Disusun
Oleh: Kevin
1. Masashi Kishimoto lahir di Prefektur
Okayama, Jepang 8 November 1974. Ia mempunyai adik kembar bernama Seishi
Kishimoto. Seishi Kishimoto, juga merupakan seniman manga dengan karyanya yang
terkenal 666 Satan (O-Parts Hunter) dan Blazer Drive.
2. Ketik belum sekolah ia sangat senang
menonton Doraemon. Kishimoto mulai menggembangkan bakat menggambarnya sejak
duduk di bangku SD. Ketika bersekolah pun Masashi Kishimoto lebih suka
menggambar ketimbang menyimak pelajaran. Hobinya menggambar semakin
menjadi-jadi. Buku catatan sekolahnya dipenuhi dengan gambar karyanya. Saking
sukanya menggambar sampai-sampai saat bersembunyi saat bermain petak umpet pun
menggambar. Doraemon sebagai anime favoritnya berakhir ketika menonton serial
Mobile Suit Gundam. Mulailah ia menggambar karakter robot dari serial itu.
Setelah itu ia menggemari Dr.Slump karya Akira Toriyama. Ia menggambar karakter
Dr.Slump dan mengikutkan gambar krayon dari tokoh Arele-chan dalam sebuah kontes.
Kishimoto juga menyukai serial manga Shonen Jump berjudul Kinnikuman. Dia dan
saudaranya sering mencoba membuat karakter jagoan mereka sendiri. Kishimoto
menamakan jagoannya Wasabiman atau Mustardman yang diambilnya dari bumbu masak.
Setelah Dr.Slump, satu lagi karya Akira Toriyama yaitu serial anime Dragon Ball
menjadi idola Kishimoto. Ia sangat terobsesi pada Akira Toriyama. Saat itu
mulai berpikir menjadi seorang mangaka menyenangkan dan bercita-cita menjadi
seorang mangaka terkenal seperti Akira Toriyama. Dia pun memulai membuat manga
berjudul Hiatari-kun sebuah cerita berkisar tentang ninja remaja yang bia
dikatakan sebagai ide awal Naruto. Saat sekolah dasar ia tidak mendapatkan uang
jajan untuk membeli majalah Shonen Jump yang harganya 190 Yen saat itu,tapi ada
teman yang mau memimjamkannya. Di bagian info game majalah Shonen Jump ia
pertama kali melihat sebuah gambar yang mirip goresan Akira Toriyama. Game
berjudul Dragon Quest memang didesain oleh mangaka idolnya itu. Sayangnya Kishimoto
tidak memiliki game Famicom sendiri. Orangtua Kishimoto tidak membelikan dia
dan adiknya sehingga berusaha meminjam pada teman mereka. Kemudian ayah mereka
akhirnya membelikan juga Famicom dan software Dragon Quest yang pertama ia
miliki. Sang ayah yang awalnya anti video game akhirnya ikut bermain.
3. Memasuki SMP, Kishimoto mempunyai hobi
baru yaitu bermain baseball. Kerajinan baseball dan juga pelajaran makin berat
membuatnya hanya punya sedikit waktu atau sama sekali untuk menggambar. Saat
Kishimoto menyadari dirinya terlalu besar untuk menggambar,ia melihat poster
film ketika pulang sekolah, yang merupakan gambar terbaik yang dilihatnya.
Gambar yang dilihatnya adalah poster anime Akira karya Katsuhroi Otomo. Hal ini
membangkitkan kembali semangat menggambarnya dan beruaha menggambar sepersis
Otomo. Goresan Kishimoto mengalami perubahan besar setelah mempelajari Akira.
