Follow Us @literasi_smkn23jkt

Minggu, 07 Mei 2017

Tornado Api

Disusun oleh Verrin

Pernyataan umum
            Tornado adalah kolom udara yang berputar kencang yang membentuk hubungan antara awan cumulonimbus atau dalam kejadian langka dari dasar awan cumulus dengan permukaan tanah. Tornado muncul dalam banyak ukuran namun umumnya berbentuk corong kondensasi yang terlihat jelas yang ujungnya menyentuh bumi, menyempit dan sering dikelilingi oleh awan yang membawa puing-puing. Tornado biasanya terdiri dari angin kencang, petir, awan,  atau  tornado yang berbentuk api. Fenomena alam ini merupakan perpaduan dua unsur yang sangat mematikan yakni tornado dan api.
            Tornado api adalah tornado atau pusaran angin yang muncul atau melintas di wilayah yang sedang terbakar. Tornado api bisa menggulung apa saja di hadapannya sekaligus membakarnya hingga menjadi abu, pasalnya temperatur di pusat inti tornado api ini bisa mencapai lebih dari 1000 derajat Celcius, cukup panas untuk membakar debu yang terhisap oleh tornado, bahkan bisa melelehkan besi.
Urutan sebab akibat
            Fenomena tornado api terjadi pada daratan kering dan cuaca panas yang dapat menimbulkan kebakaran, misalnya di padang rumput atau hutan yang mengalami kekeringan panjang atau sedang terbakar. Selain itu, bisa juga terjadi disekitar bangunan yang sedang terbakar.
Urutan sebab akibat
            Tornado api terjadi apabila udara diatas lahan yang terbakar berputar kencang. Kemudian udara akan memanas dan bergerak keatas, udara yang lebih dingin dari daerah disekitarnya berebut masuk mengisi udara yang kosong. Sementara angin yang panas terus-menerus bergerak keatas dengan kecepatan yang tinggi. Angin yang menuju keatas dapat mencapai suatu titik pemicu yang dapat memunculkan badai api, pada titik ini api kebakaran di daratan akan tersedot ke atas karena tertangkap oleh pusaran angin. Begitu juga dengan rumah-rumah, mobil dan benda-benda lainnya yang berada di tanah karena angin panas ini. Angin yang berputar ini akan menjebak api dan memutarnya hingga membentuk lengan api panjang yang tingginya bisa mencapai 30 meter.
Urutan sebab akibat
            Api yang terbang di udara tersedot angin panas akan membakar puing-puing bangunan dan benda-benda yang ikut terbang menciptakan sebuah tornado api yang sangat  panas. Setelah terbentuk tornado api akan sulit untuk memadamkannya, satu-satunya cara hanyalah menunggu semua udara habis tersedot dan pada akhirnya tornado api yang akan padam dan menciptakan hujan hitam.
Urutan sebab akibat
            Pada saat tornado api besar masih berlangsung besi-besi bangunan dan mobil akan meleleh oleh suhu tornado api yang mencapai lebih dari 1000 derajat celcius, selanjutnya besi-besi ini akan terlempar ke segala penjuru oleh angin dan sangat berbahaya bagi manusia jika berada tak jauh dari sekitar lokasi.
Urutan sebab akibat
            Peristiwa tornado api ini pernah terjadi di Santa Margarita, California, Mei 2002, penyebabnya adalah dari kebakaran semak. Kemudian tornado api yang terbentuk saat kebakaran gambut di sebuah peternakan Inggris tahun 2008. Tornado api yang terjadi di lereng gunung berapi Mauna Kena, terjadi saat terbakarnya 566 hektar semak belukar karena cuaca yang sangat panas.
Diakses pada 6 Maret 2017

Daftar Pustaka

Tidak ada komentar:

Posting Komentar