Follow Us @literasi_smkn23jkt

Minggu, 04 Desember 2016

Muhammad Iman Usman : Pemimpin Muda Indonesia


Disusun Oleh : Miftahul Kamal


  1. Muhammad Iman Usman lahir di Padang pada tanggal 21 Desember 1991. Sejak kecil ia telah menunjukkan minat dan ketertarikannya pada dunia kerelawanan dan pengembangan masyarakat. Jiwa sosialnya terasah dengan melihat sekitar. Saat usia 10 tahun, Iman meletakkan rak buku di teras rumahnya, agar setiap anak bisa membaca.
  2. Pada tahun 2008, saat masih duduk di bangku SMA, Iman menerima penghargaan Pemimpin Muda Indonesia dari presiden RI dan Nations Youth Assembly Recognition on Humanitarian Development 2011 di New York serta Mondialogo Junior Ambassadornya for Intercultural Dialogue oleh DAIMLER dan UNESCO.
  3. Iman lulus dari SMA Negeri 1 Padang sebagai peraih nilai UN tertinggi di bidang IPA di kota Padang dan meraih penghargaan Siswa Berprestasi Utama Provinsi Sumatera Barat tahun 2008. Setamat SMA di Padang, Iman melanjutkan pendidikannya ke FISIP Universitas Indonesia jurusan Ilmu Hubungan Internasional. Selama masa kuliahnya, Iman dikenal sebagai mahasiswa yang berprestasi. Pada tahun 2012 Iman menerima penghargaan Mahasiswa Berprestasi Utama UI dan pada bulan Juli pada tahun yang sama ia juga menyabet gelar Mahasiswa Berprestasi Utama Tingkat Nasional.
  4. Tahun 2009, Iman bersama 6 pemuda Indonesia lainnya mendirikan Indonesian Future Leaders, sebuah organisasi pemuda yang bergerak di bidang pemberdayaan pemuda untuk perubahan sosial. Dan pada tahun yang sama, Iman terpilih sebagai salah satu dari 10 anak di dunia penerima penghargaan World Youth Achiever Recognition oleh Friendship Ambassador Foundation Amerika Serikat dan terpilih sebagai Penasehat Remaja United Nations Population Fund Indonesia. 
  5. Setelah menamatkan gelar sarjananya dari Universitas Indonesia, Iman melanjutkan studi Pascasarjana di Columbia University, di New York, Amerika Serikat, dengan beasiswa penuh sebagai Riady Scholar. Iman menamatkan studinya hanya dalam waktu 1 tahun dan lulus dengan IPK, 3.90.
  6. Selain aktif berorganisasi, Iman kala itu aktif di dunia maya. Ia terpilih sebagai penerima penghargaan Microsoft Bloggership 2011. Prestasi Iman lainnya adalah terpilih sebagai salah satu penerima ASEAN Youth Award di Singapura pada tahun 2011, Global Teen Leader Award di New York pada tahun 2011, dan nominasi Kick Andy Heroes pada tahun 2011. 
  7. Selama studinya di Amerika, Iman juga aktif bekerja sebagai Perwakilan Amerika Serikat untuk Yayasan Cinta Anak Bangsa (YCAB) Internasional. Usai studinya di Amerika, Iman kembali ke Indonesia mendirikan Ruangguru.com bersama sahabatnya, Adamas Belva Devera. Iman bekerja sebagai Direktur Utama hingga Juni 2016 dan kemudian menjadi Direktur Produk hingga saat ini.


Sumber:
https://id.m.wikipedia.org/wiki/Muhammad_Iman_Usman

Tidak ada komentar:

Posting Komentar