Follow Us @literasi_smkn23jkt

Senin, 24 November 2014

Thomas Alva Edison: The Wizard of Menlo Park

   Oleh: Brigitta Widyana       
       
Thomas Alva Edison lahir di Milan,Ohio pada 11 Februari 1847. Dia merupakan anak dari pasangan Samuel Odgen Edison Jr dan Nancy Matthews Elliott. Tahun 1854, orang tuanya pindah ke Port Huron,Michigan. Sewaktu kecil, gurunya memberitahu bahwa Edison tidak bisa bersekolah karena dianggap murid yang tidak berbakat. Sehingga Ibunya memutuskan untuk mengajar sendiri di rumah. Wanita yang pernah mendampinginya ada 2, yaitu Mary Stilwell(menikah 1871-1884) dan Miller (menikah 1886-1931). Dia juga mempunyai 6 anak, yaitu Marion Estelle Edison, Thomas Alva Edison Jr, Williem Leslie Edison, Madeleine Edison, Charles Edison, dan Theodore Miller Edison. 

Thomas Alva Edison hanya sempat bersekolah selama 3 bulan. Sebelum mencapai usia sekolah, ia sudah mulai membedah-bedah hewan untuk diteliti. Kemudian pada usia 11 tahun, Edison membangun laboratorium kimia sederhana di ruang bawah tanah milik ayahnya. Setahun kemudian, ia berhasil membuat telegraf yang bentuknya primitif tetapi bisa berfungsi dengan baik. 

Ia menyadari bahwa percobaan-percobaan yang ia lakukan membutuhkan biaya yang cukup besar. Oleh karena itu, pada usia 12 tahun Edison bekerja sebagai penjual koran dan permen di kereta api yang beroperasi antara kota Port Huron dan Detreit. Dia merasa bahwa waktu senggangnya di kereta terbuang begitu saja. Sehingga ia meminta izin dari pihak perusahaan “Grand Truck Railway” untuk membuat laboratorium sederhana di salah satu gerbang yang kosong. Lalu pihak dari perusahaan itu memberi izin kepada Edison. Dan Edison pun membuat laboratorium dan di sinilah ia melakukan percobaan. 

Tahun 1861 terjadi perang saudara antara negara-negara bagian utara dan selatan. Thomas Alva Edison melihat peluang dalam kejadian tersebut dan ia membeli alat cetak tua seharga 12 dolar. Melalui alat ini, Edison mencetak koran sendiri yang ia beri nama “Weekly Herald”. Koran ini adalah koran pertama yang di cetak diatas kereta dan laku terjual sampai 400 perharinya. Tetapi pada masa ini pula, Edison hampir kehilangan pendengaran nya akibat kecelakaan. Edison bahkan dikabarkan mengalami cacat, tetapi pada kenyataan nya itu tidak benar. 

Setelah pulih, Edison bekerja sebagai operator telegraf di Boston tahun 1868. Seluruh waktu luangnya dihabiskan untuk melakukan berbagai percobaan-percobaan teknik. Pada tahun ini pula, Edison menemukan sistem interkom elektrik pertama. Thomas Alva Edison juga mendapatkan hak paten pertamanya untuk alat electric vote record. Tetapi tidak ada yang berminat untuk membeli alat tersebut. Ia tidak menyerah begitu saja, kemudian ia beralih ke penemuan yang bersifat komersil. Penemuan pertamanya yang bersifat komersil adalah stock ticker. Edison menjual penemuan nya ini ke sebuah perusahaan dan mendapat 40.000 dollar.  

Lalu Edison membuka perusahaan General Electric dan laboratorium di Menlo Park,New Jersey. Di laboratorium inilah Edison menemukan berbagai penemuan yang mengubah pola hidup orang-orang di dunia. Tahun 1877, ia menemukan phonograph. Edison sadar bahwa sumber cahaya sangat diperlukan bagi kebutuhan manusia. Oleh karena itu, di tahun ini pula Edison berencana untuk membuat lampu pijar.  

Dalam percobaan nya ini, ada banyak sekali masalah. Masalahnya yaitu caraa mendapatkan bahan yang berpijar ketika dialiri listrik tetapi tidak mudah terbakar. Lalu Edison mengumpulkan sekitar 6000 bahan untuk dicobanya. Melalui usaha yang keras, akhirnya pda 21 Oktober 1879, terciptalah lampu pijar pertama yang mampu menyala selama 40 jam. Edison membutuhkan waktu selama 2 tahun untuk membuat lampu pijar itu. Selang beberapa tahun, Edison menggabungkan film potografi yang telah dikembangkan George Eastman menjadi industri film yang menghasilkan jutaan dolar. Dan ini merupakan jasa Edison di bidang perfilman.Bukan hanya itu saja, Edison pernah membuat Black Maria(studio film bergerak yang dibangun pada jalur berputar). Pada 1920, kesehatan nya kian memburuk. Tahun 1928, ia menerima penghargaan khusus berupa medali dari Kongres Amerika Serikat. Dan pada 18 Oktober 1931, Thomas Alva Edison meninggal dunia akibat komplikasi diabetes dan ia dimakamkan di belakang rumahnya. Setelah meninggal, ia di buatkan patung Edison muda di Michigan. Pada 1983, Kongres Amerika Serikat mengumumkan bahwa tangga kelahirannya(11 Februari) dijadikan sebagai Hari Nasional Inventor.  

Semasa hidupnya, Edison telah berhasil membuat 1.039 temuan. Penemuan-penemuan nya yang jarang diketahui adalah: telegraf cetak, pulpen elektrik, proses penambangan magnetik, torpedo listrik, karet sintetis, baterai akaline, pengaduk semen, mikrofon, transmiter telepon, dan proyektor gambar bergerak.Thomas Alva Edison adalah sosok yang mempunyai sifat pekerja keras, rasa ingin tahu yang tinggi, dan tidak mudah menyerah. Prinsip yang ia terapkan semasa hidupnya yaitu “ Jenius adalah 1 % inspirasi dan 99% keringat” dan “ keberuntungan adalah sesuatu yang terjadi ketika kesempatan bertemu dengan kesiapan”. Ia pantas di sebut sebagai “The Wizar of Menlo Park” karena penemuan nya yang luar biasa(lampu pijar) teah mengubah hidup orang-orang di Menlo Park.

Diadaptasi dari: 
http://kolom-biografi.blogspot.com/2009/01/biografi-thomas-alva-edison.html 
http://nurwahida76.wordpress.co/2013/02/21/biografi-riwayat-hidup-thomas-alva-edison/com Diakses pada: 5 November 2014

Tidak ada komentar:

Posting Komentar