Follow Us @literasi_smkn23jkt

Kamis, 16 Juni 2016

Teks Eksplanasi - Salju

Teks Eksplanasi "Salju"
Disusun Oleh: Tedi Saputra

Pernyataan Umum
Salju adalah sebuah fenomena alam yang hanya dijumpai dinegara-negara yang memiliki iklim subtropis. Salju di Indonesia hanya terjadi pada pegunungan tertinggi di Papua, Indonesia. Pada negara beriklim tropis, salju akan terjadi hanya pada pegunungan tertinggi saja, karena semakin tipis atmosfer udara semakin dingin.

Urutan Sebab-Akibat
Salju berasal dari butiran-butiran air hujan yang belum turun ke bumi. Dengan memalui proses pembukuan oleh angin dan atmosfer, butiran air tersebut berubah menjadi kristal kecil. Dan pada saatnya kristalan itu akan turun ke bumi seperti hujan. Iklim dari suatu negara juga mempengaruhi turunnya salju. Bila suatu negara beriklim subtropis, maka otomatis udara pada negara tersebut akan berubah menjadi sangat dingin dan akhirnya akan mempengaruhi turunya hujan.

Urutan Sebab-Akibat
Walaupun salju terlihat indah, namun ada beberapa faktor yang dapat membahayakan dari salju. Salju akan menumpuk dijalanan dan menutupi jalanan. Akibatnya orang-orang sulit beraktivitas dengan kendaraan mereka. Faktor lainnya, jalanan akan berubah menjadi licin. Jadi, ban-ban kendaraan harus diganti dengan ban yang khusus untuk jalanan licin. Dan orang-orang harus menggunakan sepatu boot agar tidak tergelincir.

Sumber:
http://uzi15.blogspot.co.id/2015/02/contoh-teks-eksplanasi.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar