Follow Us @literasi_smkn23jkt

Selasa, 16 Mei 2017

Dengan Senyum Satu masalah dihidup kita berkurang “3600 Detik”





Disusun oleh   : Tiara Putri

       



Judul Film       : 3600 Detik
Tahun Rilis      : 2014
Sutradara         : Nayato Fia Nuala
Pemain            : 1. Shae Sebagai Sandra
                          2. Stefan William Sebagai Leon


·        ORIENTASI

3600 Detik, film yang diproduksi oleh Starvision Plus, ini merupakan film drama Indonesia dengan durasi 90menit. Yang diangkat dari novel terlaris karya Charon, dan diskenarioi oleh Haqi Achmad, kemudian disutradarai oleh Nayato Fia Nuala. Yang mengangkat kisah tentang perubahan hidup seorang gadis akibat perpisahan kedua orang tuanya. Film ini diperankan oleh Shae sebagai Sandra, dan Stefafan William sebagai Leon.

*      Tafsiran Isi 1

Hidup Sandra mendadak berubah setelah Mama dan Papanya bercerai. Kemudian Sandra mengecat merah warna rambutnya, hingga membuatnya terlihat aneh. Akhirnya Mama mencoba memperbaiki diri Sandra dengan mengajaknya pergi keluar kota. Mama berfikir mungkin dengan suasana baru Sandra dapat memperbaiki dirinya seperti semula. Hingga ia dipindahkan pula
disekolah baru.

*      Tafsiran Isi 2

Disekolah baru Sandra bertemu dengan Leon, seorang juara kelas yang sangat ramah dan baik. Walaupun banyak orang yang takut ketika melihat Sandra, namun tidak dengan Leon. Ia ingin menjadikan Sandra sebagai temannya. Sandra sempat menolak ajakan Leon, namun seiring waktu berjalan mereka  banyak melewati hari- hari bersama. Ditambah lagi Pak Doni menugaskan Leon untuk membimbing dan mengawasi Sandra disetiap aktivitasnya.

*      Tafsiran Isi 3

Lambat laun sifat Sandra pun berubah, Pak Doni dan Mama menyadari bahwa perubahan itu karena adanya Leon dalam hidup Sandra. Ternyata Leon terkena penyakit jantung stadium akhir. Leon hanya bisa bertahan beberapa bulan lagi, dan ia sering keluar masuk rumah sakit. Sandra pun mencurigai tentang apa yang disembunyikan Leon. Tapi ia sangat senang karena Sandra telah membuat hidupnya lebih berwarna.

*      Tafsiran Isi 4

Beberapa hari Leon tidak masuk sekolah dan sulit untuk dihubungi. Ternyata Leon menyimpan rahasia besar dari Sandra. Saat Leon berada dirumah sakit, Sandra meminta izin untuk mengajak Leon pergi. Semua pun memberi mereka izin. Sandra mengajak Leon untuk menghabiskan 3600 detik yang paling berharga untuk menjadi manusia normal dalam hidupnya. Dan akhirnya Leon pun menghembuskan nafas terakhir, setelah melewati 3600 detiknya bersama Sandra.
 
·        EVALUASI

Keunggulan novel ini yaitu, mempunyai tema yang bagus, sehingga dapat membuat pembaca masuk dalam cerita. Jalan ceritanya juga tersusun rapi mulai dari awal hingga akhir. Gaya bahasanya juga mudah dipahami. Serta yang paling penting, novel ini mempunyai pesan moral yang tinggi.

Namun novel ini juga memiliki kelemahan. Seperti kebanyakan novel-novel “teenlit”yaitu jalan cerita yang mudah sekali ditebak oleh pembaca. Serta sedikitnya permasalahan dalam cerita yang ada di novel tersebut, sehingga terdapat kesan yang kurang seru.

·        Rangkuman

Setelah membaca dan menganalisa, menurut saya Novel ini layak untuk di baca dan di publikasi untuk para pembaca. Banyak amanat yang terdapat dalam novel ini. Novel ini juga dapat menghibur pembaca dan memberi banyak manfaat lain. Itu terbukti ketika novel ini telah diadaptasi menjadi sebuah film yang menarik bagi banyak penonton.


Sumber :

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar