Follow Us @literasi_smkn23jkt

Minggu, 23 November 2014

Steve Jobs Sang Maestro Teknologi

Oleh : Merry Angellita

Steve Jobs atau Steven Paul Jobs terlahir dengan nama Abdul Latief Jandali. Steven Paul Jobs lahir di San Francisco, California, Amerika Serikat, 24 Februari 1955. Dilahirkan di San Francisco oleh ibunya Joanne Simpson dan ayahnya AbdulFattah Jandali mahasiswa tamu dari Syria yang kemudian menjadi profesor ilmu politik. Sejak bayi beliau diadopsi Paul dan Clara Jobs dari Mountain View, Santa Clara Country California. Orang tua angkat inilah yang memberikan nama Steven Jobs. Orang tua biologisnya kelak menikah dan memberinya adik perempuan bernama Mona Simpson yang kini terkenal sebagai Novelis.
Beliau melewati masa SMP dan SMU di Curpetino, California, seringkali setelah jam sekolah mengajar di Hewlett Packard Company di Palo Alto, California. Maka tak heran setelah itu Ia dan Steve Wozniak segera menjadi pekerja paruh waktu di perusahaan ini. Di tahun 1972, Jobs lulus dari SMA Homestead di Curpetino, California dan diterima di Reed College di Portland, Oregon, tetapi dikeluarkan atau drop out setelah satu semester. Tetapi Ia segera mendaftar ke Reed College salah satu hal yang dipelajari di sini yaitu kaligrafi. "Jika saya tak pernah dikeluarkan dari tempat belajar hanya satu semester mungkin Mac saat ini tak akan memiliki multiple typefaces atau font-font yang proposional," katanya.
Ditahun 1976, Jobs, usia 21, dan Wozniak, 26 tahun, mendirikan Apple Computer Co. di garasi milik keluarga Jobs. Walaupun Jobs sangat persuasif dan karismatik bagi Apple, banyak yang menganggap dia sebagai pemimpin yang gampang berubah pikiran dan beremosi tinggi. Ditahun 1985, setelah banyak menyebabkan masalah kepemimpinan di dalam Apple, Sculley memberhentikan Jobs dari jabatannya dan mengusirnya dari Apple.
Setelah keluar dari Apple, Jobs mendirikan sebuah perusahaan komputer lagi NeXT komputer yang seperti Lisa, NeXT tergolong sangat maju dalam hal teknologi, tetapi tidak pernah menjadi terkenal, kecuali di lingkup riset sains. Namun NeXT membantu memajukan teknologi-teknologi seperti progran object-oriented, PostScript, dan perangkat magneto-optical. NeXT untuk membuat sistem pendidikan dengan harga yang terjangkau, menemukan bahwa menjual software lebih baik dari pada menjual hardware. Ditahun 1996, Apple membeli NeXT seharga AS$402 juta, dan membawa Jobs kembali ke perusahaan yang Ia dirikan. Ditahun 1997 Ia menjadi pemimpin sementara di Apple setelah kepergian Gil Amelio.
Jobs juga memimpin Pixar Animation Studios, sebuah perusahaan komputer animasi terkemuka di dunia layar lebar. Belakangan ini, Apple mulai mengembangkan sayapnya. Dengan pengenalan iPod alat musik portabel, piranti lunak iTunes, dan iTunes Music Store, perusahaan tersebut melakukan gebrakan dibidang peralatan elektronik pribadi dan musik online. Sambil merangsang inovasi, Jobs juga mengingatkan bawahannya bahwa "artis tulen membuahkan hasil" (real artist ship) yang maksudnya adalah menghasilkan karya-karya dengan tepat waktu sama pentingnya dengan inovasi dan produk jitu.
Jobs bekerja di Apple selama beberapa tahun dengan gaji AS$1/tahun. Karenanya Ia tercatat di buku Guinness World Record sebagai "Pemimpin perusahaan dengan gaji terendah" (Lowest Paid Chief Executive Offier). Setelah Apple mulau meraih laba penjualan kembali, perusahaan tersebut melepaskan gelarnya sebagai pemimpin sementara. Jobs telah menjadi multi-jutawan sebelum berumur 30 tahun. Saat ini penghasilannya di Apple adalah AS$219 juta, menurut sebuah artikel yang ditulis di situs Bloomberg ditahun 2003.
Pada Agustus 2004 Jobs cuti karena kanker pankreas yang kemungkinan tidak dapat diselamatkan. Pada 24 Agustus 2011 pendiri sekaligus presiden (CEO) Apple Inc Steven Paul Jobs akhirnya resmi memutuskan untuk mengundurkan diri. Sebelum mengundurkan diri Jobs memilih Tim Cook dan menyerahkan posisi CEO kepada Tim Cook. Pada tanggal 5 Oktober 2011 Steve Jobs meninggal. Setelah bergulat dengan kanker pankreas yang telah mengerogoti tubuhnya selama beberapa tahun terakhir.
Steve Jobs adalah tokoh utama di industri komputer yang dikenal sebagai pemimpin yang sangat persuasif dan karismatik. Jobs juga dikenal gampang berubah pikiran dan beremosi tinggi. Steve Jobs dinobatkan sebagai CEO terbaik se Amerika. Hingga kini beliau masih dikenang oleh masyarakat dunia karena karya-karyanya. Steve Jobs dikenal sebagai legenda di Apple bahkan bisa dibilang maestro teknologi yang paling inovatif abad ini. Sang maestro memiliki prinsio yaitu "Stay hungry, stay foolish". Selamat jalan sang maetro.


Diadaptasi dari :
  1. http://biografi-orang-sukses-dunia.blogspot.com/2013/09/biografi-steve-jobs-pendiri-apple.html
  2. http://kolom-biografi.blogspot.com/2009/10/biografi-steve-jobs-pendiri-apple.html  
diakses pada 9/11/2014 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar