Follow Us @literasi_smkn23jkt

Senin, 24 November 2014

Neil Alden Armstrong: Sang Pemecah Kebuntuan

Oleh: Rohmawati Nanda Oktaviani


Neil Alden Armstrong  Lahir di Wapakoneta, ohio- Amerika Serikat, pada tanggal 5 Agustus1930. Ayahnya bernama Stephen Koenig Armstrong dan ibunya bernama Viola Louise Engel. Ia adalah seorang keturunan Skotlandia dan Jerman. Ia mempunyai saudara yang bernama June dan Dean. Neil menikah dengan Janet Elizabeth Shearon pada tanggal 28 Januari 1956. Dari pernikahannya ini, ia dikarunia oleh 3 orang anak yaitu, Eric, Kare, dan Mark. Neil mulai menunjukan ketertarikannya pada dunia penerbangan sejak kecil. Melihat ketertarikannya ini, Stephen sang ayah mengikutkannya les penerbangan di bandara setempat. Armstrong mendapat sertifikat terbangnya pada umur 15 tahun.

Tahun 1947, Neil Amstrong masuk Purdue University. Ia mulai belajar tentang ilmu tehnik penerbangan. Tapi pada 1949 pemerintah AS memanggil warganya untuk aktip dalam tugas negara. Ia akhirnya menjadi penerbang untuk angkatan laut, dan dikirim ke korea. di tahun 1950, saat itu mulai terjadi perang Korea. Ia menerbangkan pesawat tempur jet Panther. Tahun 1952 dia kembali ke Purdue University. Di menuntaskan pendidikan dibidang ilmu penerbangan ( aeronautical engineering ), lulus di tahun 1955 dengan gelar Bachelor of science.
Awalnya karier Armstrong tidak berjalan mulus, ia beberapa kali mengalami kecelakaan kecil, namu karena ia tetap tekun dan gigih dalam berusaha ia berhasil mengendarai pesawat dengan benar. Pada tahun 23 Desember 1958 Armstrong terpilih menjadi komandon Man In Space Soonest dalam misi Apollo 11. Program Apollo adalah program luar angkasa NASA untuk mengirim orang ke bulan. Akhirnya pembenahan demi pembenahan dilakukan sampai tiba saatnya misi Apollo 11. Dalam misi Apollo 11, Armstrong ditemani oleh Buzz Aldrin. Tugas Apollo 11 adalah mendarat selamat dibulan kemudian para astronot keluar dari pesawat untuk melakukan penelitian di bulan. Pendaratan di bulan terjadi pada tanggal 1969. Armstrong adalah orang manusia pertama yang berhasil menginjakan kaki dengan selamat dibulan. Setelah itu baru disusul oleh Buzz Aldrin. Setelah melakukan penyelidikan dan mengumpulkan sampel batuan dan tanah dari bulan, tugas terahirnya adalah meninggalkan paket kecil berisi barang-barang peringatan kepada kosmot soviet Yuri Gagarin dan Vladmir Komarov, dan astronot Apollo 1 Gus Grissom, Ed white dan Roger B. Chaffee. Tidak lupa mereka juga menancapkan bendera Amerika dibulan. Setela tugas mereka selesai, mereka kemudian masuk ke modul dan menerbangkannya menuju ke bumi. Mereka kemudian mendarat di Samudra Pasifik dan dijemput oleh USS Hornet. Sesampainya dibumu mereka harus dikarantian selama 18 untuk mejamin jika mereka tidak terkena penyakit bawaan dari bulan. Kemudian mereka diark ke seluruh negeri. Banyak yang mengeluh-eluhkan mereka karna keberhasilannya.

Setelah misi Apollo 11 Neil Amstrong sudah tidak berniat lagi untuk melakukan penerbangan luar angkasa. Ia menetap sebagai Deputy Associate Administrator for aeronautics for the Office of Advanced Research and Technology (DARPA). Dia membantu di sana hanya 13 bulan. Mundur dari DARPA maupun NASA pada Agustus 1971. Kemudian ia mengajar di Departemen tehnik luar angkasa (Department of Aerospace Engineering) di Universitas Cincinnati. Selain mengajar di cincinnati dia juga mengajar di universitas lainnya, termasuk almaternya dulu, Purdue University. Amstrong mencapai gelar Professor of Aerospace Engineering (Profesor tehnik luar angkasa.) di Universitas Cincinnati. Setelah 9 tahun mengajar, tahun 1979 dia pensiun mengajar. Jabatan terakhir dibidang lain ialah chairman of the board of Computing Technologies for Aviation, a company that develops software for flight scheduling, yang dipegang dari tahun 1982 sampai 1992. Armstrong menjalani operasi tanggal 7 Agustus 2012 untuk membebaskan arteri koronernya. Ia meninggal dunia tanggal 25 Agustus 2012 di Cincinnati, Ohio, setelah mengalami komplikasi akibat berbagai prosedur kardiovaskuler tersebut.

Armstrong mendapat banyak penghormatan dan penghargaan, termasuk Presidential Medal of Freedom, Congressional Space Medal of Honor, Robert H. Goddard Memorial Trophy, Sylvanus Thayer Award, Collier Trophy dari National Aeronautics Association, dan Congressional Gold Medal. Kawan bulan Armstrong, 31 mi (50 km) dari situs pendaratan Apollo 11, dan asteroid 6469 Armstrong diberi nama sebagai bentuk penghormatan. Armstrong juga masuk dalam Aerospace Walk of Honor dan United States Astronaut Hall of Fame. Armstrong dan awak Apollo 11 merupakan penerima Langley Gold Medal dari Smithsonian Institution tahun 1999.

Di seluruh Amerika Serikat, banyak sekolah dasar dan menengah yang diberi nama Neil Armstrong sebagai bentuk penghormatan kepadanya, dan banyak tempat di dunia memiliki jalan, bangunan, sekolah, dan tempat yang diberi nama Armstrong dan/atau Apollo. Pada tahun 1969, penulis lagu rakyat dan penyanyi John Stewart merekam "Armstrong", sebagai penghormatan kepada Armstrong dan pijakan pertamanya di Bulan. Universitas Purdue mengumumkan pada Oktober 2004 bahwa gedung teknik barunya akan diberi nama Neil Armstrong Hall of Engineering in his honor; gedung ini memakan biaya $53,2 juta dan dibuka tanggal 27 Oktober 2007 pada upacara yang dihadiri Armstrong dan empat belas Astronot Purdue lainnya. Tahun 1971, Armstrong mendapat penghargaan Sylvanus Thayer Award dari Akademi Militer Amerika Serikat di West Point atas jasanya kepada negara.]Neil Armstrong Air and Space Museum terletak di kampung halamannya, Wapakoneta, Ohio, meski tidak ada hubungan resmi dengan Armstrong dan bandara New Knoxville tempat ia mengambil les terbang diberi nama Neil Armstrong.

Neil Armstrong adalah sebuah bukti nyata bahwa segala sesuatu yang kita lakukan dengan gigih dan tekun tanpa pantang menyerah akan menghasilakan hal yang luar biasa untuk diri kita sendiri bahkan orang lain. Ia membuktikan kepada kita jika kegagalan bukanlah akhir dari segalnya melainkan awal dari sesuatu yang menakjubkan.


Diadaptasi dari:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar