Follow Us @literasi_smkn23jkt

Kamis, 01 Desember 2016

Preity Zinta : Aktris Papan Atas Bolywood

Disusun oleh : Risty Nanda Amanda Dewi


1. Preetam Singh yang biasa dipanggil dengan nama Preity Zinta, ia lahir di Shimla, Hamchal Presadesh di India pada tanggal 31 Januari 1975. Preity merupakan anak ke-2 dari 3 bersaudara  Deepankar (kakaknya) dan Manish (adiknya).
2. Preity Zinta merupakan anak dari pasangan Durganand Zinta (ayahnya) dan Nilprabha (ibunya).  Ayah nya adalah seorang perwira diangkatan darat India, ayahnya meninggal dunia karena kecelaan mobil. latar belakang militer dari ayahnya menjadi kesan yang mendalam baginya tentang bagaimna mengurus sebuah keluarga yang baik.  Disiplin dan ketepatan waktu adalah penting baginya.
3. Preity mengenyam pendidikan di asrama Kristen di Shimla, setelah itu ia melanjutkan kuliah di perguruan tinggi St.Bede masuk program bahasa inggris dan dia mendapatkan kelulusan yang bisa dibilang bagus, kemudian  ia melanjutkan pendidikannya lagi di program pasca sarjana jurusan psikologi. Dia meraih gelar sarjana dibidang Psikologi criminal setelah itu melanjutkan karier di permodelan.
4. Karier pertamanya Preity membintangi iklan dalam sebuah produk cokelat, dia bisa membintangi iklan tersebut karena bertemu seorang direktur saat berada di pesta ulang tahun teman nya pada tahun 1996. karier acting nya dia awalipada tahun 1997 saat dia bertemu sutrada shekhar kapur saat menemani teman nya audisi, shekhar kapur  pun berenacana mengajaknya untuk bermain film yang akan dibuat nya tapi kemudian proyek film tersebut gagal terlaksana. Shekhar kapur  akhirnya merekomendasi sutradara Mani Ratnam mengenai Preity Zinta hingga ia mendapat peran di film ’’Dil se’’ tapi bukan menjadi peran utama. pada tahun yang sama dia mendapat peran utama di film ‘’soldier’’ bersama actor Booby Deol. Dari kedua film itulah ia mendapatkan nominasi Best supporting actress dimfare award dan mendapatkan penghargaaan sebagai Best female debut fimfare untuk film yang sama.
5. Pada tahun 2002 dia bermain film ‘’kya kehna’’ yang cukup sukses di pasarkan dari film inilah dia mendapatkan Best actress filmfare award. Dipertengan 2001 dia mendapatkan kedua Best supporting actress filmfare award.  Tahun 2002 Preity Zinta memerankan tokoh protagonist dalam drama ‘’Dil hai tumhara’’ meski filmnya tidak sukses tapi aktingnya sebagai anak tiri yang teraniaya dinilai bagus oleh para keritikus.
6. Tahun 2003-2007 adalah masa kemesan dalam karir aktingnya. Ssejumlah film seperti koi mil gaya, kal ho na ho, veer zaara, lakhsya, sangat sukses dipasa rkan dan melambung namanya didunia perfilman Bollywood. Si cantik yang seperti boneka india ini juga pernah masuk dalam deretan ke 41 asia’s sexiest women oleh UK Magazine easter eye pada tahun 2006. Total 15 penghargaan dan 35 prestasi yang telah dia raih.
7. Preity Zinta menginspirasi banyak orang yang ingin menjadi actor, walaupun film nya tidak sukses dipasarkan tapi di nilai bagus oleh para kritikus, ketidaksuksesan filmnya pun tak menjadi sebuah halangan untuk meraih prestasi dan penghargaan, maka ia patut untuk di idolakan
Daftar Pustaka
http://daftarliriklagump3india.blogspot.co.id/2014/12/profil-dan-biografi-preity-zinta.htmlhttps://id.wikipedia.org/wiki/Preity_Zinta
Diakses pada 28 November 2016

Tidak ada komentar:

Posting Komentar