Follow Us @literasi_smkn23jkt

Senin, 08 Mei 2017

FENOMENA SOSIAL KEPADATAN PENDUDUK

Disusun oleh: Tiffanny Theresiandy




Kepadatan penduduk adalah jumlah penduduk yang mendiami suatu wilayah atau daerah tertentu dengan satuan per kilometer persegi. Ciri-ciri kepadatan penduduk yang makin lama makin tinggi adalah tingginya pertumbuhan penduduk yang terus berjalan dan meningkatnya jumlah permukiman di daerah tersebut. Dewasa ini, pertumbuhan penduduk di dunia sangat pesat. Hal ini dapat dilihat dari jumlah penduduk di dunia yang berjumlah hampir mencapai10 Milyar jiwa. Seperti yang telah diketahui, Indonesia merupakan negara yang memiliki penduduk terbesar ke empat setelah Amerika Serikat. Jumlah penduduk di Indonesia selalu bertambah dari tahun ke tahun dalam jumlah yang cukup tinggi. jumlah penduduk Indonesia diperkirakan mencapai 250 Juta jiwa.
Masalah kepadatan penduduk ini disebabkan oleh beberapa faktor yaitu mulai dari para remaja yang menikah muda, pola pikir masyarakat yang rendah, pergaulan bebas dan kriminalitas yang tinggi. Dan adapun akibat yang ditimbulkan dari kepadatan penduduk adalah kebutuhan air bersih dan udara bersih meningkat, meluasnya permukiman kumuh, pengangguran meningkat, kemacetan meningkat, berkurangnya ketersediaan lahan dan kerusakan lingkungan.
Agar kepadatan penduduk tidak semakin meningkat, berikut adalah beberapa solusi untuk mengatasi masalah kependudukan di Indonesia yaitu, melaksanakan program KB (Keluarga Berencana) untuk membatasi jumlah anak dalam suatu keluarga secara umum sehingga dapat mengurangi jumlah angka kelahiran, menunda masa perkawinan, penambahan dan penciptaan lapangan kerja, meningkatkan kesadaran dan pendidikan keendudukan, melaksanakan program transmigrasi serta meningkatkan produksi dan pencarian sumber makanan.
Berdasarkan pembahasan di atas, dapat disimpulkan bahwa kepadatan penduduk di Indonesia menjadi masalah yang cukup serius dan tentunya berdampak buruk, untuk itu perlu adanya kesadaran dari pihak pemerintah dan masyarakatnya. Maka dari itu kita sebagai warga negara Indonesia harus berpartisipasi membantu pemerintah dalam mengatasi masalah kependudukan yang ada di Indonesia agar tidak semakin meningkat.




1 komentar:

  1. Assalamualaikum
    senang sekali saya bisa menulis kisah nyata kami
    dan berbagi kepada teman-teman disini.

    Meski hidup dalam keprihatinan, karena hanya mengandalkan penghasilan dari jual gorengan, namun rumah tangga kami terbilang harmonis. Jika berselisih paham, kami selalu menempuh jalan musyawarah. Hal itu wajib kami terapkan untuk menutupi aib dan segala bentuk kekurangan yang ada dalam rumah tangga kami agar tidak terdengar oleh orang luar. Karena begitulah pesan dari para orang tua kami.

    Hari demi hari aku habiskan hanya untuk bekerja dan bekerja. Hal itu aku lakukan, selain sadar akan tanggung jawabku sebagai orang tua , juga ingin menggapai harapan dan cita cita. Yah, mungkin dengan begitu ekonomi keluargaku dapat berubah dan aku bisa menyisihkan sedikit uang penghasilanku itu untuk masa depan anak-anakku dikemudian hari. Namun semua itu menjadi sirna.

    Selanjutnya kami pun melangkah untuk mencobanya minta bantuan melalui dana gaib tanpa tumbal,alhamdulillah dalam proses 1 hari 1 malam kami bisa menbuktikan.

    Jalan ini akan mengubah kemiskinan menjadi limpahan kekayaan secara halal dan tidak merugikan orang lain.

    Alhamdulillah semoga atas bantuan ki witjaksono terbalaskan melebihi rasa syukur kami,
    saat ini karna bantuan aki sangat berarti bagi keluarga kami.
    Bagi saudara-saudaraku yg butuh pertolongan silahkan hubungi
    Ki Witjaksono di:0852-2223-1459
    Supaya lebih jelas kunjungi blog
    ~KLIK DISINI~

    BalasHapus