Ia menghabiskan banyak waktu untuk belajar dan mengerti gaya Otomo,tapi tidak
berhasil.Kishimoto sadar bahwa itu adalah gaya orisinil Otomo dan tidak
seorangpun bisa menirunya. Ia akhirnya berusaha membuat gayanya sendiri, namun
ternyata sangat sulit dan bahkan nyaris tidak mungkin. Maka mulailah Kishimoto
berusaha menggambar sepersis Otomo. Di bangku SMA kelas XI, Kishimoto berhasil membuat
manga 31 halaman. Ia meminta pendapat adiknya. Karyanya dinilai jelek oleh
adiknya. Kishimoto tidak terima dan minta pendapat ayahnya. Karyanya juga dicap
jelek oleh ayahnya. Walau begitu Kishimoto sadar bahwa impiannya mendapat
penghargaan sebagai mangaka pemula bisa terwujud jika terus berkarya. Setelah
membuat beberapa manga yang dinilainya tidak terlalu bagus, ia bertanya-tanya
apa yang membuat manga orang lain terlihat bagus. Kesibukan menggambar membuat
prestasi Kishimoto hancur. Ia lulus SMA dengan peringkat 38 dari 39 siswa. Tak
pelak hal ini jug membuat Kishimoto gelisah tentang masa depannya. Namun hanya
satu tekad yang ia pegang, ‘semua akan berhasil’. Dengan tekad inilah ia
menggambar dan terus mengirimkan komiknya ke Jump Magazine.
4. Akhirnya kerja keras tak kenal lelahnya
berbuah manis. Komik pertamanya yang dimuat oleh Jump Weekly adalah “Karakuri”
pada tahun 1996, mendapatkan Shōnen Jump Mingguan “Hop Step Award” pada tahun
1996, yang diberikan kepada seniman manga baru. Hal ini diikuti pada thun 1997
oleh versi one-shot dari Naruto (NARUTO-ナルト-?),
diterbitkan dalam Akamaru Jump Summer. Pada Desember 1997, Kishimoto menjadi
artis Shōnen Jump Mingguan untuk pertama kalinya dengan versi serial Karakuri
di Shōnen Jump Mingguan 1998 No.4-5, tetapi itu segera dibatalkan karena kinerja
yang buruk dalam voting pembaca.
5. Pada September 1999, versi edisi Naruto
perdana di “Shōnen Jump Mingguan 1999 No. 43, dan menjadi cepat hit. Naruto
masih terus berlangung dengan lebih dari 60 volume diterbitkan, dan telah
terjual lebih dari 113 juta kopi di Jepang dan lebih dri 95 juta kopi di
Amerika Serikat, diikuti oleh lebih dari 93 juta kopi di seluruh dunia (di luar
Jepang dan Amerika Serikat) bersama volume 36, juga sedang diadaptasi menjadi
dua seri anime sukses. Manga Naruto telah menjadi salah satu top manga dari Viz
Media, terhitung selama hampir 10% dari seluruh penjualan manga di Amerika
Serikat pada tahun 2006. Ketujuh volume yang di rilis oleh Viz menjadi manga
pertama yang oernah memenangkan Quill Award ketika menerima penghargaan untuk
“Best Graphic Novel” pada tahun 2006. Mengggapi kesuksesan Naruto, Kishimoto
mengatakan dalam Collector Winter 2007/2008 dia sangat senang karena penonton
Amerika telah mengerti dan memahami Ninja. Pada tahun 2009, Kishimoto merancang
sebuah kostum tambahan untuk karakter video game Lars Alexandersson pada Tekken
6, dan pada tahun 2010 karakter ini muncul dalam Naruto Shipudden: Ultimate
Ninja Strom 2 sebagai bagian dari lintas-promosi khusus. Pada tahun 2010, Kishimoto
juga memproduksi one-shot manga baseball, Bench (ベンチ
Benchi?), sebagai bagian dari Jump’s proyek “Top of Super Legend”, keenam
serial manga one-shot oleh artis terkenal Shōne Jump Mingguan. Untuk kesembilan
film Naruto, Road to Ninja: Naruto the Movie, Kishimoto bertanggung jawab untuk
kedua cerita dan desain karakter. Dalam rangka mempromosikan film, Kishimoto
juga bekerja di Motion Comic Naruto DVD yang memperlihatkan adengan dari manga
3D tersebut diberikan kepada 1,5 juta orang pertama yang pergi dan menonton ke
bioskop.
6. Kini Kishimoto-sensei dapat berbangga
diri. Keputusannya untuk tidak mengubah jalur hidupnya mekipun sedang
menghadapi jalan berliku berbuah manis. Anime,manga,dan serial Naruto adalah
salah satu serial anime paling populer di dunia saat ini. Keuletan Kishimoto
telah menjadikannnya komikus Jepang yang setara dengan para idolanya.
Daftar Pustaka :
Diakses pada November 2016
Tidak ada komentar:
Posting Komentar