Follow Us @literasi_smkn23jkt

Selasa, 09 Mei 2017

KENAKALAN REMAJA

Disusun Oleh : Nindy Maharani





(Pernyataan Umum)
Remaja adalah setiap orang yang sedang berada antara jenjang SMP sampai SMA. Bisa diartikan antara umur 13 sampai 18 tahun. Saat remaja itulah, setiap orang ingin belajar, mencontoh, mencoba hal baru, mengekspresikan jiwanya untuk mencari jati diri mereka.Sayangnya, tidak sedikit dari mereka yang terlibat pada kasus kenakalan remaja. Kenakalan remaja merupakan suatu perilaku menyimpang (dalam artian negatif) yang dilakukan oleh remaja. Tidak jarang dari mereka yang bangga telah melakukan perilaku negatif tersebut.

(Urutan sebab-akibat)
            Banyak hal yang tergolong dalam kasus kenakan remaja. Entah itu perorangan atau berkelompok, kasus kecil sampai kasus pidana besar. Kenakalan remaja bisa berwujud pemalakan, aksi bullying, vandalisme, pelecehan, pergaulan bebas, sampai dengan kasus yang melibatkan korban tewas, seperti pembunuhan.
            Adapun kenakalan remaja bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Faktor internalnya biasanya datang dari keluarga yang kurang baik; perekonomian keluarga, perceraian, perselingkuan, broken home, merasa tidak diperhatikan, mau pun gangguan jiwa orang tersebut. Sedangkan faktor eksternal dapat terjadi karena pergaulan sosial dengan orang-orang yang salah, masyarakat yang acuh, pengaruh teman yang kurang baik dan lain sebagainya.
            Setalah melakukan perilaku tersebut, banyak dampak negatif yang akan ditimbulkan. Dampak pada diri sendiri; seseorang akan mudah marah, anti sosial, suka mengganggu orang lain, bertindak kriminal, sakit keras yang disebabkan dari pola hidup tidak sehat, dibenci orang lain, susah mendapat pekerjaan. Sedangkan dampak buruk pada orang lain dapat berupa; ketakutan pada diri korban, kerusakan dan kehilangan harta benda bahkan mengancam jiwa orang lain. Bisa saja seorang korban kenakalan remaja tidak terima dan dendam dengan orang-orang tersebut, dan malah ikut menjadi remaja nakal agar tidak menjadi korban dan dapat membalas dendamnya.

(Urutan sebab-akibat)
            Hal-hal tersebut dapat ditanggulangi dengan selalu mendekatkan diri pada Tuhan YME dan selalu berbuat baik pada orang lain. Supaya kita tidak terlibat dalam kasus kenakalan remaja, kita juga harus berprasangka baik pada orang lain, mengisi waktu dengan hal positif, memilih pergaulan yang baik, saling membantu, mendamaikan orang yang sedang berseteru dan tidak mencoba untuk membalas dendam perbuatan buruk orang lain pada kita. Keluarga menjadi faktor terpenting yang berperan dalam hal ini, sebaiknya orang tua selalu menasihati anaknya dan anak tidak segan berbagi atau memberi tahukan masalahnya pada keluarga. Jika sudah terlanjur, sebaiknya pelaku kenakalan remaja jangan langsung dipidanakan dan dipenjara, tapi diberi bimbingan dan arahan yang baik terlebih dahulu.

            Jadi kenakalan remaja merupakan suatu perbuatan menyimpang yang dapat merugikan diri sendiri mau pun orang lain. Sedangkan kasus-kasus tersebut dapat didasari dari berbagai latar belakang, dan keluarga sangat berperan penting dalam kasus tersebut untuk mencetak anak yang akan menjadi pelaku kenakalan remaja atau pun menjadikan anak aset berharga masa depan bagi keluarga dan dapat menanggulangi kenakalan remaja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar