Follow Us @literasi_smkn23jkt

Kamis, 01 Desember 2016

IWAN FALS: "Garuda Bukan Burung Perkutut”




                                                        disusun oleh : Ikhrom Nur Rohman

  1. iwan fals yang bernama lahir virgiawan listanto (lahir di Jakarta, 3 september 1961 umur 55 tahun) adalah seorang penyanyi beraliran baladaa,pop,rock,dan country yang mendjadi salah satu legenda Indonesia. Masa kecil iwan fals di habiskan di bandung, kemudian  di Jeddah, arab Saudi , selama 8 bulan.bakat musiknya makin terasah di usianya yang ke 13 tahun, saat iwan banyak menghabiskan waktunya dengan mengamen di bandung.iwan menjadi gitaris dalam paduan suara sekolah,ketika smp.
  2. iwan lahir dari pasangan lies sudijah asal tasik Malaya (ibu) dan (alm) colonel anumerta sucipto asal jawa , merupakan anak petinggi di pabrik gula kalibagor, jawa tengah. Iwan menikahi rosana yang akrab di panggil “mbak yos” pada tahun 1980 , hasil dari pernikahannya ‘iwan memiliki tiga anak yaitu,(alm) galang rambu anarki (1 januari 1982 – april 1997), annisa cikal rambu bassara (1985), dan raya rambu Rabbani (22 januari 2003)
  3. iwan fals sekolah di smpn 5 bandung, ketika smp iwan menjadi gitaris dalam paduan suara sekolah. Iwan yang juga sempat aktif di kegiatan olah raga , pernah meraih gelar juara II karate tingkat nasional dan juara IV karate tingkat nasional 1989, sempat masuk pelatnas dan melatih karate di kampusnya , stp (sekolah tinggi publistik). Iwan juga sempat menjadi kolumnis di beberapa tabloid olah raga.
  4. iwan fals berkarier melewati lagu-lagunya ia “memotret” suasana social kehidupan Indonesia pada akhir tahun 70’an hingga sekarang. Kehidupan dunia pada umumnya dan kehidupan itu sendiri, kritik atas perilaku sekelompok orang (seperti wakil rayat, tante lisa). Empati bagi kelompok marginal (misalnya siang sebrang istana,lonteku) , atau bencana besar yang melanda Indonesia (kadang di luar Indonesia , seperti ethopia). Iwan rekaman album pertama bersama rekan-rekannya ,toto gunarto,helmi bahedu,dan bambang bule yang tergabug dalam band amburadul, namun album tersebut gagal di pasaran dan iwan kembali menjalani profesi sebagai pengamen, album ini sekarang menjadi buruan para kolektor secara fans fanatic iwan fals.
  5. iwan fals pernah dapat juara di festival music country, iwan ikut festival humor, arwah setiawan (almarhum) lagu-lagu humor milik iwan sempat di rekrut bersama pepeng,krisna,dan nana krip serta reproduksi oleh ABC records ,tetapi juga gagal dan hanya di konsumsi oleh kalangan tertentu saja. Sampai akhirnya, perjalanan  iwan bekerja sama dengan musica studio, sebelum ke musica iwan sudah rekaman sekitar 4,5 album di musica, barulah lagu-lagu iwan di garap lebih serius. Album sarjana muda , misalnya ditangani oleh willy soemantri
  6. selama orde baru , banyak jadwal acara konser iwan yang dilarang dan di batalkan oleh parat pemerintah, karena lirik-lirik lagunya di anggap dapat memancing kerusuhan. Pada awal kariernya, iwan fals banyak membuat lagu yang bertema kritikan terhadap pemerintah,beberapa lagu itu bahkan bisa dikategorikan terlalu keras pada masanya, sehingga perusahaan rekaman yang menayangi iwan fals enggan atau lebih tepatnya tidak membuat rekaman lagi.
  7. di luar music dan lirik, penampilan iwan fals juga berubah total. Saat putra pertamanya meninggal dunia, iwan fals mencukur habis rambut panjangnya hingga gundul. Sekarang dia berpenampilan lebih bersahaja, rambut berpotongan rapi disisir juga kumis dan jenggotnya dihilangkan. Dari sisi pakaian, dia lebih sering menggunakan kemeja yang dimasukkan pada setiap kesempatan tampil di depan public, sangat jauh berbeda dengan penampilannya dahulu yang lebih sering memakai kaus oblong  bahkan bertelanjang dada dengan rambut panjang tidak teratur dan kumis tebal.
sumber : https://id.wikipedia.org

Tidak ada komentar:

Posting Komentar