Follow Us @literasi_smkn23jkt

Selasa, 16 Mei 2017

Yang Tak Terduga “Who Am I – No System Is Safe”



Disusun Oleh : Muhammad Juanda Ramadhan


Judul Film       : Who Am I – No System Is Safe
Tahun              : 2014
Negara             : German
Sutradara         : Baran Bo Odar
Pemain             : - Tom Schilling sebagai Benjamin Engel
                           - Elyas M’Braek sebagai Max
                           - Wotan Wilke Mohring sebagai Stephan
                           - Antoine Monot Jr sebagai Paul
Orientasi
            Who Am I – No System Is Safe adalah film buatan negara German yang disutradarai oleh Baran Bo Odar dan dirilis pada tanggal 25 September 2014. Film ini berkisah tentang sekelompok hacker yang ingin dianggap keberadaannya di dunia para hackers. Tokoh utama film ini adalah Tom Schilling yang berperan sebagai Benjamin Engel.

Tafsiran Isi 1
            Benjamin Engel adalah seorang hacker yang berasal dari Berlin, ia sedang diinterogasi oleh Hanne Lindberg, pemimpin Cyber Divisi Europol. Hanne menyatakan bahwa Benjamin meminta dia untuk mengintogerasinya dan ia memiliki informasi mengenai FRI3NDS, kelompok hackers terkenal terhubung ke mafia maya Rusia, dan MRX. MRX merupakan seorang hacker yang terkenal di seluruh Darknet.  Karena tidak memiliki pilihan Hanne pun duduk dan mendengarkan cerita Benjamin. Hanne tidak mengetahui maksud dari Benjamin yang bertujuan untuk membuat dia beranggapan bahwa CLAY hanya beranggotakan Benjamin saja dan teman-temannya yang lain sudah mati.

Tafsiran Isi 2
            Benjamin ingat bagaimana dia menjadi superhero, seperti banyak pahlawan, ia tidak memiliki orang tua. Benjamin tidak pernah bertemu ayahnya yang sudah meniggal sebelum kelahirannya dan ibunya meninggal saat dia berumur delapan tahun. Benjamin tinggal dengan neneknya yang mengidap penyakit alzheimer. Dia menganggap itu sebagai super power, karena ia tidak diketahui selama seluruh karir sekolahnya dan menjadi canggung secara sosial. Namun dia memiliki bakat yang tidak dimilki oleh sembarang orang yaitu kemampuan membaca bahasa mesin. Saat umur 14 tahun Benjamin menghabsikan waktunya di Darknet. Di dalam Darknet Benjamin bertemu peretas pahlawannya yaitu MRX. Pada saat mengantarkan pizza Benjamin bertemu dengan teman lamanya yaitu Marie. Benjamin sudah lama memendam rasa terhadap Marie tapi dia jarang menyadari kehadiran Benjamin. Saat itu Marie sedang belajar untuk mengahadapi ujian di universitas. Benjamin berniat ingin membantu Marie dengan cara meretas sistem universitas untuk mengambil soal ujian yang akan di berikan kepada Marie. Namun, pada saat melakukan aksi peretasan  ada penjaga universitas yang mngetahui aksinya itu. Akhirnya Benjamin diberikan hukuman untuk melakukan pelayan masyarakat.

Tafsiran Isi 3
            Ketika sedang melakukan pelayan masyarakat, Benjamin bertemu dengan Max. Max adalah seorang hacker yang memiliki sifat karismatik dan percaya diri yang sangat tinggi. Setelah berkenalan dengan Max, Benjamin diajak untuk menunjukan kemampuannya. Sebelumnya Benjamin dikenalkan kepada dua orang teman Max yaitu Stephan seorang yang ahli dalam bidang software dan Paul seorang yang ahli dalam bidang hardware. Kemudian mereka memutuskan untuk membentuk kelompok hacker yang bernama CLAY (Clown Laughing At You). Kelompok mereka membuat kekacauan di kota Berlin dengam melakukan pranking, kegiatan tersebut membuat mereka terkenal di media sosial. Namun Max belum puas karena masih dianggap tidak ada apa-apanya oleh MRX.

Tafsiran Isi 4
            Setelah kejadian tersebut CLAY ingin meretas gedung BND, dengan menggunakan dumpster diving dan phising mereka berhasil mendapatkan akses ke gedung BND. Mereka berhasil meretas server internal dan hack printer untuk mencetak logo kelompok mereka yang bertuliskan CLAY WAS HERE! – NO SYSTEM IS SAFE!. Saat sedang melakukan peretasan Benjamin tertarik untuk mengambil berkas rahasia milik BND. Setelah berhasil meretas BND Benjamin dengan Max terlibat pertengkaran karena Max bermesraan dengan Marie. Dengan perasaan kesal Benjamin memberanikan diri untuk memberikan berkas rahasia milik BND yang berisi daftar karyawan yang diselundupkan ke MRX. Setelah itu MRX memberikan tanggapannya kepada Benjamin dan mengajak Benjamin untuk bekerja sama. Keesokan harinya ada salah satu hacker dari kelompok FRI3ND yang bernama Krypton ditemukan oleh pihak kepolisian dalam kondisi terbunuh. Krypton merupakan agen ganda yang bekerja untuk BND dan mengekspos MRX dan FRI3ND. Kejadian ini diketahui oleh Paul dan dia memberitahu anggota CLAY yang lainnya. Kemudian Benjamin menjelaskan kejadian yang telah dia lakukan. Akhirnya karena kejadian tersebut CLAY di cap sebagai kelompok teroris untuk hacking.

Tafsiran Isi 5
            CLAY berusaha memperbaiki citra mereka di kalangan hacker dengan cara membuktikan bahwa MRX adalah pelaku sebenarnya. Benjamin berusaha menghubungi MRX dengan menggunakan laptop di salah satu cafe. Namun yang terjadi malah Benjamin terjebak oleh MRX dan menjadikannya seorang buronan interpol. Setelah itu Benjamin mencoba kembali menghubungi MRX, tapi kali ini dia bekerja sama dengan Hanne untuk menangkap MRX. Benjamin berhasil menghubungi MRX dan menjebak MRX menggunakan alamat IP nya sendiri. Benjamin mempermalukan MRX di Darknet yaitu dengan cara menyebut bahwa MRX adalah seorang penghianat yang tiak pantas berada di Darknet. Pada akhirnya MRX berhasil ditangkap oleh Cyber Divisi Europol. Setelah berhasil menangkap MRX Hanne melepaskan Benjamin dengan tanpa syarat karena riwayat penyakit keluarganya yaitu alzheimer dan Hanne percaya bahwa CLAY itu Benjamin seorang. Di akhir cerita Benjamin dengan penampilan barunya dengan rambut berwarna putih sedang berdiri diatas kapal. Kemudian muncul Max, Stephen, Paul, dan Marie yang masih hidup, mereka 
semua berhasil menjalankan rencananya.

Evaluasi
            Film ini memiliki jalan cerita yang sangat sulit untuk di prediksi, tapi itu membuat si penonton menjadi penasaran dan sangat mengikuti jalan cerita. Film ini juga menampilkan bagaimana keadaan deeepweb atau Darknet yang digambarkan dengan sebuah gerbong kereta yang didalamnya terdapat para hacker yang menggunakan  topeng. Namun ada bagian yang mempertontonkan hal yang tidak wajar untuk dilihat.

Rangkuman
            Film ini sangat direkomendasikan untuk para penggemar hacking karena ceritanya yang sangat menarik. Dan gambaran seperti apa deepweb  itu yang menurut saya sangat keren. Film ini juga mengajarkan bagaimana hubungan peersahabatan yang sangat erat antara anggota CLAY. Oleh karena itu film ini direkomendasikan untuk di tonton.

Sumber :
Diakses pada tanggal 15 Mei 2017

Tidak ada komentar:

Posting Komentar