Follow Us @literasi_smkn23jkt

Kamis, 01 Desember 2016

Avril Ramona Lavigne – Putri Punk Rock



Disusun oleh: Tania Monita

1.           Avril Ramona Lavigne atau yang lebih popular sebagai Avril Lavigne merupakan musisi wanita asal Amerika. Nama Avril diberikan oleh ayahnya, mengambil bulan jadinya negara Prancis. Lahir pada 27 September 1984 di Belleville, Ontario, Kanada.

2.            Masa kecil Avril dekat dengan musik. Ia kerap bernyanyi di gereja ketika usianya masih 2 tahun. Meski tumbuh dengan kelainan hiperaktif, Avril mendapat dukungan penuh dari sang ayah untuk bermusik. Dengan perlengkapan sederhana, sang ayah membangun studio musik di rumahnya untuk Avril yang terdiri atas drum kit, keyboard, bass, gitar, dan microphone.

3.            Avril juga melatih kemampuan vokalnya di tempat karaoke bersama keluarganya. Sejak saat itu Avril belajar menulis lagunya sendiri. Saat Avril berusia lima tahun, keluarganya pindah ke desa tetangga dari Ontario. Di sekolah, Avril kerap mendapat perhatian dari sang guru lantaran perilaku nakalnya terhadap teman-temannya.

4.            Avril Lavigne merupakan anak dari Jean Claude Joseph Lavigne yang merupakan Pria berkewarganegaraan Prancis. Sementara ibunya, Judith Rosanne adalah wanita yang berasal dari Kanada. Avril merupakan anak kedua dari tiga bersaudara, kakaknya Matthew, sementara adiknya Michelle. Sejak Avril kecil, ayah dan ibunya telah mengarahlkan bakat Avril di dunia tarik suara.

5.            Demi karirnya, ia rela putus sekolah dari sekolah menengah Napanee. Avril tercatat tidak mengikuti aktivitas belajar mengajar sejak ia berada di kelas 11(2 SMA). Avril sengaja keluar sekolah untuk menandatangani kontrak pembuatan album musik. Orang tuanya pun mengerti tentang keputusan yang Avril buat.

6.            Avril tercatat telah menghadirkan 4 album dalam perjalanan karirnya sebagai penyanyi, “Let Go” (2002), “Under My skin” (2004), “The Best Damn Thing” (2007) dan “Goodbye Lullaby” (2011). 2013, Avril kembali merilis album baru berjudul “Avril Lavigne ” dengan sang suami , Chad Kroegr di lagu “Let Me Go”.Avril sempat meraba dunia akting. Ia tampil di beberapa judul film dan serial televisi seperti “Sabrina, the Teenage Witch” (2002), “Gooing the distance” (2004), “The Flock” (2007), pengisi suara film animasi “Over the Hedge” (2006) serta “Fast Food Nation” (2005).

7.            Tak hanya menulis lagu untuk albumnya sendiri, Avril juga menyumbangkan talentanya untuk membuat soundtrack beberapa film lagu “Breakway” (2004) menjadi soundtrack film “Princess Diaries 2: Royal Engagement”,  “Keep Holding On” untuk film “Eragon” dan lagu “Alice” di “Alice in Wonderland”.

8.            Album pertamanya sukses membawa Avril melejit dengan menempati urutan kedua Billboard, Complicated juga mampu berada di posisi 1 di World Chart.  Ia dinobatkan menjadi penyanyi solo termuda yang berhasil menduduki posisi jawara tangga lagu di Inggris. Album yang mengusung lagu andalan “Complicated” itu pun berhasil mendapatkan 4 sertifikat platinum dari RIAA (Asosiasi Rekaman Amerika) dan sertifikat diamond dari Asosiasi Rekaman Kanada.

9.            Sederet penghargaan juga di dapat Avril dari album perdananya ini seperti Best New Artist di MTV Video Music Awards 2002, 4 penghargaan Juno Awards 2003, piala World’s Best Selling Canadian Singer pada World Music Awards serta menjadi nominator 8 kategori Grammy Awards 2003.

10.         Avril mendapat penghargaan yaitu 2 piala kategori World’s Music Awards 2004, 5 trofi Juno Awards 2005 dan juara kategori Favorite Female Singer di Nickelodeon Kids Choice Awards. Avril pernah berada di posisi 7 untuk kategori Wanita Kanada Paling Mengagumkan di Hollywood pada tahun 2006. Tahun 2007 dia pernah memenangkan 9 nominasi Jabra Music Contest untuk kategori Best Band In the World.

11.         Dalam kehidupan pribadi, Avril sempat merasakan kegagalan berumahtangga. Pernikahannya dengan vokalis Sum 41, Deryck Whibley, hanya bertahan 4 tahun (2006-2010). Avril kemudian menjalin kasih dengan Brody Jenner. Namun hubungan tersebut hanya bertahan selama 2 tahun. Avril dan Brody memutuskan berpisah Januari 2012. Ia akhirnya menikah dengan vokalis band asal Kanada, Nickelback, Chad Kroeger, Juli 2012.

12.         “Dia meletakkan sebuah foto polaroid di dalam scrapbook buatanku. Disana dia menuliskan “Will you marry you?” itu sangat romantis bagiku,” kata Avril pada saat wawancara. Chad pun memberikan komentarnya, “Aku pernah berpikir tak akan menikah seumur hidupku. Aku hanya beruntung Avril menjawab bersedia menikah,” ungkapnya.

13.         Avril Lavigne merupakan wanita yang memiliki impian besar menjadi seorang penyanyi. Ia sampai rela putus sekolah untuk menandatangani kontrak pembuatan album musik. Keputusan untuk berhenti sekolahnya pun tidak sia-sia, karena sekarang Avril sudah mewujudkan impian besarnya yaitu menjadi seorang penyanyi. Avril Lavigne memberikan motivasi terhadap semua orang untuk berani mengambil keputusan untuk mewujudkan impian besarnya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar