Follow Us @literasi_smkn23jkt

Minggu, 23 November 2014

Michael Faraday: Bapak Listrik Sedunia


Oleh : Bio Gustri Windia



Michael Faraday lahir di Newington Butts,London,Britania Raya,Inggris, 22 september 1791. Keluarganya pindah ke London pada musim dingin tahun 1790, dan pada musim tahun itu Faraday dilahirkan. Dia terlahir dari keluarga yang kurang mampu, ayahnya seorang tukang besi maka tak heran jika Faraday hanya sedikit mengenyam pendidikan formal. Pada usia 14 tahun ia sudah membantu keluarganya dengan magang di toko buku,sebagai penjual dan penjilid buku. Selama tujuh tahun bekerja memberikan ia kesempatan untuk membaca banyak buku terutama buku tentang fisika,kimia(sains). Dia hidup sederhana bersama istrinya. Ia tidak memiliki anak dari perkawinannya tersebut.

Saat usia 20 tahun, Faraday berhenti magang dan sering pergi mendengarkan sejumlah ceramah oleh ilmuwan Inggris terkenal lainnya, diantaranya yaitu Sir Humphry Davy yang merupakan ahli kimia dan seorang kepala laboratorium dari Royal Institution. Setiap ceramah yang diikutinya,ia selalu membuat catatan dengan teliti dan meyalinnya kembali. Kemudian salinan itu ia kirimkan kembali ke Humphry Davy dan tidak lupa dilampirkan surat lamaran pekerjaan. Akhirnya ia menjadi asisten Davy saat ilmuwan itu mengalami gangguan pada penglihatannya dari nitrogen trichlorido.

Faraday pun mengalami kemajuan yang pesat berada di bimbingan Davy. Dia memulai kerjanya pada bidang kimia dan ia berhasil  menemukan dua senyawa kloro-karbon, dia juga berhasil membuat gas lainnya menjadi cair, meyelidiki campuran baja dan membuat beberapa jenis kaca baru untuk optika. Pencarian gas klorin bertujuan untuk menetapkan bahwa gas adalah uap dari cairan yang memiliki titik didih rendah dan memberikan konsep dasar yang pasti tentang pengumpulan molekul. Ia juga telah menentukan komposisi dari klorin klakrat hidrat.

Faraday pun orang yang pertama menentukan Bunsen Burner yang kini digunakan secara luas di seluruh dunia, ia juga penemu Hukum Elektrolisis dan mempopulerkan istilah anode,katode,elektrode sertation.  Dia juga orang pertama yang mempelajari tentang logam  nanopartikel. Karena kecerdasannya itu , dia bisa berhubungan dengan ahli-ahli ternama lainnya seperti  Andrea Marie Ampere. Dia juga diajak oleh Davy untuk keliling Eropa bersama-sama.

Pada tahun 1821, Faraday mengemukakan sebuah penemuan pertama yang penting di dunia kelistrikan. Dia pun menciptakan motor listrik yang pertama di dunia, yaitu sebuah rangkain pertama yang memakai aliran listrik sebagai sumber penggerak benda. Sejak penemuannya itu ia mendapat julukan “Bapak Listrik” yang merupakan seorang ilmuwan otodidak. Penemuannya diakui sebagai gerbang utama menuju era modern kelistrikan.

Dua tahun sebelum itu, Christian Orsted mempublikasikan fenomena elektromagnetisme. Dari sinilah Faraday kemudian memulai penelitian yangt bertujuan untuk membuat alat yang dapat menghasilkan “Rotasi Elektromagnetik” salah satu alat yang berhasil ia ciptakan adalah homopolar motor. Pada tahun 1831 atas pennemuannya dia membuat doktrin, ketika megnet didekatkan yang berjalan adalah kawat. Kawat tersebut bakal secara berkelanjutan memutar berapit dengan magnet selama aliran listrik masih mengalir di kawat, yang kemudian dikenal sebagai induksi timbal-balik. Hasil percobaan ini menghasilkan bahwa “perubahan pada medan magnet dapat menghasilkan medan listrik” yang kemudian dibuat model matematikanya oleh James Clerk Maxwell dan temuan ini dikenal sebagai  “Hukum Faraday”.

Temuan tersebut merupakan sebuah temuan yang penting dan awal mula sejarah penemuan listrik. Karena hukum Faraday mempunyai makna besar dengan pemahaman teoritis tentang elektromagnetrik dan elektromagnetik dipakai oleh Faraday ketika membuat dinamo listrik pertama kalinya.

Gb.Dinamo listrik
Pada tahun 1845 dia menemukan bahwa banyak materi menunjukan penolakan yang lemah dari sebuah medan listrik. Peristiwa ini lah yang ia beri nama “Diagmatisme”. Faraday juga menemukan bahwa bidang polarisasi dari cahaya terpolarisasi linier dapat diputar dengan penerapan dari sebuah bidang magnet eksternal searah dengan gerak cahaya disebut dengan “Efek Faraday”.

Pada tahun 1862, Faraday menggunakan sebuah spektroskop untuk mencari  perbedaan perubahan cahaya, perubahan dari garis-garis spektrum dengan menerapkan medan magnetik. Tetapi peralatan yang dia gunakan saat itu belum memadai, sehingga tak cukup untuk menentukan perubahan spektrum yang terjadi. Kemudian penelitian ini dilanjutkan oleh Peter Zeeman  kemudian ia mempublikasikan hasilnya tahun 1897 dan menerima Nobel Fisika pada tahun 1902 berkat referensi dari Faraday. Akhirnya pada tanggan 25 agustus 1867 Michael Faraday meninggal  di pengadilan Hampton, Middlesex, Inggris dekat dengan kota London pada usia 75 tahun.

Michael Faraday sang penemu listrik merupakan salah satu pengukir sejarah dunia ini dikenal dengan sosok yang sangat sederhana dan beliau menolak pemberian gelar bangsawan oleh kerajaan Inggris dan menolak dijadikan ketua British Royal Soceity.

diadaptasi dari :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar