Follow Us @literasi_smkn23jkt

Minggu, 23 November 2014

Audrey Hepburn : Wanita Cantik Sepanjang Masa

Oleh : Rizki Fikriyah

Audrey Hepburn lahir pada tanggal 4 May 1929 di Brussels, Belgium. Nama kelahirannya adalah Audrey Kathleen Ruston. Dia adalah seorang aktris, humanis dan fashion icon. Ayahnya, Joseph Victor Anthony Ruston, adalah orang Inggris yang lahir di Bohemia. Ibunya Ella Van Heemstra adalah seorang Belanda. Pada masa kecilnya, Audrey harus menghadapi perang dunia kedua. Pada tahun 1937, Audrey dan ibunya pindah ke Kent, Inggris. Pada September 1939, Audrey dan Ibunya pindah ke Arnhem. Kesusahan pada saat perang mengakibatkan Audrey untuk mempunyai kekurangan gizi, anemia parah, masalah pernapasan dan oedema. Orangtua Audrey cerai setelah ibunya mengetahui bahwa ayahnya berselingkuh dengan pengasuh anak-anaknya.

Pada tahun 1944, Audrey menjadi penari balet yang ahli. Dia sering mengadakan pertunjukan kecil untuk mengumpulkan duit untuk Dutch Resistance. Pada tahun 1945, dia melanjutkan pelajaran baletnya dengan Sonia Gaskell, penari balet terkenal di Belanda. Pada tahun 1948, Audrey tampil pertama kalinya dalam sebuah film, sebagai pramugari.

Pada tahun 1951, Audrey mempunyai peran kecil dalam beberapa film. Film pertama yang dia menjadi peran pendukung pertama adalah “The Secret People” pada tahun 1952. Hepburn ditemukan oleh beberapa orang lain dan menjadi bintang Boardway. Hepburn mendapatkan Theatre World Award, Academy Award, BAFTA Award, Tony Award dan Golden Globe Award untuk film-film yang dia bintangi.
                
Pada sebuah pesta, Audrey bertemu dengan Mel Ferrer, seorang actor. Pada tanggal 25 September 1954, Audrey dan Mel Ferrer menikah di Bugestock, Switzerland. Audrey mengalami dua keguguran. Keguguran pertama terjadi pada Maret 1955 dan yang kedua terjadi pada tahun 1959. Dia melahirkan anak ketiganya, seorang anak laki-laki yang bernama Sean Hepburn Ferrer pada 17 Juli 1960. Hepburn mengalami keguguran setelahnya, pada tahun 1965 dan 1967. Pada Desember 1968, Audrey bercerai dengan Mel setelah 14 tahun.
                
Audrey juga membintangin film Breakfast at Tiffany’s dan memainkan peran Holly Golightly dan diberi penghargaan Academy Award. Film Breakfast at Tiffany’s adalah film yang paling terkenal yang Audrey bintangi. Pada awal filmnya, Audrey memakai gaun hitam yang menjadi salah satu baju yang paling iconis sepanjang abad kedua puluh tahun dan juga gaun hitam yang paling terkenal.
                
Pada bulan Juni 1968, Audrey diundang oleh Princess Olimpia untuk pelayaran. Dalam pelayaran itu, Audrey bertemu dan jatuh cintan dengan Andrea Dotti, seorang psikiater dari Italia. Dia menikah dengannya pada tanggal 18 Januari 1969. Pada tanggal 8 Februari 1970, dia melahirkan anak keduanya, Luca Dotti. Pada tahun 1974, Audrey mengalami keguguran lagi. Sayangnya, Andrea ketawan bercerai dengan wanita yang lebih muda. Pernikahan keduanya berakhir pada tahun 1982.
                
Setelah menjadi aktris, Audrey juga meluangkan waktu untuk karier humanisnya. Audrey menjadi duta “Goodwill”untuk UNICEF pada tahun 1989. Presiden George Bush juga memberikan penghargaan “Presidensial Medal of Freedom”.
                
Misi lapangan pertama yang Audrey ikut untuk UNICEF terjadi pada tahun 1988 di Ethiopia, Afrika. Setelah itu, Audrey mengikuti banyak misi lapangan yang lain. Dia pergi ke Turki, Venezuela, Horduras, El Salvador, Guatemala, Sudan, Bangladesh dan banyak tempat. Ia pernah bantu memvaksin seluruh Turki dalam 10 hari, membantu orang membangun rumah, mendistribusikan makanan dan banyak cara lain.
                
Pada bulan September 1992, 4 bulan sebelum dia meninggal, Audrey pergi ke Somalia. Hepburn melihat banyak hal yang membuatnya frustasi dan sedih, tetapi dia masih percaya bahawa suatu hari, kita bisa memperbaiki masalah-masalah di dunia ini. Setelah Audrey balik dari perjalanannya ke Somalia pada bulan September 1992, dia mulai merasa sakit pada bagian perutnya. Dia pergi ke Los Angles pada bulan Oktober dan mengetahui bawa dia di diagnosis dengan kanker perut yang sudah menyebar dari usunya. Keluarganya memutuska bahwa mereka akan balik ke Switzerland untuk merayakan Natal Audrey yang terakhir.
                
Pada malam 20 Januari tahun 1993, Audrey meninggal dalam tidurnya di rumah. Pemakamannya terjadi pada tanggal 24 Januari 1993 di sebuah gereja yang terletak di Tolochenaz, Switzerland. Andrea Dotti, Mel Ferrer, kedua anaknya, pacaranya, Robert Wolders, saudaranya, Ian Quarles Van Ufford dan beberapa actor yang lain hadir.

Academy of Motion Picture Arts and Sciences memberinya Jean Hershlot Humanitarian Award setelah dia meninggal. Pada tahun 2002, UNICEF memperlihatkan sebuah patung di New York yang bernama “The Spirit of Audrey”.
                
Walaupun Audrey diketahui sebagai aktris dan fashion icon yang terkenal, dia lebih dihargai sebagai humanis. Dedikasi yang ia punyai untuk UNICEF dan cintanya untuk anak-anak sekeliling dunia adalah hal yang membuatnya luar biasa. Masa kecilnya yang susah mendorongnya untuk melakukan hal baik untuk dunia. Audrey adalah seseorang yang orang-orang dari masa apapun bisa menghormati dan mengagumi. Dia memberi contoh bahwa popularitas dan kekayaan tidak mengganti gairah dan kepercayaan.

Diadaptasi dari:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar