Follow Us @literasi_smkn23jkt

Minggu, 23 November 2014

Oprah Winfrey : Sang Ratu Talk Show Sejagad

Oleh : Lutfi Haniffah

http://media.getthefive.com/cache/uploads/article_images/oprah_2_toppick_crop.jpg
Oprah Gil Winfrey atau lebih dikenal dengan sebutan Oprah Winfrey lahir pada tanggal 29 Januari 1954 di Kosciusko, Mississippi, Amerika Serikat. Ia adalah seorang selebriti dan pengusaha Amerika yang namanya melambung setelah membawakan sebuah acara berjudul The Oprah Winfrey Show. Semasa kecil ia tinggal bersama neneknya yang cukup keras, Hattie Mae, di sebuah peternakan, karena kedua orang tuanya bercerai. Ayahnya merupakan mantan serdadu yang beralih menjadi tukang cukur, sedangkan ibunya bekerja sebagai pembantu rumah tangga.

http://media.getthefive.com/cache/uploads/article_images/oprah_2_toppick_crop.jpgKetika berusia enam tahun, Oprah kembali diasuh oleh ibunya, Venita. Ia tinggal di Milwaukee, disana Oprah masih sangat miskin, ia harus tinggal satu kamar bersama ibu dan dua saudara tirinya. Setiap hari ibunya meninggalkan Oprah dan saudara-saudaranya pagi sekali dan baru pulang pada malam hari, sehingga ia tidak memiliki waktu untuk keluarganya.

Agar ibunya memperhatikannya, Oprah sering kabur dari rumah. Pada usianya yang ke Sembilan, ia mengalamai pelecahan seksual oleh sepupunya yang berusia 19 tahun yang sedang bertugas menjaganya. Oprah yakin itu kesalahannya dan tidak menceritakannya kepada siapapun.

Menginjak usia 14 tahun, Oprah hamil dan bayinya meninggal tidak lama setelah dilahirkan. Dan Oprah pernah  melarikan diri selama satu minggu, setelah kejadian itu, kemudian ibunya memutuskan untuk mengirim Oprah tinggal bersama ayahnya. Oprah benar – benar takut pada ayahnya, dan ia sampai bersumpah, jika ia sanggup tinggal bersama ayahnya, ia akan mengubah hidupnya, ia akan menunjukkan siapa dia yang sebenarnya.

Selama Oprah tinggal bersama ayahnya, dia membenci aturan yang ditetapkan oleh ayahnya, yaitu setiap minggu ia diharuskan membaca buku dan membuat laporan atau ringkasan kepada ayahnya dan menanyakan kepada ayahnya kosa kata baru. Namun ternyata inilah yang ia perlukan, orang tua yang membuat peraturan dan menerapkannya dengan tegas, tapi juga memberikan cinta dan perhatian yang diinginkannya. Oprah pun bangkit.

Pada usia 16 tahun, berkat didikan ayahnya nilai Oprah meroket, tak hanya itu ia juga menjadi lebih ramah dan popular dari sebelumya. Kemudian ia diundang menajdi pembicara di suatu gereja di Los Angeles. Kecerdasaannya menghantarkan dirinya ke Gedung Putih untuk mendapatkan beasiswa melanjutkan ke bangku kuliah. Tidak hanya cerdas ia juga cantik dan kecantikannya membuatnya menjadi salah satu pemenang di sebuah kontes kecantikan.


Pada usia 17 tahun, Oprah memulai kariernya sebagai seorang penyiar berita di sebuah stasiun radio local. Bahkan ia memperoleh bayaran yang cukup besar pada zaman itu tiap minggunya. Pada usianya yang ke 19, ia ditemukan oleh sebuah stasiun televise di Nashville untuk dipekerjakan sebagai wartawan dan penyiar berita. Ia adalah wanita negro pertama dan termuda sebagai pembaca berita stasiun TV local, ia memulai debutnya dalam acara People Are Talking.

Pada 1984, Oprah mendapat terobosan besar. Dia diminta menajadi pemandu acaranya sendiri di Chicago berjudul The Oprah Winfrey Show. Acara ini membuatnya menjadi wanita berkulit hitam yng bangkit dari kemiskinan dan menjadi bintang.

Tidak sampai disitu saja, pada bulan April tahun 2000, Oprah dan Majalah Hearts memperkenalkan O, The Oprah Magazine. Majalah tersebut menjadi majalah sukses dalam penerbitan dengan sirkulasi 2.3 juta pembaca setiap bulannya.
Oprah kemudian merealisasikan impian masa kanak – kanaknya untuk menajdi bintang film, dengan berakting dalam drama milik beberapa penulis besar. Ia juga menjadu produser Broadway Theatre “The Color Purple”, membuat situsnya sendiri (Oprah.com) dan memiliki radio satelit Oprah and Friends.

O, The Oprah Magazine )

Selanjutnya, Oprah pernah beberapa kali mendapatkan penghargaan, salah satunya pada tahun 2004 ia mendapat penghargaan global aksi – aksi kemanusiaan dari asosiasi PBB Amerika. Selain itu ia juga mendirikan yayasan untuk membantu sesama yang kurang beruntung, yakni The Angel Network. Kini ia tinggal di Chicago, Illinois, Amerika Serikat dan ia memiliki kekasih bernama Stedman Graham.

Oprah Winfrey, merupakan seorang wanita kulit hitam dan miskin namun karena keinginannya untuk sukses akhirnya ia berhasil membuktikan pada dunia bahwa apapun latar belakang serta masa lalu seseorang, mereka tetap memiliki hak untuk sukses dalam hidupnya. Karena pada dasarnya kesuksesan itu adalah hak semua orang.

Diadaptasi dari :
 diakses pada tanggal, 15 November 2014.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar