Follow Us @literasi_smkn23jkt

Rabu, 17 Mei 2017

Mengejar mimpi dalam film “Laskar pelangi”



Disusun oleh : Risti Eka Putri




Judul film          :  Laskar Pelangi
Tahun rilis         :  2008
Sutradara         :  Riri Riza
Produser          :  Mira Lesmana
Pemain             :  1. Ikal yang diperankan oleh Zulfani
                           2. Lintang yang diperankan oleh Ferdian
                           3. Mahar yang diperankan oleh Veris Yamarno
                           4. Kucai diperankan oleh Yogi Nugraha
                           5. Syahdan diperankan oleh M. Syukur Ramadhan
                           6. A Kiong yang diperankan oleh Suhendri
                           7. Borek yang diperankan oleh Febriansyah
                           8. Trapani yang diperankan oleh Suharyadi
                           9. Harun diperankan oleh Jefry Yanuar
                           10. Sahara diperankan oleh Dewi Ratih Ayu
                           11. Flo yang diperankan oleh Marcella
                           12. Ibu Muslimah yang diperankan oleh Cut Mini
                           13. Pak Harfan yang diperankan oleh Ikranagara
Orientasi 1
“Laskar pelangi” adalah sebuah film karya Riri Riza yang bergenre roman - edukasi. Film ini diadaptasi dari sebuah novel dengan judul yang sama karya Andrea Hirata pada tahun 2008 dan diproduksi oleh Miles film.

Orientasi 2
Berkisah tentang 10 anak dari keluarga miskin yang bersekolah di  Muhammadiyah dari kelas 1 SD sampai 3 SMP yang berlokasi di Belitung, kehidupan mereka penuh dengan keterbatasan. Keterbatasan yang ada tidak membuat mereka putus asa, tetapi malah membuat mereka terpacu untuk dapat melakukan sesuatu yang lebih baik. Cerita ini dimulai ketika sekolah Muhammadiyah terancam akan ditutup oleh Depdikbud Sumatera Selatan jika siswa baru tidak mencapai 10 anak. Pada saat  itu, hanya sembilan anak yang mendaftar, saat Pak Harfan sang Kepala Sekolah sedang berpidato menutup sekolah, datanglah Harun seorang anak yang mempunyai keterbatasan  bersama ibunya untuk mendaftarkan diri di sekolah kecil tersebut. Sepuluh anak tersebut menamai diri mereka sebagai Laskar Pelangi. Pada bagian akhir cerita, anggota Laskar Pelangi bertambah satu anak perempuan yang bernama Flo, seorang murid pindahan. Film ini berdurasi selama 125 menit yang diperankan oleh tokoh utama yaitu Ikal,sosok aku dalam cerita ini yang dikisahkan selalu menempati peringkat dua dikelas dia juga menyukai sastra dan menulis puisi.

Tafsiran 1
Dari sanalah cerita mereka dimulai, yaitu mulai dari penempatan tempat duduk, pertemuan mereka dengan Pak Harfan, perkenalan mereka yang luar biasa, yaitu A Kiong yang malah cengar-cengir ketika ditanyakan namanya oleh guru mereka, Bu Mus. Kejadian bodoh yang dilakukan oleh Borek, pemilihan ketua kelas yang diprotes oleh Kucai, kejadian ditemukannya bakat luar biasa Mahar, pengalaman cinta pertama Ikal, sampai pertaruhan nyawa Lintang yang mengayuh sepeda 80 km pulang pergi dari rumah kesekolahnya mewarnai cerita ini. Namun sayangnya kisah 10 kawanan ini harus berakhir tatkala ayah Lintang meninggal dunia dan membuatnya harus putus sekolah. Haru biru mewarnai perpisahan Lintang dengan teman-temannya.

Tafsiran 2
Film laskar pelangi ini menunjukan sisi semangat anak bangsa dalam menggapai cita-citanya. Julukan laskar pelangi yang diberikan oleh Ibu Muslimah sangat cocok karena mereka memiliki keistimewaan pada karakter mereka masing-masing, anak-anak ini berfikir bahwa nasib bukan harus disesali melainkan harus berjuang dan terus-menerus berusaha. Film ini menggambarkan pentingnya usaha tanpa harus kehilangan semangat dalam mencapai cita-cita.

Tafsiran 3
Dari film laskar pelangi ini anak-anak yang bersekolah di SDMuhammadiyah sangat mempunyai rasa semangat yang tinggi untuk bersekolah. Dengan keterbatasan siswa-siswi yang bersekolah di SDMuhammadiyah mereka tidak patah semangat untuk meraih cita-cita, keterbatasan yang mereka punya bukan alasan untuk tidak belajar.  Anak-anak yang bersekolah di SDMuhammadiyah sempat di ragukan oleh Ibu Muslimah karena keterbatasan mereka, namun keraguan Ibu Muslimah terjawab dengan kemenangan mereka dalam ajang cerdas cermat yang melawan sekolah elit.

Tafsiran 4
Laskar Pelangi nama yang diberikan Bu Muslimah akan kesenangan mereka terhadap pelangi. Dan juga karena mereka  sempat mengharumkan nama sekolah dengan berbagai cara. Misalnya pembalasan dendam Mahar yang selalu dipojokkan kawan-kawannya karena kesenangannya pada okultisme yang membuahkan kemenangan manis pada karnaval 17 Agustus, dan kejeniusan luar biasa Lintang yang menantang dan mengalahkan Drs. Zulfikar, guru sekolah kaya PN yang berijazah dan terkenal, dan memenangkan lomba cerdas cermat. Laskar Pelangi mengarungi hari-hari menyenangkan, tertawa dan menangis bersama.

Tafsiran 5
Perbandingan antara film “Laskar Pelangi” dengan novelnya terdapat sedikit perbedaan karena ada beberapa bagian di novel yang tidak ditayangkan di film ini.

Evaluasi 1
Kelebihan dari film ini adalah memiliki pesan moral dan makna yang dapat memotivasi para penontonnya, setting tempat di Pulau Belitung yang digambarkan dengan sangat apik. Selain itu gambaran dari masing-masing tokoh yang diceritakan dengan unik juga mewarnai alur film ini. Para pemeran tokoh juga menjiwai karekternya masing-masing sehingga menimbulkan kesan nyata bagi para penontonnga. Namun ada juga kekurangan dari film yang biasa terjadi saat film diangkat dari sebuah novel, yakni ada beberapa bagian dari novel yang tidak ditayangkan di film.

Evaluasi 2
Film "Laskar Pelangi" ini menghabiskan biaya produksi sebesar 9 miliar, pendapatan yang diperoleh dari film ini sangat besar yaitu 139 miliar. Antusias para penonton film ini sebanyak 4,7 juta penonton pada akhir tahun 2008, film laskar pelangi juga mendapatkan respon baik dari penonton karena alur cerita, genre, dan karakteristik para tokoh yang mempunyai kualitas tinggi. Film ini juga mendapat dukungan dari Pejabat Pemerintah hingga Presiden yang menjadikannya salah satu film yang wajib untuk disaksikan bersama-sama di tahun tersebut.

Rangkuman
Menurut saya film“LaskarPelangi”ini layak ditonton untuk semua kalangan umum. Karena film ini dapat dikatakan sebagai film yang bagus dan menarik, baik dari segi penampilannya maupun alur ceritanya. Film ini juga mempunyai banyak pesan moral bagi para penonton, sehingga dapat dijadikan sebagai motivasi dalam kehidupan sehari-hari.

Sumber artikel :
 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar