Follow Us @literasi_smkn23jkt

Minggu, 23 November 2014

Helen Keller : Wanita Tangguh yang Berjasa

Oleh : Putri Krisdiyanti


Helen Adam Keller atau biasa disebut dengan Helen Keller lahir di Tuscumbia, Alamba, AS pada 27 Juni 1880. Nama ayahnya adalah Arthur Henlley Keller dan ibunya Kate Adams Keller. Ayah Helen meninggal dunia setelah ia berhasil bersekolah di Universitas Harvard. Dan setelah lulus kembali datang berita duka bahwa ibunda Helen meninggal dunia. Pada bulan bulan Oktober 1936, Anne Sullivan yang telh menjadi guru terbaik Helen, meninggal dunia pada usi 70 tahun. Helen Keller menjadi buta dan tuli pada usia 19 bulan setelah jatuh sakit keras. Penyakit yang diderita adalah scarlet, meningitis atau rubela (campak). Namun ia anak yang tabah dan selalu ingin tahu.

            Ia dimasukan ke sekolah Boston. Di sana Helen terus menimba ilmu dengan semangat. Dengan semangatnya, ia berusaha masuk Universitas Harvard khusus putri cabang Universitas Radcllife College. Pada tahun 1904, Helen berhasil lulus perguruan tinggi dengan predikat Magna Cum Laude. Ia adalah tuna netra dan tuna rungu pertama yang berhasil lulus perguruan tinggi.

Setelah lulus Helen memulai tur keliling dunia untuk membantu orang buta dan tuli lainnya. Sepanjang hidupnya Helen berusaha berkampanye secara internasional guna memperbaiki fasilitas umum para penyandang tuna netra dan tuna rungu. Ia membuat dua film tentang kehidupannya sendiri. Pertama adalah  tahyn 1919 dan yang kedua adalah Helen Keller in Her Story.

Pada masa kuliah, Helen menulis buku berjudul “Kehidupan Saya” atas undangan sebuah majalah. Keinginannya pun terwujud cepat. Ia berhasil memenangkan piala oscar pada tahun 1955.

Wanita agung yang seluruh hidupnya berada dalam kesunyian dan kegelapan namun gigih memperjuangkan sesama, meninggal di Westport pada usia 87 tahun 1 Juni 1968.

Ia adalah anak yang cerdas, namun Helen sangat susah diatur. Ia sangat liar dan tidak patuh pada orang lain. Lalu Helen diajarkan etika makan dan patuh pada orang yang lebih tua oleh Anne sang guru.

Helen Keller seorang wanita tuna netra dan tuna rungu yang membantu orang buta dan tuli di seluruh dunia. Meskipun ia mederita penyakit yang cukup parah, tetapi Helen anak yang tabah dan selalu ingin tahu degan semangatnya, ia belajar komunikasi dengan jari-jari tangannya. Helen membaca huruf Braille dan berusaha bicara keras-keras. Ia berjuang mengatasi cacat fisiknya sedemikian rupa sehingga akhirnya ia mampu lulus sarjana dari sebuah perguruan tinggi terkemuka di AS.

Diadaptasi dari : 
1. http://id.wikipedia.org/wiki/Helen_Keller
2. http://biografi-center.blogspot.com/2011/04/helen-keller.html




Tidak ada komentar:

Posting Komentar