Follow Us @literasi_smkn23jkt

Kamis, 01 Desember 2016

Kim Jong Hoon : Art of Voice Super Junior

Disusun oleh Fitria Ajeng


1.   Kim Jong Hoon atau biasa dipanggil Yesung dalah salah satu anggota dari boygroup asal Korea Selatan yaitu Super Junior. Awalnya nama asli Yesung adalah Kim Jong Woon, tapi belum lama ini dia mengumumkan bahwa ibunya mengganti namanya menjadi Kim Jong Hoon. Karena menurut ibunya Kim Jong Woon mempunyai arti yang tidak baik. Pria yang sangat mahir dalam bernyanyi ini lahir di Cheonan, Korea Selatan 24 Agustus 1984. Dia adalah anak sulung dari dua bersaudara. Adiknya bernama Kim Jong Jin. Dia tumbuh di tengah-tengah keluarga yang serba kekurangan. Ayahnya hanya pekerja serabutan dan ibunya hanya seorang ibu rumah tangga.

2. Yesung pernah bersekolah di Boochunduksan Preschool, Cheonanchungsoo ES, Boosung JHS, Byungchun SHS, Chungwoon University kemudian pindah ke Sunmoon University. Yesung lulus pada tahun 2009 dari Sunmoon University sebagai mahasiswa jurusan Music Broadcast.

3.    Dari usia dini Yesung sudah memiliki ketertarikan dalam dunia tari suara. Pada tahun 1999, Ia pernah mengikuti acara kontes menyanyi disebuah stasiun televisi yaitu “Cheonan Singing Competition”. Tahun 2001, ibunya mendaftarkannya dalam audisi “Starlight Casting System” yang diselenggarakan oleh agensi terkenal di Korea Selatan, SM Entertaiment. Dia membuat juri terkesan dengan suara artistiknya dan menandatangani kontrak dengan SM Entertaiment di tahun yang sama. Dia mulai menjalani masa pelatihannya sebagai trainee di agensi tersebut. Saat menjadi trainee, berbagai rintangan mulai menghampirinya. Dia harus berjuang setiap hari pulang pergi menggunakan kereta dari Cheonan ke Seoul untuk melakukan masa latihannya. Pernah suatu saat usaha ayahnya mengalami masalah keuangan. Hal ini sempat membuat Yesung berpikir untuk menjadi penyanyi. Ia pun dihadapkan pada dua pilihan, menjadi penyanyi atau membantu keluarganya. Orangtuanya juga sudah meminta Yesung berhenti bermimpi menjadi penyanyi. Namun, Yesung berpikir semuanya akan menajdi sia-sia kalau ia berhenti di tengah jalan, apalagi ia sudah bertahun-tahun latihan. Akhirnya ia memohon pada orangtuanya untuk memberinya waktu berlatih sedikit lagi. Yesung hampir menyerah dan keluar dari agensi tersebut karena tak ada kejelasan dari pihak agensi, kapan dia akan diterbitkan menjadi seorang artis. Tapi, karena tekadnya yang bulat dia akhirnya memutuskan untuk terus berjuang. Sampai akhirnya dia berhasil melewati masa pelatihannya lima tahun.

4.  Pada tahun 2005, akhirnya Yesung diterbitkan menjadi salah satu anggota dari boygroup Super Junior. Yesung juga masuk dibeberapa sub unit Super Junior diantaranya Super Junior K.R.Y. dan Super Junior H. September 2006 sampai September 2007, Yesung membawakan program radio M.I.R.A.C.L.E for You. Kemudian, Yesung diumumkan sebagai aktor pada 26 Juli 2007 ditandai dengan perilisan film komedi remaja “Super Junior Attack on The Pin-Up Boys”. Tahun 2009, Yesung melakukan tampil perdana teater musikalnya melalui “Namhansanseong (Penjaga Hutan Gunung Korea Selatan)”.

5.  Pada tahun 2013, Yesung mengumumkan di Konser Super Show 5 di Amerika Selatan dan seterusnya bersama anggota Super Junior lainnya. Yesung menjalani wajib militernya. Begitu menyelesaikan wajib militer, Yesung langsung bergabung dengan Super Junior K.R.Y. untuk konser bertajuk “SUPER JUNIOR K.R.Y. JAPAN TOUR ~Phonograph~”. Pada 8 Juli 2015, SM Entertaiment mengumumkan bahwa Yesung akan kembali bergabung dengan Super Junior untuk album spesial mereka sekaligus merayakan ulang tahun ke-10 mereka. Kemudian Yesung menyanyikan lagu Dreaming untuk OST drama. Bulan November, Yesung bermain dalam drama korea berjudul “Awl”. Yesung banyak menyanyikan OST film diantaranya It Has To Be You (Cinderella’s Sistar : 2009), She Over Flowers (I Do, I Do : 2012), Sky (To The Beautiful You : 2012), dan masih banyak lagi. Yesung juga sudah melakukan konser solo pertamanya yaitu “Super Junior Yesung Japan Tour ~BOOKS~ (2016) dan “The Agit : Yesung – Sweet Coffee (2016)”.

6.  Tahun 2010, Lagu “It Has To Be You” memenangkan penghargaan BGM Cyworld dalam kategori Hall of Fame. Di tahun yang sama juga lagu “It Has To Be You” memenangkan Cyworld Digital Music Award dalam kategori Lagu Bulan April. “It Has To Be You” juga masuk dalam nominasi “Golden Disk Award” dalam kategori Piala Bonsang Digital dan Penghargaan Popularitas. “It Has To Be You” juga masuk dalam nominasi di “2nd MelOn Music Awards“ dengan kategori Lagu OST Spesial. Pada Tahun 2011, Yesung memenangkan Cyworld Digital Music Awards dengan kategori OST Terbaik. Ditahun yang sama Yesung masuk nominasi Pendatang Baru Terbaik di “The 5th Musical Awards”.

7. Pada saat menjalani awal kariernya di Super Junior dia tidak begitu populer di bandingkan dengan anggota Super Junior lainnya. Dia juga satu-satunya anggota yang hanya mempunyai sedikit penggemar. Hal itu sempat membuatnya stress dan membuatnya mempunyai niat buruk untuk memakai narkoba untuk menghilangkan stressnya. Tapi karna dukungan orang tua dan teman-temannya, dia mampu bangkit kembali dan berusaha untuk memperbaiki semua kekurangannya.

8.   Pada tanggal 9 Mei 2008, Yesung setelah dia mengalami cedera kaki saat mengikuti 70 Km 24-Hour Marathon of Hope bersama rekan segrupnya. Acara tersebut merupakan hasil kerja sama antara program amal SBS "Hope TV 24" dimana hasil penghimpunan dananya disumbangkan ke sekolah Mongolia di Korea Selatan yang terancam ditutup. Karena cidera tersebut, Yesung tak bisa menyelesaikan maraton, namun tetap tampil di panggung menggunakan perban bersama anggota lainnya. Pada 8 Agustus 2008, Yesung setelah jatuh dari panggung setinggi 1,5 m saat berlatih di acara musik di KBS. Cidera ini membuat cidera sebelumnya dari leher ke betisnya kambuh dan dirawat di rumah sakit selama dua hari. Yesung juga selalu memaksakan dirinya untuk  menyanyi dengan nada-nada yang tinggi,tenggorokannya selalu sakit , dia juga pernah bilang dirinya mengalami radang hidung dan terkadang badannya terasa hampir remuk sehabis menyelesaikan konser dengan Super Junior. Pada 21 Agustus 2011, selama pengambilan gambar “Dream Team 2” dia terjatuh dari platform dan kembali mengalami cidera waist, namun dikabarkan hanya merupakan cidera kecil.

9. Di mata teman-temannya, Yesung adalah sosok pekerja keras yang sangat mencintai keluarganya. Semua itu dia tunjukkan dengan menjalani masa sulitnya tanpa menyerah dan bangkit untuk mewujudkan impiannya menjadi seorang penyanyi. Yesung juga membelikan sebuah rumah untuk kedua orang tuanya. Pada 11 November 2012, Yesung dan adiknya Kim Jong Jin secara resmi membuka kafe mereka dengan nama "Mouse & Rabbit Coffee" setelah franchaise mereka, "Babtols" dan "Handel & Gratel". Tahun yang sama Yesung merilis sebuah merek kacamata "Why Style" dengan logo "Y". Sudah sepantasnya Yesung dikenal mempunyai penggemar yang banyak di seluruh dunia. Karena dengan kisahnya, kita mendapatkan motivasi bahwa segala sesuatu harus diawali dengan perjuangan yang pasti tidak mudah.


Daftar Pustaka :





( Diakses pada 01 Desember 2016 )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar