Follow Us @literasi_smkn23jkt

Kamis, 01 Desember 2016

Stave Jobs : " Seorang tokoh bisnis dan pendiri Apple Computter di Amerika ".


DISUSUN OLEH : PUSPA MAYANGSARI
  1. Staven Paul Jobs lahir pada 24 Februari 1955 di San Francisco, California, Amerika Serikat. Ketika lahir Jobs memiliki nama Abdul Lateef Jandali hingga akhirnya berubah ketika diadopsi oleh Reinhold dan Clara Jobs dari Mountain View, California, yang kemudian menamainya Steven Paul. Saat Stevenmasih balita, pasangan Reinhold dan Clara mengajaknya pindah ke Santa Clara Country, yang kemudian dikenal sebagai Silicon Valley. Disana mereka mengadopsi bayi perempuan yang bernama Patti.
  2. Orang tua kandung Jobs bernama Abdulfattah Jandali (Ayah), seorang sarjana asal Suriah yang kemudian menjadi professor ilmu politik, dan bernama Joanne Calore Schieble (Ibu), seorang sarjana berkebangsan Amerika Serikat yang kemudian menjadi patolog bahasa wicara yang kemudian menikah, melahirkan dan membesarkan adik kandung Jobs, yaitu novelis Mona Simpson.
  3. Jobs bersekolah di Cuperto Junior High School dan Homestead High School di Cupertino, California ia terdaftar di kelas elektronik yang paling popular di sekolah itu. Kemampuan Jobs berkembang pesat pada saat itu. Di sana ia juga bertemu dengan Steve Wozniak yang memiliki minat yang sama dengan Jobs di bidang elektronik. Ia sering menghadiri kuliah setelah sekolah diHewlett-Packard Company di Palo Alto, California. Pada tahun 1972, Jobs lulus dari sekolah menengah atas dan mendaftar masuk Reed College di Portland, Oregon, namun ia hanya selama satu semester (6 bulan) di Reed College karena drop out. Kemudian ia melanjutkan audit kelasnya di Reed. Seperti kelas kaligrafi. Jobs kemudian berkata, “Jika aku tidak menghadiri kuliah tunggal di perguruan tinggi itu, maka Mac tidak akan memiliki beragam huruf cetak ataupun huruf dengan spasi sejajar 
  4. Pada musim gugur 1974, Jobs kembali ke California dan mulai menghadiri pertemuan Homebrew Computer Club bersama Wozniak. Ia mengambil pekerjaan sebagai teknisi di perusahaan Atari, sebuah perusahaan pembuat berbagai permainan video popular, denga  tujuan utama mengumpulkan uang untuk melakukan perjalanan spiritual ke India. Pada tahun1976, Steve Jobs, Steve Wozniak dan Ronald Wayne, mendirikan Apple Computer co. dengan pendanaan dari manajerpemasaran produk dan teknisi semi-pensiun Intel A.C Mike Markkula Jr. sebelumnya mendirikan Apple bersama-sama. Kemudian pada tahun 1983, Stave Jobs menggaet Jhon Scully dari Pepsi-Cola untuk memimpin Apple Computer. Pada tahun 1984 perusahaan Apple memperkenalkan produk komputer, yaitu Macintosh, komputer pertama yang berhasil dijual ke pasaran. Kesuksessan Macintosh membuat Apple menelantarkan Apple II demi mengembangkan produksi Mac yang maih bertahan sampai saat ini. Di bawah kepimpinan Sculley, ternyata Jobs tidak menemukan keserasian. Banyak hal yang tidak sejalan dengan keduanya dan juga penurunan pemasaran menjelang akhir 1984, yang mengakibatkan Sculley mengeluarkan Stave Jobs dari perusahaan Apple. Dan Stave Jobs mendirikan perusahaan baru yaitu NeXT Computer yang bergerak dalam software komputer. Pada tahun 1996, Apple membeli NeXT Computer seharga AS$402 juta, dan secara otomatis membawa jobs kembali ke perusahaan yang ia dirikan. Tahun 1997 ia memipin sementara di Apple setelah kepergian Gil Amelio. Dengan pembelian NeXT diterapkan ke dalam produk buatan Apple, terutama NeXTSTEP, yang berkembang menjadi Mac OS X. iMac merupakan komputer pertama yang dijual dengan mengutamakan penampilan. Bulan Agustus 2011, Jobs mengundurkan diri sebagai CEO Apple. Ia akan tetap menjabat di perusahaan ini sebagai ketua dewan perusahaan. Pada tahun 1986, Jobs membeli The Graphics Group kemudian berganti nama PIXAR dari divisi grafis komputer. Film pertama yang di produksi, yaitu Toys Story, membawa ketenaran dan pujian kritikus kepada studio ini dan juga namanya dicantumkan sebagai produser eksekutif dalam film Toy Story ketika dirilis tahun 1995.
  5. Kesehatan Jobs terus diberitakan selama beberapa tahun mengalami penurunan, dan ia melakukan cuti medis sejak Januari 2011. Pada 5 Oktober 2011, Stave Jobs meninggal dunia di California pada usia 56 tahun setelah 7 tahun didiagnosis menderita kanker pancreas. Jobs meninggalkan Laurent, Istrinya selama 20 tahun, 3 anak mereka dan Brennan-Jobs, putrid Jobs dari hubungan sebelumnya. Keluarganya meliris pernyataan yang mengatakan bahwa ia “ Meninggal Dalam Damai “. Pemakaman kecil Stave Jobs dilaksanakan secara tertutup pada 7 Oktober 2011.

sumber :
https://id.wikipedia.org/wiki/Steve_Jobs

Tidak ada komentar:

Posting Komentar