Follow Us @literasi_smkn23jkt

Kamis, 01 Desember 2016

Adele : Queen Of Soul

Disusun Oleh: Siti Marisa Wati
 



1.      Adele Laurien Blue Adkins atau yang lebih dikenal dengan nama Adele, lahir di Tottenham, London, inggris pada tangga 5 Mei 1988. Musik sudah menjadi kecintaanya sejak ia berusia 4 tahun.
2.      Adele adalah anak tunggal dari pasangan Penny Adkins dan Mark Evans. Namun sang Ayah telah pergi meninggalkan Adele sejak berusia 2 tahun dan membiarkan Ibunya membesarkan Adele seorang diri. Adele saat ini telah dikaruniai seorang anak bernama Angelo James Konecki. Bayi yang lahir 19 oktober 2012 ini merupakan buat cinta adele dengan sang kekasih Simon Konecki.
3.      Adele pernah berkuliah di The BRIT School For Perfoming Arts&Technology, pada mei 2006 ia sudah lulus dan merupakan teman sekelas dari Leona Lewis dan Jessie J.
4.      Selepasa lulus Adele sering mengunggah lagu ciptaanya di situs platform magazine.com dan My space, ia yang mulai terkenal di media social menarik perhatian label rekaman XL Recordings, namun awalnya ia masih ragu karena perusahaan rekaman yang ia ketahui saat itu hanyalah Virgin Record, sehingga ia membawa serta temannya saat akan bertemu Richard Russell yang merupakan bos label rekaman XL Recordings. Adele lalu menandatangani kontrak rekaman pada September 2006, faktor yang membuat ia setuju adalah pada September 2006 manajement sedang memenejeri Jamie T dan hal itu pula yang menjadi daya tarik utama bagi Adele karena ia penggemar berat dari penyanyi dan penulis lagu berkebangsaan Inggris tersebut. Kemudian, Adele memulai karir profesionalnya dengan menyumbang suara di lagu “My Yvone” milik Jack Penate. Ia kemudian merilis single perdananya “ Hometown Glory” pada 22 Oktober 2007.
Setahun kemudian, Adeleberhasil merilis single keduanya “Chasing Pavements” pada 14 Januari 2008 yang terdapat pada debut album”19”, angka 19 diambil dari usianya saat itu. Pada Maret 2008, Adele menandatangani kesepakatan dengan Columbia Records dan XL Recordings untuk rencana pelebaran sayapnya ke pasar Amerika dan album 19 dirilis di Amerika pada bulan Juni. Adele juga mengadakan tur dunia yang bertajuk”An Evening With Adele” yang dimulai pada Mei 2008 dan berakhir pada Juni 2009. Adele merilis album studio keduanya “21” pada 24 Januari 2011 di Britania Raya dan 22 Februari di Amerika Serikat. Album ini mengambil aliran music klasik, country dan akar musik Amerika. Pada 22 Oktober 2015, Adele mengkonfirmasi bahwa “25” akan dirilis pada 20 November, sementara single utama dari album ini adalah “Hello” akan dirilis pada 23 Oktober. Lagu ini pertama kali di putar deprogram radio 1 Breakfast Show disaluran BBC pada 23 Oktober 2015. Saat ini Adele sedang merencanakan konser keliling Eropa yang akan digelar pada awal tahun 2017.
5.      Sejak kemunculanya Adele banyak memperoleh penghargaan seperti, album 19 masuk nominasi untuk penghargaan Mercury Prize  2008. Ia juga berhasil menyabet penghargaan Best Jezz Act di Urban Music Award. Album 21 merajai tangga lagu lebih dari 26 negara, termasuk Britania Raya dan Amerika Serikat. Pencapaian tersebut menyamai rekor The Beatles pada tahun 1964. Album 21 juga laris di sepanjang abad ke-21 dengan terjual sebanyak 3,4 juta copy di Inggris saja. Selain itu, Adele merupakan penyanyi kedua setelah Beyonce yang membawa pulang 6 piala Grammy Awards sekaligus dalam satu malam. Enam kategori di Grammy Awards 2012 yang dimenangkannya antara lain Record Of The Year, Album Terbaik, Lagu Terbaik, Penampilan Solo Terbaik, Album Pop Terbaik Serta Video Music Pendek Terbaik. Selain itu, Adele dinobatkan sebagai Entertainer Of The Year untuk tahun  2012 oleh  Associated Press. Pada tahun 2015, Adele kembali menggebrak music dunia dengan merilis album “25” yang terdapat single “Hello” yang ditonton sebanyak 27,7 juta kali di Youtube dalam kurun waktu 24 jam pertama yang mengalahkan “Bad Blood” dari Taylor Swift.
Pada 27 november, album “25” pada posisi nomor 1 di UK Albums Chart dan menjadi album dengan penjualan terlaris dalam sejarah tangga album Britania Raya dengan penjualan sebanyak 800.000 keping hanya dalam waktu seminggu.
6.      Walaupun sudah terkenal dan mendapat banyak penghargaan Adele pernah mengalami masalah pada pita suara. Kejadianya pada oktober 2011, Adele harus terpaksa membatalkan dua turnya akibat pendarahan pada pita suara dan ia harus beristirahat agar sembuh sepenuhnya dan menghindari resiko kerusakan yang lebih parah dan Adele pernah hiatus selama kurang lebih 2 tahun alasanya karena Ia butuh waktu untuk menikmati kehidupanya. Prestasi Adele yang cemerlang tidak membuat dia bebas dari kritik orang yang tidak suka kepada dirinya, ia sering menjadi korbat bullying karena bentuk badan dia yang tidak ramping serta seksi karena Adele memiliki bentuk tubuh yang berisi dan tidak seperti penyanyi papan atas lainya. Namun Adele tetap berkarya dan membuktikan bahwa ia bisa.
7.      Adele sangat cocok dijadikan idola karena ia tetap mau berkarya walau sering di bully karena bentuk tubuh, namun ia membalas kritikan hatters dengan menunjukan bakat yang ia miliki dan selalu berkarya.
Daftar Pustaka
                         




                                                                                                  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar