Follow Us @literasi_smkn23jkt

Kamis, 01 Desember 2016

Bambang Pamungkas - Seniman Lapangan Hijau

Disusun Oleh : Nur Utami Zam-Zam


1.Bambang Pamungkas lahir pada 10 Juni 1980 di Getas, Semarang Jawa Tengah, Ketika kecil Bambang Pamungkas kerap disapa dengan sebutan Gechil yang berarti kecil karena tubuhnya yang mungil dan Ia memilih menjadi pemain sepakbola. Sejak berumur delapan tahun Ia sudah bergabung besama SSB Getas (1988-1989), SSB Ungaran Serasi (1989-1993) dan klub Diklat Salatiga (1996-1999).

2.Bambang pamungkas merupakan anak keenam dari tujuh bersaudara dari pasangan H. Misranto dan Hj. Suriptinah. Bepe menikah dengan Tribuana Tungga Dewi dan dikaruniai tiga anak perempuan yang bernama Salsa Alicia, Jane Abel, dan Syaura Abana.

3.Bambang Pamungkas pernah bersekolah di  TK Bangun 1 Getas Kab. Semarang, SD Negeri Kauman Lor 3 Getas Kab. Semarang, SMP Negeri 1 Salatiga, SMU Negeri 1 Salatiga, dan Sekolah Tinggi Ekonomi Indonesia.

4.Bambang Pamungkas memulai karier profesional bersama Persija Jakarta, kemudian Ia bergabung dengan sebuah klub divisi 3 Belanda yaitu EHC Norad. Pada tahun 2005 Ia menandatangani kontrak bersama klub Malaysia Selangor FC. Pada musim 2007 Ia kembali memperkuat tim kebanggan Ibukota Persija Jakarta. kemudian pada tahun 2013 Ia menandatangani kontrak yang hanya berdurasi satu tahun dengan Pelita Bandung Raya (PBR). Bambang Pamungkas memulai karier internasional bersama Timnas Senior pada 2 Juli 1999 ketika usianya baru 18 tahun. Pada tahun 2002 Ia menjadi pencetak gol terbanyak  di ajang piala Tiger dengan 8 gol dari 6 penampilan sekaligus membawa Indonesia menjadi juara kedua Piala Tiger yang sekarang bernama AFF Cup. Bambang Pamungkas saat ini merupakan seorang Sportivator/motivator Ia mengawali debutnya sebagai motivator pada acara yang bertajuk #BEPE20Bicara Battle Of Life: Cinta vs Tanggung Jawab dan Ia pernah menulis sebuah buku yang berjudul: Ketika Jemariku Menari dan PRIDE BEPE20 yang menceritakan tentang keberagaman yang dimulai dari sepakbola. PRIDE menceritakan tentang Plurality (keberagaman), Responsibility (tanggung jawab), Integrity (keteguhan), Dignity (martabat), dan Equality (kesetaraan). Saat ini selain Ia menjadi pesepakbola Ia mengisi waktu luangnya dengan menjadi chef atau juru masak dan mengupload hasil masakannya tersebut ke akun instragamnya The Nekat Chef.

5.Sejak SD Bambang Pamungkas selau meraih peringkat pertama di kelasnya. Prestasi Bambang Pamungkas bersama klub yaitu Ia mebawa Persija Jakarta menjadi juara Liga Indonesia pada tahun 2001, dan Ia meraih tribble winner bersama Selangor FA pada tahun 2005. Bersama timnas Ia meraih juara Piala Kemerdekaan pada tahun 2000 dan 2008. Kemudian prestasi individunya yaitu menjadi Haornas Cup Most Valuable Player (1996), Top Scorer Liga Indonesia (1999/2000), Best Player Liga Indonesia (2001), Top scorer Tiger Cup (2002), Top Scorer Malaysia Premier League (2005), Top Scorer FA Cup Malaysia (2005) dan pemain terbaik Copa Indonesia (2007).

6.Bambang Pamungkas dianggap sebagai pemain sepakbola yang arogan dan cuek karena Ia tidak  pernah mau jika di wawancara dan itu disebut sebagai kontroversi Bambang Pamungkas. Bepe juga dianggap sebagai pengkhianat karena setelah Ia membela Persija selama bertahun-tahun Ia memilih hengkang dari Persija dan memilih berseragam Selangor FA, namun pilihannya tersebut dikarenakan Ia ingin mengembangkan kariernya sebagai pemain sepakbola. Dua tahun kemudian Ia kembali memperkuat klub kebanggaan Ibukota Persija Jakarta. Bambang Pamungkas memilih pension dari timnas pada 1 april 2013 dan Ia mengatakan “Saya Adalah Generasi Yang Gagal” karena Ia tidak berhasil mempersembahkan satupun gelar bergengsi untuk Timnas Indonesia.

7.Bambang Pamungkas merupakan legenda sepakbola Indonesia dengan segudang prestasi. Ia merupakan pemain sepakbola yang terkenal dengan flying header walaupun dengan postur tubuh yang tak begitu tinggi tetapi Ia mampu melakukan sundulan dengan akurat dan banyak gol yang Ia hasilkan dari sundulannya. Kharisma dan prestasinya membuat orang kagum padanya dan Ia sangat layak menjadi Idola semua orang.


Daftar Pustaka :
http://www.wowkeren.com/seleb/bambang_pamungkas/bio.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar