Follow Us @literasi_smkn23jkt

Senin, 24 November 2014

Bill Gates: Si Jenius Penemu Microsoft

Oleh: Nila Maghfiroh


William Henry Gates III merupakan nama lengkap dari Bill Gates. Bill Gates  lahir pada tanggal 28 Oktober 1955 di Seatle Washington, Amerika. Ayahnya bernama William H. Gates dan ibunya bernama Mary Maxwell Gates yang merupakan keturunan Inggris-Jerman-Skotlandia-Irlandia. Bill Gates berasal dari kalangan menengah keatas, ayahnya seorang pengacara terkemuka, sedangkan ibunya adalah direktur First Interstate Banc System. Sejak kecil orang tua Bill Gates menerapkan kompetisi dalam mendidiknya, ia akan mendapatkan hadiah jika ia memenangkan sesuatu, tetapi akan mendapatkan hukuman jika ia kalah, Bill Gates sendiri memiliki dua orang saudara bernama Kristianne dan Libby. Bill Gates menikah dengan Melinda French pada tanggal 1 Januari 1994. Dari pernikahannya tersebut, ia dikaruniai 3 orang anak yaitu Jannifer Katharine (1996), Rory John (1999) dan Phoebe Adele (2002).

Riwayat pendidikan Bill Gates dimulai disebuah sekolah bergengsi khusus untuk pria bernama Lakeside School di Seatle. Saat ia ada di kelas delapan, ia sudah memperlihatkan ketertarikannya pada computer. Saat itu sekolahnya membeli computer bekas bernama 33 ASR dan juga computer GE. Bill Gates tertarik untuk memprogram sistem pada computer GE. Ia bahkan memilih bolos pada kelas matematikanya hanya untuk mengejar keinginannya. Bill Gates lulus dari Lakeside School pada tahun 1973 dengan mendapatkan nilai 1590 dari total nilai 1600. Ia kemudian melanjutkan pendidikannya di Hardvard College University, AmerikaSerikat.

Di awal mula kariernya, Bill Gates keluar dari Hardvard dan bekerja bersama Paul Allen di MITS (Micro Instrumentation and Telemetry Systems). Sebuah perusahaan pencipta mini computer terbaru. Kemitraan Gates Allen dengan MITS disebut dengan nama  “Micro-Soft”. Setahun  kemudian nama tersebut dihapus dan pada tahun 1976, nama “Microsoft” pun didaftarkan di kementrian luar negeri Mexico sebagai nama dagang. Dalam perkembangannya, Bill Gates pun tak lagi kembali pada Hardvard untuk menyelesaikan pendidikannya.

Pada awal karier, Bill Gates memperkenalkan BASIC Microsoft. Namun sayangnya, salinan program ini telah bocor sehingga ia kemudian didistribusikan secaraluas. Bill Gates kemudian mengirimkan surat protes yang melarang keras MITS memproduksi dan mendistribusikan BASIC Microsoft tanpa memperoleh bayaran. Sayangnya, surat tersebut tidak digubris. Pada tahun 1976, kemitraan Microsoft dan MITS pun berakhir. Selanjutnya, Microsoft melanjutnya kemitraannya bersama dengan IBM yang menghasilkan apa yang dikenal dengan nama MS-DOS. Keberhasilan kemitraan ini kemudian mengantarkan Microsoft sebagai pemain utama di dalam industri computer.

Bill Gates mengundurkan diri sebagai Chief  Executive Officer dan Microsoft pada bulan Januari 2000 ia tetap sebagai ketua dan menciptakan posisi kepala arsitek software untuk dirinya sendiri. Pada bulan Juni 2006, Bill Gates mengumumkan bahwa ia hanya akan bekerja separuh waktu di Microsoft dan bekerja penuh waktu di Bill dan Melinda Gates Fundation. Dia secara bertahap memindahkan tugasnya ke Ray Ozzie, kepala arsitek perangkat lunak, dan Craig Mundie, kepala penelitian dan strategi petugas. Terakhir kali Bill Gates bekerja penuh di Microsoft adalah 27 Juni 2008. Ia mengundurkan diri sebagai ketua Microsoft di Februari 2014, mengambil sebuah peran baru sebagai penasihat teknologi untuk mendukung CEO baru di Microsoft, Satya Nedella.

Bill Gates terkenal dengan kedermawanannya, bersama istrinya ia mendirikan yayasan amal yang dinamakan Bill and Mellinda Gates Foundation di tahun 2000. Pada tahun 2013 Yayasan Bill Gates and Mellinda Gates Foundation dinobatkan sebagai yayasan dengan asset kekayaan yang bias diamalkan hingga 34,6 triliun dolar. Bill Gates juga menyatakan bahwa separuh kekayaannya akan ia sumbangkan untuk amal.

Bill Gates memiliki sifat dermawan dan baik hati. Sudah sepantasnya sosok yang bersahaja ini dikenal dunia. Jasanya dalam membuat Microsoft patut dihargai dan dihormati.





Diadaptasi dari :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar