Follow Us @literasi_smkn23jkt

Selasa, 16 Mei 2017

LAIN DI MULUT LAIN DI HATI “MY ANNOYING BROTHER (HYUNG)”

Disusun oleh :Yuswita Zakiyah



Judul film : My Annoying Brother (Hyung)

Tahun Rilis : 23 November 2016

Sutradara : Kwon Soo-Kyung

Produser : Lee Young-nam

Pemain : Jo Jung-Suk sebagai Doo Shik

Do Kyung-So sebagai Doo Young

Park Shin-Hye sebagai Lee Soo-Hyun (Pelatih Judo)



Orientasi 

Film My Annoying Brother (Hyung) ini adalah film asal Korea Selatan bergenre Drama Komedi yang dirilis tahun 2016 dan diproduksi oleh CJ Entertaiment. Film ini disutradarai oleh Kwon Soo-Kyung dan ditulis oleh Yoo Young-A. ‘Hyung’ dalam Bahasa Indonesia merupakan panggilan untuk kakak laki-laki, sedangkan tambahan judul ‘Annoying Brother’ ini digunakan untuk menggambarkan sosok sang kakak yang sangat menyebalkan. Pemain dalam film ini adalah Jo Jung-Suk sebagai Doo Shik, Do Kyung-So sebagai Doo Young dan Park Shin-Hye sebagai Lee Soo-Hyun (Pelatih Judo). Film yang berdurasi 110 menit ini berkisah tentang Doo Young seorang atlet judo yang mengalami cedera saat pertandingan hingga kehilangan penglihatannya, di sisi lain, sang kakak Doo Shik mencoba memanfaatkan kemalangan adiknya agar bisa keluar dari sel tahanan lebih cepat, dengan syarat harus sungguh-sungguh merawat adiknya.



Tafsiran Isi 1

Doo Young merupakan seorang atlet judo yang handal. Hingga suatu hari saat final berlangsung, sebuah tragedi harus terjadi pada dirinya. Kepala Doo Young terbanting sangat keras saat pertandingan tersebut berlangsung, Doo Young mengalami cidera optik yang membuat Doo Young kehilangan penglihatannya. Pasca cedera yang dialaminya, Doo Young selalu mengurung diri di rumah, kehilangan rasa percaya diri, dan tidak mampu menerima kekurangannya. Doo Young tidak pergi kemanapun, jika Doo Young lapar ia akan memakan mie ramyeon mentah. Kondisi rumah Doo Young pun sangat berantakan sekali. 

Tafsiran Isi 2

Hingga suatu hari, Doo Shik seorang penipu yang berada dipenjara memanfaatkan keadaan adiknya yang buta untuk keluar dari penjara dengan bebas bersyarat, dengan alasan Doo Shik sebagai Hyung ingin mengurus Doo Young yang buta dan tinggal seorang diri karena Ibu dan Ayah mereka sudah tiada. Alasan tersebut berhasil membuat Doo Shik keluar dari penjara, dengan syarat Doo Shik harus sungguh-sungguh menjaga adiknya. Doo Shik pun pulang kerumah Doo Young. Doo Shik melihat Doo Young sangat kacau dan berantakan, rumahnya pun tidak terurus. Doo Young yang mengetahui bahwa kakaknya Doo Shik akan tinggal bersamanya pun sangat kesal dan Doo Young selalu mengusir Doo Shik untuk pergi dari rumahnya. Doo Shik yang tidak peduli dengan santainya menjawab akan keluar dari rumha Doo Young 1 tahun kemudian. 

Tafsiran Isi 3

Pelatih judo yang bernama Lee Seo-Hyun pun selalu ingin menjenguk Doo Young, namun Doo Young tidak ingin bertemu siapapun termasuk Lee Seo-Hyun. Hingga akhirnya pintu pagar rumah Doo Young tidak dikunci sehingga, Seo Hyun bisa masuk kerumah Doo Young dan membersihkan barang-barangnya serta mengurus keperluan Doo Young. Seo Hyun juga menawarkan agar Doo Young kembali menjadi atlet judo untuk disabilitas, namun Doo Young menolak dengan tegas.

Tafsiran Isi 4

Sang kakak Doo Shik memanfaatkan kebutaan adiknya Doo Young, dengan instingnya sebagai penipu. Doo Shik menipu Doo Young dan mengambil semua uang ditabungan Doo Young untuk bersenang-senang. Hingga suatu hari, Doo Shik menyadari bahwa kondisi sang adik Doo Young sangat menyedihkan. Doo Shik pun secara tidak sadar telah mengurus adiknya Doo Young seo setiap hari. Doo Young pun mulai akrab dengan kakaknya Doo Shik. Setelah mereka berdua akrab, Doo Young pun diajak ke club malam oleh Doo Shik dan diajarkan untuk mencari wanita yang akan mendampinginya kelak. Tetapi, Doo Young malah bertemu dengan perempuan yang jelek. Melihat kejadian itu kakaknya tidak akan tinggal diam, Doo Shik langsung menghampiri Doo Young dan mengusir wanita itu dari Doo Young.

Tafsiran Isi 5

Waktu berlalu begitu cepat, semuanya berubah semenjak Doo Shik sang kakak hadir dalam kehidupan Doo Young. Hingga suatu hari, Doo Shik pergi ke rumah sakit dan mengetahui bahwa Doo Shik terkena kanker pancreas dan hidupnya tidak lebih dari 3 bulan. Doo Shik benar-benar terkejut. Didalam hati kecilnya Doo Shik memikirkan adiknya Doo Young yang nanti akan hidup sebatang kara, jika Doo Shik telah tiada. Doo Shik pun bertekad mengembalikan semangat adiknya untuk menjadi seorang atlet judo yang hebat. Oleh karena itu, Doo Shik menceritakan semuanya kepada Soo Hyun dan meminta Soo Hyun untuk merawat dan membimbing Doo Young lagi. Doo Shik pun memaksa Doo Young dan meyakinkan Doo Young bahwa ia bisa menjadi seorang atlet judo yang hebat. 

Tafsiran Isi 6

Akhirnya Doo Young pun bersedia menjadi atlet judo disabilitas. Doo Shik pun mulai melatih Doo Young dengan cara melatih fisik sang adik untuk menjadi kuat. Doo Young dan Seo Hyun pun pergi ke Brazil untuk mengikuti kejuaraan judo di babak final. Sementara itu, Doo Shik sedang berjuang keras menahan rasa sakit yang dideritanya. Sebelum babak final di mulai, Doo Shik menelepon adiknya dan memberitahu keadaanya yang sebanarnya. Setelah mendengar kabar tersebut, Doo Young pun ingin kembali ke Korea untuk bertemu dengan Hyung nya. Seo Hyun pun tidak mengizinkannya pulang dan Seo Hyun terpaksa menceritakan semuanya kepada Doo Young. Doo Young pun bertekad untuk pulang ke Korea dengan membawa medali emas untuk Hyungnya. Tapi, setelah Doo Young kembali, ternyata Hyung nya telah tiada. 



Evaluasi 

Film My Annoying Brother (Hyung) menduduki posisi pertama paha hari perilisannya. Dalam 4 hari, jumlah penonton fil My Annoying Brother (Hyung) mencapai 1 juta penonton. Film ini juga ditunggu-tunggu oleh para pengemar Korea, yang akhirnya rilis di Indonesia pada 21 Desember 2016. Pada hari pertama film ini rilis seluruh tiket bioskop langsung habis diserbu oleh para pencinta Korea, mereka tidak sabar dengan acting Do Kyung-So dan Jo Jung-Suk yang bermain dalam film ini. Chemistry antara D.O dan Jo Jung-Suk juga serasi sekali, mereka benar-benar terlihat seperti saudara. Di awal film, moeslemates akan dibuat banyak tertawa terpingkal karena ulah Doo Shik. Karena karakter Doo Shik ini adalah lain di mulut, lain di hati, dari luar Doo Shik tampak seperti berandalan yang marah, tapi nyatanya ia tidak bisa tak peduli pada adik satu-satunya. Film berdurasi 110 menit ini memberikan pesan tersirat bahwa sayangi dan menjaga anggota keluarga kalian selagi masih bisa bersama, jangan sia-siakan waktu bersama dan terus berusaha sebelum terpisah, apalagi jika dia adalah yang satu-satunya di dunia ini. Yoo Young-A sukses menuliskan kisah yang sangat menghibur sekaligus mengacak-acak perasaan seitan penonton, apalagi OST dan backsound yang sangat cocok. Akan tetapi di film ini memiliki kekurangan. Kekurangan dalam film ini yaitu, ketika sang kakak Doo Shik merokok dan ketika adegan Doo Young dan Doo Shik ke club malam. Kerana, itu tidak pantas untuk anak-anak dibawah umur yang ditakutkan adalah anak-anak akan meniru itu semua. 



Rangkuman

Film My Annoying Brother (Hyung) ini layak ditonton oleh para remaja karena memotovasi kita untuk terus menyayangi dan menjaga anggota keluarga kita. Karena kita tidak tahu kapan maut akan memisahkan kita dengan anggota keluarga kita, selagi masih ada kenapa tidak kita sayangi. Di dalam film ini juga menyisipkan suatu nilai social dimana kita harus berani percaya diri pada diri kita. Terlebih jika kita memiliki kekurangan, jangan hanya mengurung diri saja dirumah. Tapi, kita juga bisa berbuat seperti yang orang normal lakukan. Penulis Yoo Young-A piawai dalam menampilkan bumbu komedi yang kerap membuat penonton tertawa hingga terbahak-bahak. Film ini juga didukung oleh acting kuat jajaran pemainnya. Jo Jung-Suk menjadi bintang paling bersinar di film ini. Karena, aktingnya sebagai Doo Shik yang penuh percaya diri dan mudah jengkel terasa natural. Jo Jung-Suk juga sukses memainkan emosi penonton, ada kalanya penonton dibuat tertawa geli lewat aksi kocaknya. Namun, ada saat dimana penonton justru berurai air mata saat Jo Jung-Suk meakukan adegan emosional. Jadi, di film ini ada unsur kehangatan, keluarga, perjuangan bangkit kembali hingga kehadiran kondisi kesehatan mematikan.



Sumber :

https://moeslema.com/2319

http://aleediaries.blogspot.co.id/2017/01/sinopsis-film-korea-hyung-aka-my.html?m=1

https://id.m.wikipedia.org/wiki/My_Annoying_Brother



Diakses Pada Tanggal 14 Mei 2017

Tidak ada komentar:

Posting Komentar