Follow Us @literasi_smkn23jkt

Jumat, 05 Mei 2017

Disusun oleh : Muk Siau Fung



Pernyataan Umum :
Pengangguran adalah salah satu fenomena sosial yang berhubungan dengan aspek ketenagakerjaan yang sudah menjadi permasalahan di masyarakat. Seperti sebuah penyakit kronis yang menyerang sisi kehidupan dalam bermasyarakat. Telah banyak cara dalam penanganan yang telah dilakukan, namun permasalahan ini tidak juga tuntas. Tidak hanya di Indonesia, masalah pengangguran ini sudah ditemukan hampir di semua negara. Setiap pemerintahan yang ada didunia, telah menjadikan masalah pengagguran menjadi agenda yang utama. Secara umum, banyak yang mengartikan bahwa pengangguran adalah orang dewasa yang tak bekerja, masih mencari pekerjaan, atau tidak mempunyai pekerjaan secara formal dan tidak memperoleh penghasilan. Pengangguran seringkali menjadi masalah dalam perekonomian karena dengan adanya pengangguran, produktivitas dan pendapatan masyarakat akan berkurang sehingga dapat menyebabkan timbulnya kemiskinan dan masalah-masalah sosial lainnya. 

Urutan Sebab Akibat 1 :
Alasan utama orang tersebut pengangguran yaitu karena tidak memiliki kemauan sama sekali untuk bekerja maupun mencari pekerjaan sehingga sehari-harinya hanya di habiskan di dalam rumah. Tidak jarang pula mereka hanya bergantung pada belas kasihan orang disekitar mereka.

Urutan Sebab Akibat 2 :
Faktor-faktor yang menyebabkan pengangguran yaitu sedikitnya lahan pekerjaan yang disediakan, kurangnya skill atau keahlian yang dimiliki sehingga susah untuk terjun langsung ke lapangan pekerjaan, susah menerapkan kecerdasan yang dimilikinya  dalam dunia pekerjaan, kurangnya informasi yang didapat, malas dalam mencari lowongan pekerjaan, faktor umur bisa dibilang  juga sebagai kendala dalam penerimaan seorang pekerja, minimnya pendidikan yang dimiliki, tidak memenuhi kriteria yang ditentukan oleh perusahaan tertentu, kepadatan penduduk, banyaknya urbanisasi sehingga menimbulkan pemanfaatan tenaga kerja antar daerah tidak seimbang.

Urutan Sebab Akibat 3 :
Akibat munculnya pengangguran tersebut maka dapat menimbulkan berbagai macam persoalan sosial dan ekonomi bagi masyarakat. Orang yang tak mempunyai mata pencaharian juga tidak bisa mendapat penghasilan dan yang tak berpenghasilan tak dapat membelanjakan uang dalam membeli barang untuk memenuhi kebutuhan hidup. Jika jumlah penganggur sangat banyak maka akan timbul kekacauan sosial, jika jumlah gelandangan semakin meningkat pesat maka tingkat kriminalitas semakin tinggi. Dan juga akan terjadi kesenjangan sosial.

Urutan Sebab Akibat 4 :
Maka dari itu pengangguran adalah masalah besar yang harus dicarikan solusi. Langkah pertama adalah dengan memperbaiki kondisi lapangan kerja. Dengan semakin baiknya kondisi lapangan kerja, kekerasan sosial akibat pengangguran bisa dikurangi atau diatasi. Langkah kedua dengan memperbaiki komposisi lulusan sarjana yang dihasilkan dan disesuaikan dengan kebutuhan pasar tenaga kerja. Langkah ketiga adalah jika kita mampu memberikan keterampilan yang memadai untuk mereka usia kerja sehingga dapat menciptakan lapangan kerja sendiri.



DAFTAR PUSTAKA
Diakses pada tanggal 30 Maret 2017 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar