Follow Us @literasi_smkn23jkt

Minggu, 23 November 2014

Adolf Hitler : Pemimpin NAZI yang Pemberani

Oleh : Siti Rohayati

Adolf Hitler lahir pada tanggal 20 April 1889 disebuah kota kecil di Austria. Ayahnya adalah seorang yang keras dalam mendidik anak-anaknya sedangkan Ibunya (Klara) sangat baik kepadanya. Ibunya adalah salah satu dari sedikit orang yang benar-benar disayangi oleh Hitler. Adolf Hitler adalah anak keempat dari enam bersaudara kakak dari Hitler yaitu Gustav, Ida dan Otto meninggal saat masih bayi. Saat Hitler berusia tiga tahun, keluarganya pindah ke Passau, Jerman. Lalu, mereka pindah lagi ke Leonding dan pada Juni 1895, Ayahnya (Alois) menetap disebuah lahan kecil di Hafeld dekat Lambach, tempat keluarga Hitler menetap.

Hitler bersekolah di kota tetangga, Fischlham. Ia mulai suka mempelajari perang setelah menemukan buku bergambar tentang perang Perancis-Prusia milik ayahnya. Hitler awalnya bercita-cita menjadi seorang seniman (bukan menjadi tentara/politikus) sebagai pecinta seni , maka dia mencoba mendaftar ke sebuah Fakultas seni di Wina. Tetapi, ditolak karena nilainya yang kurang bagus. Penolakan ini membuat ia menjadi frustasi, yatim piatu, tidak ada uang sehingga kira-kira setahun menjadi gelandangan hidup dari belas kasihan orang lain dijalanan. Hitler mulai membenci orang Yahudi, kaum Imigran yang hidup lebih mewah.

Sebagai remaja, dia merupakan seorang seniman yang gagal dan kadang-kadang dalam usia mudanya dia menjadi seorang nasionalis Jerman yang fanatic. Di masa perang Dunia ke I, Hitler masuk Angkatan Bersenjata Jerman. Di tahun 1919, tatkala umurnya beranjak 30 tahun, dia bergabung  dengan partai kecil berhaluan kanan di Munich dan segera partai ini mengubah nama menjadi Partai Buruh Nasionalis Jerman ( NAZI ). Dalam tempo 2 tahun dia menanjak  menjadi pemimpin yang tanpa saingan yang dalam julukan Jerman disebut “Fuecher”

Hitler boleh dibilang gagal total merampungkan sasaran cita-cita yang manapun, dan akibat yang tampak pada generasi berikutnya malah kebalikannya dari apa yang ia kehendaki. Misalnya, Hitler bermaksud menyebarkan pengaruh Jerman serta wilayah kekuasaan Jerman. Tetapi, bersifat singkat dan sementara. Dan kini bahkan Jerman Barat dan Jerman Timur jika digabung jadi satu masih lebih kecil ketimbang Republik Jerman tatkala Hitler menjadi kepala pemerintahan.

Ditahun 1940 bulan April, Angkatan Bersenjata melabrak Denmark dan Norwegia. Bulan Mei, dia menerjang Negeri Belanda, Belgia Luxemburg pada tahun itu pula Inggris bertahan mati-matian terhadap serangan udara Jerman terkenal dengan julukan “Battle Of Britain” dan Hitler tak pernah sanggup menginjakkan kaki di Ingris.

Adolf Hitler yang diyakini tewas bunuh diri disebuah bunker pada 30 April 1945 di Berlin. Tetapi, masih dipertanyakan dan menjadi sebuah misteri. Kematian Hitler memang sangat misterius karena tidak ada saksi yang dapat menunjukan dimana mayat Hitler dan Eva Braun ( istrinya ). Menurut versi lain pada tanggal 29 April, ketika tentara Rusia telah mengepung kota Berlin, Hitler bunuh diri dengan menembakkan kepalanya dan Eva Braun bunuh diri dengan meminum pil beracun. Tidak ada yang menyaksikan kejadian itu dan sumber cerita itu hanya dari mulut ke mulut dan sebenarnya Hitler dan istrinya yang ada didalam bunker adalah palsu.

Dua buah penghargaan diraih oleh Hitler dalam perang Dunia I : Eiserne Kreuz kelas pertama dan kelas kedua. Begitu bangganya Hitler atas medali yang semata diraih atas keberaniannya di medan perang ini. Sehingga, ketika telah menjadi seorang pemimpin pun ia selalu menyematkannya di dadanya.

Mungkin tak ada tokoh dalam sejarah yang punya pengaruh begitu besar terhadap generasinya ketimbang Adolf Hitler. Di samping puluhan juta orang yang mati dalam peperangan karena ulahnya atau mereka yang mati di kampung konsentrasi, masih berjuta-juta orang terlunta-lunta tampa tempat bernaung atau yang hidupnya berantakan akibat perang.



Diadaptasi dari     :
Buku 100 tokoh paling berpengaruh di Dunia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar