Follow Us @literasi_smkn23jkt

Minggu, 23 November 2014

Bill Gates Sang Miliuner Yang Dermawan

Oleh : Stefany


William Henry "Bill" Gates III atau yang dikenal sebagai Bill Gates lahir di Seatle, Washington, Amerika pada tanggal 28 Oktober 1955. Bill Gates merupakan bisnisman, penemu, pengarang, programer komputer, investor dan philiantropist yang berasal dari Amerika. Bill Gates merupakan seorang multi miliuner yang namanya selalu berada diurutan pertama daftar orang-orang terkaya di dunia. Bill Gates adalah orang yang mendirikan Microsoft, sebuah perusahaan perangkat lunak terbesar di dunia rekannya Paul Allen.

Gates lahir dari pasangan William H. Gates dan Mary Maxwell Gates. Gates berasal dari kalangan menengah ke atas, ayahnya seorang pengacara terkemuka sedangkan ibuya adalah direktur First Interstate BancSystem. Sejak dari kecil orang tua Gates menerapakan kompetisi dalam mendidiknya, Gates akan mendapatkan hadiah jika ia memenangkan sesuatu, tetapi akan mendapatkan hukuman jika dia kalah.

Pada umur 13, Gates masuk ke Lakeside School, sebuah sekolah lanjutan eksklusif di Seatle, Washington. Gates untuk pertama kalinya tetarik dan jatuh cinta pada dunia pemorgraman komputer disana. Bahkan dia telah memnulis program komputer pada saat itu. Gates bersama temannya Paul Allen, Ric Weiland dan Kent Evans pernah dibanned oleh Computer Center Corporation (CCC) karena menyebarkan bugs untuk mendapatkan waktu gratis menggunakan komputer.

Dari situlah pengetahuan Bill Gates akan bahasa pemrograman berkembang. Pada tahun berikutnya, sebuah perusahaan pemrograman yang bernama Information Sciences, Inc. Mendengar kepiawaian empat sekawan ini dan mempekerjakannya untuk menulis program sistem pembayaran gaji dengan menggunakan bahasa COBOL, selain mendapat royalti, mereka juga diizinkan memakai komputer kantor selama mungkin.

Pada tahun 1973 Bill Gates lulus dari Lakeside School dengan nilai yang hampir sempurna, kemudian Bill Gates melanjutkan pendidikannya dengan berkuliah di Harvard University namun Bill Gates sudah terlanjur menyibukkan diri dengan menulis bahasa pemrograman sehingga kuliahnya di Harvard pun tak dilanjutkannya. Gates malah lebih senang menghabiskan waktunya bersama teman sekolahnya dulu yaitu Paul Allen.

Pada tahun 1974 MITS Altair 8800 berbasis CPU Intel 8080 baru saja diluncurkan, dari situlah berkembang idenya untuk mendirikan perusahaan perangkat lunak dengan menggandeng Paul Allen sebagai mitranya. Bill Gates kemudian menghubungi MITS dan menawarkan operating system berbasis BASIC yang dapat dipakai sebagai platformnya. MITS pun menyetujuinya. Sistem operasi pertamanya ini dinamai Altair Basic. Dan Bill Gates bersama Paul Allen memberikan nama pada perusahaan softwarenya dengan nama “Micro-soft” lalu tanda sambung itu dilain waktu akhirnya dihilangkan sehingga sampai sekarang menjadi “Microsoft” dan Bill Gates menjadi pemegang saham pribadi terbesarnya.

Sejak tahun 1993 hingga 2007 Bill Gates selalu dinobatkan sebagai orang terkaya di planet ini dengan total kekayaan pernah mencapai $101 miliar dolar namun tahun 2000 menurun harga sahamnya karena adanya kasus dot com. Pda tahun 2010 Bill Gates sempat dikalahkan oleh Carlos Slim Helu seorang Taipan Meksiko namun pada tahun berikutnya dan sampai sekarang ia kembali lagi menempati urutan pertama. Sebenarnya Bill Gates kurang nyaman dengan predikat sebagai orang terkaya di dunia karena hal itu sangat mengganggunya, ia tidak suka perhatian yang muncul akibat predikat tersebut. Yang paling penting bagi ia adalah selalu berinovasi dan berprestasi di bidangnya.

Bill Gates menikah dengan Melinda French pada tanggal 1 January 1994. Dari pernikahannya tersebut, Gates di karuniahi 3 orang anak yaitu, Jennifer Katharine (1996), Rory John (1999) dan Phoebe Adele (2002). Gates tekenal dengan kedermawananya, bersama istrinya dia mendirikan yayasan amal yang dinamakan Bill and Mellinda Gates Foundation di tahun 2000. Yayasan amal yang pada tahun 2013 dinobatkan sebagai yayasan dengan aset kekayaan yang bisa diamalkan hingga 34.6 Triliun dolar. Bill Gates juga menyatakan bawah separuh kekayaannya akan ia sumbangkan untuk amal.

Bill Gates tidak membangun kesuksesannya dalam satu malam tapi bertahun-tahun. Benar jika dia beruntung dilahirkan dari orang tua yang kaya dan memiliki otak cerdas namun jika tanpa kerja keras dan kerja cerdas serta visi yang tinggi tak mungkin ia bisa sesukses sekarang ini. Bisa saja ia waktu kecil tak menyadari potensinya dan akhirnya berkembang menjadi orang yang pertengahan saja seperti orang tuanya namun ia memilih untuk berkembang menjadi orang yang luar biasa dan unik. Usaha dan kerja kerasnya didukung oleh visi yang tinggi membuatnya meraih kesuksesan seperti saat ini, jadi bukan hanya faktor keberuntungan saja.

Diadaptasi dari : 
  1. http://kolom-biografi.blogspot.com/2009/01/biografi-bill-gates.html
  2. http://www.zonasiswa.com/2014/04/biografi-tokoh-dunia-bill-gates.html 
  3. http://biografi-orang-sukses-dunia.blogspot.com/2013/09/biografi-bill-gates-orang-    terkaya.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar