Follow Us @literasi_smkn23jkt

Senin, 24 November 2014

Cheguevara Pejuang Revolusi

Oleh: Risky Syahputra

Ernesto Guevara Lynch de Laserno adalah nama asli Che Guevara dia lahir di Rasonio, Argentina., 14 Juni 1928 dan meninggal di Bolivia, 9 Oktober 1967. Dia adalah pejuang revolusi marxis Argentina dan seorang pemimpin Gerilya Kuba.

Sejak umur dua tahun Che Guevara mengidap penyakir asma, pendidikan dasar dia dapatkan sebagian dari ibunya. Memasuki sekolah menengah di Calegio Nacional De'an Funes, di sekolah itu dia menjadi siswa terbaik dalam bidang sastra dan olahraga.

Pada tahun 1949 ia memulai perjalanannya yang pertama kali, dan disitulah dia bersentuhan langsung dengan orang miskin dan sisa suku Indian, kemudian setelah menempuh ujian semester Che ditemani oleh sahabatnya memulai perjalanan yang lebih jauh. Ia mengunjungi Amerika Selatan, Chili.

Pada masa revolusi nasional, ia pergi ke Bolivia disana dia dituduh sebagai seorang oportunis, dari situ ia melanjutkan perjalanan untuk mencukupi kebutuhan dia menulis artikel arkeologi.

Dia bergabung dengan pengikut Castro di rumah-rumah petani tempat para pejuang revolusi kuba dilatih perang Gerilya secara keras dan profesional oleh Kapten tentara Republik Spanyol Alberto Bayo.

Pada bulan Juni 1956 mereka menyerbu kuba. Dia adalah pahlawan revolusioner yang paling pandai, agresif dan paling displin kejam. Pada saat Revolusi dimenangkan, Guevara merupakan orang kedua setelah Fidel Casito dalam pemerintahan baru kuba.

Pada tahun 1955 Guevara menikahi Hilda Gaeda. Pada 12 Juni !955 belum genap enam bulan sesudah Revolusi kuba meraih kemenangan. Castro mengutus Che selama tiga bulan untuk mengunjungi 14 negara Asia, kebanyakan negara peserta konterensi Asia Afrika di Bandung tahun 1960. Pada rentang tiga bulan inilah Che berkunjung ke Jakarta dan menyempatkan ke Borobudur.

Penentangan resminya terhadap komunis Uni Soviet tampak ketika dalam organisasi untuk solidaritas Asia Afrika di Aljazair menuduh Uni Soviet sebagai kaki tangan imperialisme dengan berdagang, tak hanya dengan negara. Negara komunis dan memberikan bantuan pada negara berkembang.

Sikap che yang tidak kenal kompromi pada dua negara kapitalis mendorong negara komunis untu memaksa castro membrhentikan che bukan secara resmi tetapi secara nyata. Untuk beberapa bulan pun tempat tinggalnya dirahasiakan dan kematiannya diisukan.

Petualangan revolusioner terakhir che adalah di Bolivia, karena ia salah memperkirakan potensi negara itu yang mengakibatkan konsekuensi yang buruk. Tertangkapnya che oleh oleh tentara bolivia pada 8 Oktober 1967 adalah akhir dari segala usahanya dan hukuman tembak dijatuhkan sehari setelah itu. Pada tanggal 12 Juli 1997 jenazahnya dikuburkan kembali dengan upacar kemiliteran di santa clara.

Che Guevara menjadi legenda dia dikenang karena keganasannya, penampilannya yang romantis, gayanya yang menarik, sikapnya yang tak kenal kompromi dan penolakan atas penghormatan berlebihan reformasi murni. Berbagai tokoh sastra musik dan seni telah mempersembahkan komposisinya untuk Che Guevara salah satunya puisi Tristeza en la muerte de un heroe (kesedihan karena kematian seorang pahlawan).

Diadaptasi dari :
http://id.wikipedia.org/wiki/Che_Guevara diunduh pada 14 November 14 pukul 20.00 WIB

Tidak ada komentar:

Posting Komentar