Follow Us @literasi_smkn23jkt

Kamis, 01 Desember 2016

MARC MARQUEZ ALENTA - Si Baby Alien

Disusun Oleh: Elly Nurlaela
 
1. Marc Marquez Alenta (lahir 17 Februari 1993 di Cervera, Lleida, Spanyol) adalah pembalap motor asal Spanyol yang memiliki gelar juara dunia kelas 125cc pada tahun 2010, kelas Moto2 pada tahun 2012, dan kelas MotoGP tahun 2013, 2014, dan 2016. Dia adalah juara dunia termuda sepanjang sejarah MotoGP. Dan ia menjadi rider termuda yang meraih 5 titel juara dunia di semua kelas memecahkan rekor Valentino Rossi. Dia sudah terjun ke dunia balap pada saat berusia 15 tahun.

2. Julia, sang ayah tak pernah absen mengikuti kemana anak kebanggaannya itu balapan. Ya, sang ayah memiliki peran penting bagi kesuksesan The Baby Alien. Sementara sang ibu pun juga mendukung karir putra pertamanya tersebut. Roser, juga kerap menemani kedua putranya berlaga di lintasan. Ya, benar adik Marc, Alex juga merupakan pembalap yang kini berada di kelas Moto2. Dukungan kedua orang tuanya sangat berarti bagi Marc maupun Alex. Keberhasilan Marc juga tak luput dari peran Emilio, sang manajer yang telah membawa Marc keajang MotoGP dari Motocross. Emilio layaknya ayah kedua bagi Marc. Di usia yang masih muda, Marc sendiri belum terlalu resah dengan kisah asmaranya. Ketika acara wawancara dengan tv lokal Spanyol, Marc mengutarakan ingin focus ke karirnya sebagai pembalap. Kesuksesan sebagai pembalap di usia muda tentu menarik banyak wanita. Namun, sekarang ia lebih mencintai karirnya. Menikmati masa muda, memanfaatkan peluang yang dating. Hal tersebut dilakukan Marc. Tak heran jika ia menjadi model untuk beberapa iklan lokal, serta brand ambassador sebuah merek motor. Ia juga pernah menjalani sesi pemotretan untuk sebuah majalah lokal.

3. Marc Marquez mengawali debutnya di world champhionship 125 cc pada 13 April 2008. Menyambut satu windu kiprahnya di gelaran balap motor bergengsi ini tentu telah banyak prestasi yang telah dan akan ditorehkan olehnya. Jauh sebelum ia menjadi pembalap Motogp, The Baby Alien begitu julukannya adalah serorang pembalap Motocross. Terlahir untuk balapan, seperti itula marq. Ia adalah pembalap yang berbakat. Sejak dini ia telah tertarik dengan dunia balap motor. Motor mini hadiah natal saat ia berusia empat tahun, dapat dikatakan sebagai awal ia mengenal kecintaan terhadap balap. Ayahnya sering melatihnya dan mengikutsertakan dirinya pada ajang motorcross lokal. Walhasil, bakat dan talenta marq memang terlahir untuk balapan.

4. Marc Marquez berhasil menginjakkan kakinya di podium tertinggi pertama pada helatan GP Inggris 22 Juni 2008, itu berarti 71 hari sejak ia memulai karir sebagai pembalap di ajang GP Portugal. Pole position pertama berhasil didapatkan oleh pembalap yang berjudul “Baby Alien” ini setelah selama 1 tahun 33 hari memacu adrenalin dilintasan bersama tunggangannya dari pabrikan KTM di GP Perancis 2009, dan kala itu Marc Marquez tepat berusia 16 tahun 89 hari. Marquez menutup musim 2010 dikelas 125cc dengan berhasil keluar sebagai juara dunia dengan total poin 310 dari 17 kali balapan dan berhasil 12 kali naik podium dengan 10 kali membukukan juara podium. Tahun berikutnya 2011, Marquez naik ke kelas Moto2.

5. Tahun 2011 Marquez pindah kelas ke Moto2 dan tergabung sebagai pembalap tunggal dari tim baru Monlau Competicion. Karir pertama di Moto2 sempat diwarnai dengan dua kali kecelakaan yang dialami oleh Marquez pada GP Qatar dan Spanyol. Berhasil mengumpulkan 7 kali kemenangan dan 11 kali naik podium, Marquez berhasil menjadi juara 2 Moto2 musim 2011 dengan total poin 251. Tahun kedua di kelas Moto2, dominasi Marquez tak terbendung lagi. Dengan total poin 324 hasil dari 9 kemenangan serta 14 kali naik podium dari 17 kali balapan. Marquez akhirnya berhasil menjadi juara Moto2 tahun 2012. Sekaligus sebagai musim terakhirnya di kelas ini, karena musim 2013 Marquez segera bergabung dengan Tim Honada untuk berlaga di kelas MotoGP.

6. Tahun pertama mengawali karir di MotoGP sekaligus menjadi momen paling bersejarah dalam karir balap Marquez. Berhasil 16 kali naik podium dengan total 6 kali juara 1 dan sebagai runner up serta sisanya posisi ketiga sebanyak 4 kali dengan total poin 334, Marquez berhasil merebut gelar juara Dunia MotoGP 2013 pada debut pertamanya di kelas MotoGP. Dominasi Marc marquez terus berlanjut ke MotoGP 2014, bahkan lebih baik dari musim sebelumnya. Hingga balapan terakhir di Valencia ia berhasil mengumpulkan poin sebanyak 362 yang menghantarkannya kembali mempertahankan juara Dunia MotoGP kedua pada 2014. Sayangnya Marquez tidak dapat mempertahankan gelar juara dunianya pada tahun 2015. Dia hanya dapat memenangkan 5 perlombaan, dan 6 kali gagal finish akibat terjatuh. Pada tahun 2016, ia mengubah gaya balapannya. Dan terbukti, konsistensinya dapat membawa Marquez meraih gelar juara dunianya yang ketiga. Dengan memenangkan 5 balapan, 3 kali podium kedua, dan 3 kali podium ketiga, Marquez dapat mengunci gelar juara dunianya di sirkuit Motegi, Jepang, dan sekaligus karena duo Yamaha Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo terjatuh yang membuat Marquez terbantu meraih titel ke-limanya di semua kelas. 

7. Marquez cocok dijadikan idola karena ganteng dan senyumannya yang lebar, tetapi bukan itu saja Dia adalah pembalap muda pertama yang memenangkan kejuaraan dunia dalam dunia balapan. Karena itu Marquez dijuluki sebagai “Baby Alien” yang mampu mengalahkan seniornya Valentino Rossi. 

Daftar Pustaka:
https://www.gomotogp.id/marc-marquez/
https://id.m.wikipedia.org/wiki/Marc_Marquez
https://databio.net/biodata-marc-marquez-lengkap-dengan-fakta-mengenai-kehidupan-pribadi
https://kusnantokarasan.com/tag/prestasi-marc-marquez/
https://otonity.com/2399/daftar-rekor-prestasi-marc-marquez-di-motogp.html
Diakses pada tanggal 27 November 2016
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar