Follow Us @literasi_smkn23jkt

Selasa, 16 Mei 2017

"Silence" : Keadilan yang Tumpul ke Atas, Tajam ke Bawah

Disusun oleh : Angela Christina


Judul film : Silenced/The Crucible
Tahun       : 2011
Sutradara : Hwang Dong Yuk
Pemain     :
-          Gong Yoo sebagai Gang In-ho
-          Jung Yu-Mi sebagai Seo Yu-Jin
-          Kim Hyun-Soo sebagai Yeon-doo
-          Jung In-Seo sebagai Yoo-Ri
-          Baek Seung-Hwan sebagai Min-soo




Orientasi :
Film Silenced adalah film drama dari Korea Selatan yang disutradarai oleh Hwang Dong Yuk yang dirilis pada tanggal 22 September 2011. Film ini diadaptasi dari novel best-seller karya Gong Ji Young. Film ini berdurasi 125 menit yang berdasarkan kisah nyata tentang pelecehan seksual yang terjadi di Gwangju Inhwa School, sekolah khusus untuk siswa tuna rungu dan tuna daksa. Film yang diproduksi oleh CJ Entertainment ini dibintangi oleh Gong Yoo sebagai guru seni,  Jung Yu-Mi sebagai aktivis HAM, Kim Hyun-Soo, Jung In-Seo dan Baek Seung-Hwan sebagai korban pelecehan seksual.

Tafsiran isi 1 :
          Gang In-ho (Gong Yoo) yang seorang single parent dan kesulitan keuangan, terpaksa menerima tawaran pekerjaan menjadi guru kesenian di sebuah sekolah khusus anak-anak tuna rungu di Mujin, daerah yang jauh dari kota Seoul. Di sekolah tersebut, In-ho menemukan fakta yang mengejutkan, beberapa anak mengalami kekerasan fisik dan seksual oleh para guru dan kepala sekolah. Akhirnya In-ho bersama seorang aktivis HAM, Seo Yu-Jin (Jung Yu-Mi), bersama-sama membantu anak-anak tersebut dan mengekspos kasus tersebut agar diketahui khalayak ramai. Tapi, fakta di lapangan berbicara lain. Baik para guru, staff, kepala sekolah, polisi, bahkan hakim justru menutupi kasus tersebut.

Tafsiran isi 2 :
Walaupun polisi dari wilayah tersebut terkesan tidak ingin mengusut kasus tersebut karena semua tersangka adalah orang yang berpengaruh di masyarakat. Selain itu, mereka bertiga adalah penganut kristen yang sangat taat dan mempunyai pengikut yang setia. In Ho dan Yoo Jin tetap berusaha membongkar kasus tersebut dengan bantuan dari media massa yang ikut menyebarkan kasus pelecehan tersebut. Walaupun kasus tersebut berhasil di bawa ke Pengadilan, para saksi memberikan keterangan yang meringankan tersangka, begitu juga dengan keluarga korban memilih berdamai karena mereka semua orang miskin dan lebih memilih diberi imbalan uang sebagai penggantinya. Proses peradilan kasus tersebut selesai dengan para terdakwa dijatuhi hukuman yang sangat ringan.

Karena merasa sangat tidak adil, Min Soo mencoba membunuh guru laki-lakinya yang telah membuat adiknya meninggal dan kemudian Min Soo dan gurunya itu mati tertabrak kereta. Hal ini membuat In Hoo dan semuanya merasa terpukul. Setahun kemudian, In Ho telah berada di Seoul dan Yoo Jin mengiriminya kabar bahwa mereka masih dalam proses banding dan tetap mendapat banyak halangan dan kabar baiknya adalah karena kasus ini, banyak orang yang bersimpati pada mereka.

Tafsiran isi 3 :
            Pesan moral yang terkandung dari film ini adalah keberanian dalam mengungkapkan kebenaran, berani mengambil resiko, pantang menyerah, dan jangan menilai orang dari penampilan luarnya, seperti peran kepala sekolah yang memiliki sifat baik, dermawan, dan penganut kristen yang sangat taat tapi dibalik perilakunya yang baik. Dia adalah pelaku pelecehan seksual terhadap muridnya sendiri.

Tafsiran isi 4 :
Dalam film ini terdapat peran penyandang tuna rungu dan tuna daksa jadi pemain anak-anaknya pun harus belajar menggunakan bahasa isyarat oleh karena itu judul film ini adalah Silenced karena film berdurasi dua jam lebih ini lebih banyak menampilkan akting mimik dan gerak para pemain daripada dialog.

Tafsiran isi 5 :
Film ini sangat cocok ditonton oleh orang Indonesia bahwa film ini mengajarkan masih banyak ketidakadilan di sekitar kita. Film ini tak jauh berbeda dengan kondisi Indonesia sekarang ini, hukum bisa dibeli bagi mereka yang berkantong tebal, yang seakan-akan jika ingin mendapatkan keadilan harus mempunyai banyak uang. Hal tersebut sangat tidak adil bagi mereka yang hanya orang biasa.

Evaluasi :
Film berbudget rendah ini termasuk film fenomenal pada 2011 karena mampu membuat dinas pendidikan Korea melakukan sidak ke seluruh sekolah untuk memastikan apa yang terjadi dalam film yang diangkat dari kisah nyata ini tidak berulang kembali dan juga film ini berhasil mendapatkan 1,2 juta penonton dalam minggu pertamanya.
Kelebihannnya terletak pada pemain di film yaitu sang aktor utama,  Gong Yoo memang paling tepat memerankan karakter In-ho yang pandai sekali dalam menghayati peran Gong In Ho tersebut. Diduetkan dengan Jung Yu-Mi yang juga tak kalah bagus aktingnya dengan Gong Yoo dan tentunya pihak antagonis, seperti si kembar kepala sekolah dan salah satu guru yang melakukan kekerasan seksual, memang sukses membuat para penonton menjadi kesal dan benci karena aktingnya yang luar biasa. Pemain anak-anaknya pun mampu mencuri perhatian dengan akting mereka yang keren. Terlebih karena mereka juga harus belajar bahasa isyarat.
Kekurangan film ini terdapat pada adegan kekerasan dan pelecehan seksual terhadap anak tuna rungu dan tuna daksa walaupun adegannya tidak vulgar tetapi menurut saya  kurang cocok ditonton oleh anak-anak atau sebaiknya ketika menonton didampingi oleh orang dewasa.

Rangkuman :
Film Silence ini bercerita tentang perjuangan seorang guru seni dan aktivis HAM yang berusaha untuk mengungkap kejahatan yang dilakukan oleh pihak sekolah terhadap muridnya sendiri.
Film ini mengajarkan bahwa agar kita jangan menukarkan keadilan dengan hal-hal seperti uang dan perlakukan setiap orang secara adil bukan dilihat dari penampilan luarnya.
Jadi, film Silenced ini memang sangat layak untuk ditonton dan bukanlah suatu penyesalan menonton film yang berhasil meraih 1,2 juta penonton dalam minggu pertamanya ini. Film ini bukanlah sekadar film biasa yang akan berlalu dalam ingatan begitu saja. Film ini lebih dari sekadar berkesan.


Sumber :

Tanggal akses : Sabtu, 6 Mei 2017

Tidak ada komentar:

Posting Komentar