hans-Jörg Butt dihargai dengan tempat di lineup awal.

Pada Euro 2012,Ia bermain setiap menit dari setiap pertandingan dalam kampanye kualifikasi untuk Euro 2012, membantu Jerman untuk mengamankan sepuluh kemenangan dari sepuluh pertandingan dan atas kelompok mereka. Setelah Jerman menang 3-1 melawan Turki,dia sangat dipuji karena "sensasional" kinerja. Dia mempertahankan berbagai voli dekat ditembak oleh Hamit Altintop, dan kemudian dengan cepat ia melempar bola ke garis tengah ke kaki Thomas Müller, yang segera memberikan membantu untuk gol pembuka Mario Gómez itu. Neuer kemudian mendirikan gol kedua; di bawah tekanan oleh penyerang Turki, ia melepaskan tembakan jarak jauh yang tepat untuk Mario Götze jauh di setengah lawan, dan menemukan Thomas Müller di tepi kotak penalti lawan untuk mencetak gol. 

Ia memulai semua tiga pertandingan Jerman, dan jerman masuk di "Grup Maut". Dia terus clean sheet melawan Portugal sementara juga kebobolan satu gol masing-masing ke Belanda dan Denmark. Jerman kemudian memenangkan Grup B, menjadi satu-satunya tim di turnamen untuk memenangkan semua pertandingan penyisihan grup mereka.
Setelah menjaga clean sheet dalam pertandingan grup melawan Portugal dan Amerika Serikat, Neuer mencatat shutout ketiga Piala Dunia FIFA 2014 di kekalahan 1-0 di perempat final Perancis. Ini adalah miliknya 22 clean sheet secara keseluruhan dalam penampilan ke-50 untuk die Nationalmannschaft.

Dalam semi-final, Neuer kebobolan gol saat timnya diarahkan host Brasil 7-1.
Pada tanggal 13 Juli, di Final Piala Dunia FIFA melawan Argentina, Neuer tidak berat diuji tetapi ia memerintahkan penalti dengan baik, menantang menyerang berjalan oleh Gonzalo Higuaín dan Rodrigo  Palacio yang menyebabkan mereka untuk menembak luas bersih (berakhir Argentina selesai tanpa tembakan ke gawang meski beberapa peluang yang baik).pada awal babak kedua, Neuer meninju bola jelas sebelum bertabrakan dengan Higuain di tepi kotak. [32] Jerman mengalahkan Argentina 1-0 berkat gol Mario Götze di waktu tambahan. Neuer pribadi memenangkan penghargaan Golden Glove untuk kiper terbaik turnamen. 

Neuer adalah Katolik, yang memberikan dukungan kepada kelompok aksi Gelsenkirchen berbasis Katolik sosial yang berkampanye melawan kemiskinan anak serta pemuda klub Gelsenkirchen berbasis dijalankan oleh Amigonians.Neuer terkenal menjadi sosok yang baik hati,pekerja keras,dan peduli terhadap anak-anak.
Neuer memulai dasar amal untuk anak-anak, bernama Manuel Neuer Anak Foundation
.Sosok seperti Manuel neuer sangat jarang ditemui,serta bakatnya yang sangat bertalenta.sudah sepantasnya bahwa dia dijuluki sebagai "PENYAPU-PENJAGA" atau "TANGAN MAGNET".

Sumber :
- en.wikipedia.org/wiki/Manuel_Neuer
-www.espnfc.com/player/84774/manuel-neuer

Tidak ada komentar:

Posting Komentar