Follow Us @literasi_smkn23jkt

Kamis, 04 Mei 2017

KECELAKAAN LALU LINTAS

Disusun oleh : Windy



Pernyataan Umum :
Saat ini di Indonesia ada begitu banyak kasus kecelaakan kendaraan bermotor,baik mobil,sepeda motor,truk,angkutan umum,bis,pick up, dan lain sebagainya. Kecelakaan lalu lintas adalah Suatu peristiwa dijalan yang tidak disangka-sangka dan tidak disengaja melibatkan kendaraan. Yang disebabkan oleh beberapa faktor antara lain kelalaian manusia, kondisi jalan dan kerusakan kendaraan akibat tidak melakukan perawatan yang maksimal dan masih banyak faktor lain sehingga mengakibatkan luka-luka dan kematian. Maka dari itu untuk pengemudi diperlukan ke hati-hatian dalam mengendarai

Urutan Sebab-Akibat 1 :
Faktor manusia merupakan faktor yang paling dominan dalam kecelakaan. Hampir semua kejadian kecelakaan didahului dengan pelanggaran rambu-rambu lalu lintas. Pelanggaran dapat terjadi karena sengaja melanggar, ketidaktahuan terhadap arti aturan yang berlaku ataupun tidak melihat ketentuan yang diberlakukan atau pula pura-pura tidak tahu. Faktor lain adalah pengendara/pengemudi mengantuk, tubuh yang lelah, kurang tidur, kurang oksigen, perjalanan panjang, dan lain sebagainya adalah hal-hal yang biasanya menyebabkan seseorang yang sedang mengedarai kendaraan bermotor menjadi ngantuk. Padahal salah satu syarat utama seorang pengemudi adalah tidak dalam keadaan mengantuk. Faktor lain yang disebabkan manusia Pengendara/Pengemudi Kurang Konsentrasi, kurang konsentrasi adalah salah satu hal yang dapat menghilangkan kesadaran seorang pengemudi yang sedang mengendarai kendaraannya. Ada banyak sekali hal yang dapat mengurangi konsentrasi seseorang saat mengemudi,yaitu seperti berbicara,menggunakan alat komunikasi, makan minum, merokok, asyik mendengarkan suara, melamun, sibuk melakukan suatu hal yang tidak berhubungan dengan mengemudi, dan lain sebagainya. Dan faktor yang terakhir adalah Pengendara/Pengemudi Kurang Menguasai Kendaraan, ada begitu banyak orang yang sebenarnya kurang mahir mengemudikan kendaraan yang sedang dikendarainya namun nekat mengendarainya.

Urutan Sebab-Akibat 2 :
            Faktor kendaraan yang paling sering adalah kelalaian perawatan yang dilakukan terhadap kendaraan Ketika kendaraan melaju dengan gagahnya bisa saja tiba-tiba mengalami sesuatu hal sehingga menyebabkan kecelakaan lalu-lintas. Contoh nya seperti rem blong, ban pecah, setir macet, dll. Dengan perawatan yang dilakukan kurang baik dapat mengakibatkan korban jiwa yang begitu banyak.

Urutan Sebab-Akibat 3 :
            Faktor jalan terkait dengan kecepatan, rencana jalan, geometrik jalan, pagar pengaman di daerah pegunungan, ada tidaknya median jalan, jarak pandang dan kondisi permukaan jalan. Jalan yang rusak/berlobang sangat membahayakan pemakai jalan.

Urutan Sebab-Akibat 4 :
            Faktor cuaca sangat memengaruhi  kendaraan apalagi ketika musim hujan hal yang dapat menyebabkan kecelakaan antara lain jarak pengereman menjadi lebih jauh, jalan menjadi lebih licin, jarak pandang juga terpengaruh karena penghapus kaca tidak bisa bekerja secara sempurna atau lebatnya hujan mengakibatkan jarak pandang menjadi lebih pendek.

Urutan Sebab-Akibat 5 :
Upaya yang dapat dilakukan untuk mengurangi risiko kecelakaan adalah ketika hendak mengendarai harus dengan keadaan yang  sehat agar dapat fokus dalam mengemudi dan tidak dalam keadaan mengantuk, serta memeriksa kendaraan dalam keadaan yang baik agar tidak terjadi rem blong atau hal lainnya. Untuk lebih maksimal dalam mengurangi jumlah kecelakaan adalah mematuhi rambu-rambu lalu lintas.



DAFTAR PUSTAKA

Diakses pada tanggal 4 April 2017

Tidak ada komentar:

Posting Komentar