Follow Us @literasi_smkn23jkt

Senin, 08 Mei 2017

Pengangguran



 Disusun Oleh  : Lasmiati




Pernyataan Umum :

Pengangguran merupakan salah satu fenomena sosial yang berkaitan dengan aspek ketenagakerjaan yang menjadi masalah di masyarakat. Secara umum, banyak yang mengartikan bahwa pengangguran adalah orang dewasa yang tidak bekerja, sedang mencari pekerjaan atau tidak memiliki pekerjaan secara formal dan tidak memiliki penghasilan. Dalam pengertian ekonomi, yang disebut sebagai pengangguran adalah mereka berusaha mencari pekerjaan, tetapi tidak atau belum mendapatkan pekerjaan pada tingkat upah yang berlaku.


Urutan Sebab – Akibat :

Pengangguran bisa disebabkan oleh rendahnya pendidikan serta keterampilan dari pekerja itu sendiri. Sekitar 74 % tenaga kerja Indonesia memiliki pendidikan rendah yaitu SD dan SMP. Belum lagi sistem pendidikan Indonesia yang tidak fokus pada persoalan praktis yang dibutuhkan dalam kehidupan dan dunia kerja. Pada akhirnya mereka menjadi pengangguran intelek. 
Adanya kebijakan pemerintah yang tidak berpihak kepada rakyat juga dapat menimbulkan pengangguran. Menurut Menteri Tenaga Kerja dan Transportasi, kenaikan BBM telah menambah pengangguran sekitar 1.000.000 orang. Kebijakan pemerintah lebih menekankan pada pertumbuhan ekonomi bukan pemerataan.
Banyaknya tenaga kerja wanita mampu meningkatkan pengangguran di pihak laki – laki. Peningkatan jumlah tenaga kerja wanita ini mengakibatkan persaingan pencari kerja antara wanita dan laki – laki. Biasanya yang diutamakan adalah wanita karena mereka mudah diatur dan tidak banyak menuntut termasuk masalah gaji. 
Tingginya tingkat pengangguran mengakibatkan kelesuan ekonomi dan merosotnya tingkat kesejahteraan masyarakat. Dampak pengangguran terhadap ekonomi masyarakat meliputi menurunnya pendapatan per kapita, sumber pendapatan negara dari pemasukan pajak penghasilan cenderung berkurang, meningkatnya biaya yaitu biaya penyuluhan, biaya pelatihan, dan biaya keamanan sebagai akibat dari meningkatnya tindak kriminalitas. 
Akibat munculnya pengangguran dapat menimbulkan persoalan sosial dan ekonomi di masyarakat. Jika jumlah pengangguran meningkat maka akan menimbulkan kekacauan sosial, jika jumlah gelandangan semakin meningkat pesat maka tingkat kriminalitas semakin tinggi.



Daftar Pustaka



Tidak ada komentar:

Posting Komentar