Follow Us @literasi_smkn23jkt

Minggu, 23 November 2014

Gayatri Wailissa : Gadis Jenius dari Ambon

Oleh : Nur Hazizah
Gayatri Wailissa lahir di Ambon31 Agustus 1995 adalah seorang remaja asal Ambon yang populer karena keahliannya menguasai empat belas bahasa asing, secara otodidak bahasa yang telah dikuasainya yaitu, bahasa Inggris, Italia, Spanyol, Belanda, Mandarin, Arab, Jerman, Perancis, Thailand, Korea, Jepang, India, Rusia dan Tagalog. Gayatri lahir dari pasangan Deddy Darwis Wailissa dan Nurul Idawaty yang telah mengukir banyak prestasi, baik di tingkat nasional maupun internasional. Di usianya yang masih belia ini, dia telah mampu mendunia dengan segudang prestasi. Terakhir, Gayatri menjadi Duta ASEAN untuk Indonesia di bidang anak mewakili Indonesia.
Gayatri lulusan SMA unggulan Siwalima, Ambon, itu menorehkan segudang prestasi akademik, baik di tingkat nasional maupun internasional. Gayatri mulai mendunia kala berhasil masuk seleksi untuk menjadi duta anak, mulai dari tingkat provinsi hingga tingkat nasional. Dari situ, dia mengikuti seleksi kepribadian hingga kemampuan intelektual. Dia lantas masuk 10 besar dari ribuan siswa yang ikut seleksi sebelum terpilih mengikuti seleksi mewakili Indonesia menjadi Duta ASEAN untuk anak tahun 2012-2013. Gayatri, kemudian terpilih mewakili Indonesia ke tingkat ASEAN dan mengikuti pertemuan anak di Thailand dalam Convention on the Right of the Child (CRC) atau Konvensi Hak-Hak Anak tingkat ASEAN.
Masa baktinya untuk negara benar-benar menggebu, namun belum sempat terlaksana. Gayatri pernah berkata kepada sang ayah bahwa dia berbakti untuk bangsa dan negara dan dia rela mati untuk bangsa dan negara. Cita-cita yang kerap dilantangkan Gayatri. Peraih gelar Kick Andy Young Hero 2014 itu punya tiga cita-cita menakjubkan, menjadi seorang duta besar, juru bicara presiden dan anggota Badan Intelijen Negara (BIN).  Mimpi itu dirajutnya sejak duduk di kelas dua sekolah menengah atas. Demi mewujudkan cita-citanya, dia tak berhenti mengasah diri. Termasuk mempelajari berbagai bahasa secara otodidak. Setidaknya mampu berbicara dan menulis dalam bahasa Inggris, Italia, Spanyol, Belanda, Mandarin, Arab, Jerman, Perancis, Thailand, Korea, Jepang, India, Rusia dan Tagalog.
Gayatri rela berpisah dari haribaan kedua orang tuanya dalam beberapa waktu. Tapi, itu bukan kendala karena hasil yang diberikannya selalu mengagumkan. Gayatri tak jarang memberikan aroma kebahagiaan di rumah petak pojok kota Ambon. Lukisan kebahagiaan dan prestasi akademik itu pun dia sebarkan ke penjuru Tanah Air lewat berbagai kegiatan.
Terakhir, dia menjadi Duta ASEAN untuk Indonesia di bidang anak. Saat menjadi delegasi tunggal di Convention on the Right of the Child (CRC) atau Konvensi Hak-Hak Anak tingkat ASEAN itu, Gayatri mendapat tempat terhormat dengan sapaan “Doktor”.Dia pun pernah ditawari Pemerintah Australia agar pindah kewarganegaraan karena kecerdasannya. Namun, Gayatri menolak.Gayatri pernah mengungkapkan bahwa dia ingin mati dikenang masyarakat dan tinggalkan yang sulit dilupakan oleh masyarakat Indonesia. 

Tepat setahun lalu, Jawa Pos memilih Gayatri sebagai salah satu di antara anak-anak muda Indonesia berprestasi untuk ditampilkan dalam edisi khusus Sumpah Pemuda. Dengan gayanya yang ceria dan smart, dia melayani wawancara wartawan DetEksi Jawa Pos Indriani Puspitaningtyas di sela-sela kesibukan dirinya menjadi narasumber di berbagai aktivitas di Kota Ambon dan sekitarnya. 

Pada tanggal 20 Oktober 2014 Gayatri sedang melakukan olahraga di sekitar Taman Suropati, Menteng, Jakarta Pusat. Setengah jam sebelum dilaporkan pingsan sehabis olahraga, Deddy masih sempat berbincang-bincang dengan Gayatri melalui telepon. Dalam obrolan itu, putrinya berkata dalam kondisi prima. Namun, setelah itu, orang tuanya mendapat telepon kalau Gayatri pingsan dan dilarikan ke Rumah Sakit Abdi Waluyo, Jakata. Dia tak sadarkan diri. Empat hari kemudian yaitu pada tanggal 23 Oktober 2014 Gayatri dinyatakan meninggal dunia.

Jenazah Gayatri Wailissa lantas dibawa ke Ambon. Rombongan tiba di Bandara Pattimura, Ambon, Maluku, sekitar pukul 08.00 WIT, Sabtu (25/10/2014). Isak tangis keluarga dan kerabat dekat menyambut kedatangan gadis jenius tersebut. Mendiang lantas dibawa ke Masjid Raya Al Fatah, Ambon, untuk disalatkan. Jenazah disambut Gubernur Maluku Said Assegaf dan Sekretaris Pemerintah Kota Ambon Antony Gustav Latuheru. 

Setelah disalatkan, perempuan berusia sembilan belas tahun itu disemayamkan di Aula Kodim 1504 Pulau Ambon. Selain pejabat dan keluarga, warga setempat pun dipersilakan melayat almarhumah. Tak lama kemudian, Gayatri dimakamkan di Taman Makam Bahagia, Kapahaha, kota Ambon. 

Semoga perbuatan yang dilakukan Gayatri Wailissa dianggap ibadah oleh Tuhan Yang Maha Kuasa karena telah mengharumkan nama Indonesia di mata dunia melalui kedutaan ASEAN. Semoga prestasi yang diukir oleh Gayatri dapat menjadi panutan bagi para penerus bangsa.

      http://id.wikipedia.org/wiki/Gayatri_Wailissa




Tidak ada komentar:

Posting Komentar