Follow Us @literasi_smkn23jkt

Senin, 15 Mei 2017

MENGENAL ARTI KELUARGA SESUNGGUHNYA “SABTU BERSAMA BAPAK”


Di susun oleh : Sindi Suhardiyanti





JUDUL FILM                         : SABTU BERSAMA BAPAK
TAHUN                                  : 2016
SUTRADARA                       : MONTY TIWA
PEMAIN                                 : ABIMANA ARYASATYA, IRA WIBOWO
    DEVA MAHENRA, ACHA SEPTRIASA
DURASI                                 : 111 MENIT
PENULIS SKENARIO          : ADHITYA MULYA
PRODUSER                         : ODY MULYA HIDAYAT



Orientasi :
Sabtu Bersama Bapak merupakan film drama indonesia yang dirilis 5 Juli 2016. Film ini diangkat dari novel berjudul sama  karya Adhitya Mulya dengan produser Ody Mulya Hidayat dari Maxima Pictures yang menyerahkan semua produksinya pada Max Picturesdengan arahan dari Monty Tiwa. Dibintangi oleh Abimana Aryasatya sebagai Gunawan Garnida, Ira Wibowo sebagai Itje, Arifin Putra sebagai Satya, Deva Mahenra sebagai Cakra, Acha Septriasa sebagai Rissa, Sheila Dara Aisha sebagai Ayu, Ernest Prakasa sebagai Firman, Jennifer Arnelita sebagai Wati, Rendy Kjaernett sebagai Salman, Tuti Kembang Mentari, Tri Yudiman, Farras Fatik.
Film sabtu bersama bapak adalah Sebuah film adaptasi best-selling novel bertajuk Sabtu Bersama Bapak menjadi satu dari lima film yang saling bertempur di dalam arena bernama “film lebaran 2016”. Film ini diangkat dari novel karangan Adithya Mulya, orang yang sama yang bertanggungjawab menulis komedi cerdas Jomblo pada tahun 2003 silam. Berbeda dari premis “Jomblo” sebelumnya yang berkisah tentang seorang pemuda yang belajar mencari cinta, tentang seorang pria yang belajar menjadi bapak dan suami yang baik, tentang seorang ibu yang membesarkan mereka dengan penuh kasih, dan tentang seorang bapak yang meninggalkan pesan dan berjanji selalu ada bersama mereka.

Tafsiran 1 :
Gunawan Garnida (Abimana Aryasatya) divonis menderita kanker dan divonis hanya akan hidup satu tahun lagi. Ia dan istrinya, Itje (Ira Wibowo), merahasiakan hal ini dari kedua anaknya. Gunawan sedih karena ia tidak akan bisa mengantar kedua anaknya untuk beranjak dewasa. Sang ayah yang mengetahui kalau umurnya tidak lama dan tahu tidak akan dapat melihat kedua anaknya, Satya (Arifin Putra) dan Cakra (Deva Mahenra), tumbuh. Sang ayah memutuskan untuk melakukan sesuatu agar kedua anaknya tetap tidak kehilangan sosok bapak dalam hidup mereka.

Tafsiran 2 :
Pesan moral dari film sabtu bersama bapak ialah “orangtua yang bijak akan selalu memberikan tuntunan kepada anak-anaknya, meski tidak selalu bersama”.

Tafsiran 3 : 
Sadar akan dipanggil Tuhan sebentar lagi dan anak-anaknya yang masih kecil pasti membutuhkan figur seorang ayah, Gunawan berinisiatif untuk merekam wejangan-wejangan untuk anak-anaknya kelak ketika dia sudah tidak ada bersama mereka lagi. Video-video tersebut nantinya diamanahkan kepada istrinya Itje (Ira Wibowo) untuk diputar setiap Sabtu untuk anak-anaknya, Satya (Arifin Putra) dan Cakra (Deva Mahenra).


Tafsiran 4 : 
Film Sabtu Bersama Bapak berkisah tentang dua anak lelaki yang tumbuh dewasa dengan didikan bapak yang telah tiada. Bapak mewariskan pemikirannya yang ia tuangkan dalam berpuluh-puluh kaset video yang dibuatnya sebelum meninggal. Bapak ingin anak-anaknya tumbuh tanpa kehilangan peran kepala keluarga yang akan mengajari mereka banyak hal tentang kebijakan hidup.

Tafsiran 5 :  
Fim sabtu bersama bapak berbeda dari premis “Jomblo” sebelumnya yang berkisah tentang seorang pemuda yang belajar mencari cinta, tentang seorang pria yang belajar menjadi bapak dan suami yang baik, tentang seorang ibu yang membesarkan mereka dengan penuh kasih, dan tentang seorang bapak yang meninggalkan pesan dan berjanji selalu ada bersama mereka.

Tafsiran 6 :
Sabtu Bersama Bapak adalah drama keluarga yang berkesan. Sabtu Bersama Bapak adalah film keluarga yang penting dan sangat menyentuh. Sebaiknya, film ini ditonton bersama keluarga atau pasangan yang bakal calon jadi keluarga.

Evaluasi :
  • Kelebihan :
Dari segi penokohan, pemiihan cast untuk memainkan karakter cukup sempurna dan Pemeran mapu memainkan karakter cadas dan perfeksionisnya. Ensemble cast yang luar biasa, naskah yang apik, dan musik yang syahdu

  • Kekurangan :         
sebagai suami istri, chemistry antara Ira Wibowo dan Abimana kurang terasa. Ada beberapa lokasi yang tidak sesuai, dan film ini juga menggunakan efek jadul pada kamera yang membuat film terbawa jadul atau kuno. Segi visual film ini banyak terjadi kekurangan. Efek flare berlebihan dan tidak natural malah merusak komposisi gambar yang sebenarnya sudah pas. Ketajaman gambarnya juga tidak terlalu detail dan dieksekusi dengan angle-angle biasa namun masih cukup bisa dinikmati.

Rangkuman :
Sabtu Bersama Bapak adalah drama keluarga yang berkesan. Sabtu Bersama Bapak adalah film keluarga yang penting dan sangat menyentuh. Tidak hanya mengandung kekeluargaan tetapi juga terdapat adegan humornya. Sebaiknya, film ini ditonton bersama keluarga atau pasangan yang bakal calon jadi keluarga.


waktu akses : 13 mei 2017




Tidak ada komentar:

Posting Komentar